iklan banner

Hakikat Perencanaan Media Dan Pertanyaan-Pertanyaan Dalam Menciptakan Perencanaan Media

Dilihat dari pengadaannya media sanggup pribadi digunakan, begitu juga media yang sifatnya alamiah yang tersedia di lingkungan sekolah juga termasuk sanggup pribadi digunakan. Selain itu juga, kita sanggup menciptakan media sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Maka dari itu diharapkan adanya perencanaan, kalau kita mempunyai media dengan cara membeli yang sudah ada, kegiatan perencanaan media tidak terlalu banyak dilakukan, kita cukup menciptakan menurut kebutuhan, dalam hal ini diharapkan analisis terhadap aneka macam aspek, sehingga sesuai dengan kebutuhan.

Bila kita menciptakan kegiatan media pembelajaran kita diharapkan sanggup melakukannya dengan persiapan dan perencanaan yang teliti. Dalam menciptakan perencanaan itu ada beberapa pertanyaan yang perlu kita jawab.

Pertama kita perlu bertanya mengapa kita ingin menciptakan kegiatan media itu? Apakah pembuatan media tersebut ada kaitannya dengan kegiatan pembelajaran tertentu untuk mencapai tujuan tertentu pula? Untuk siapakah kegiatan media tersebut kita buat? Untuk orang dewasakah, anak-anak, mahasiswa, siswa Sekolah Dasar ataukah masyarakat pada umumnya?

Apabila kita sudah mengetahui target kita, maka kita harus mengetahui bagaimana karakteristik siswa tersebut? Apakah media yang kita gunakan memang diharapkan oleh mereka atau tidak? Kita juga memikirkan materi apa yang perlu disajikan melalui media itu agar pada diri siswa terjadi perubahan sikap yang konkret dan sesuai yang diharapkan.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak hanya menjadi pemikiran dan ide-ide semata, namun harus ditindaklanjuti dengan cara menuliskannya sehingga akan terwujud sebuah dokumen perencanaan media. Makara hakikat perencanaan tidak cukup dengan niat dan inspirasi cemerlang dalam menciptakan media, namun perlu dipersiapkan dalam bentuk naskah perencanaan media.



Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Hakikat Perencanaan Media Dan Pertanyaan-Pertanyaan Dalam Menciptakan Perencanaan Media"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel