iklan banner

Faktor Yang Menghipnotis Proses Pembelajaran Dan Prinsip-Prinsip Proses Pembelajaran

Salam cerdas…..

Pendidikan merupakan suatu proses pendewasaan penerima didik dalam ruang lingkup pendidikan formal dan pendidikan non formal. Proses pendidikan memerlukan teladan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan yang akan datang, disamping pemetaan kurikulum yang mencerminkan tujuan pendidikan secara umum dan tujuan pendidikan secara khusus. Dalam proses melakukan pendidikan dibutuhkan banyak sekali hal untuk menjamin kelancaran proses pendidikan yang akan dilangsungkan, baik itu dari segi pembelajaran, kurikulum yang akan digunakan, media yang menjadi sarana pendukung proses pembelajaran, dan manajemen pendidikan yang memadai serta sesuai dengan standar yang diinginkan, sehingga dalam melakukan proses pembelajaran akan mencerminkan tujuan pendidikan yang akan dicapai secara umum sesuai dengan amanah Undang-undang Pendidikan Nasional.

Masalah pembelajaran merupakan problem yang cukup kompleks dan banyak faktor yang mempengaruhinya. Ada tiga prinsip yang layak diperhatikan dalam permasalahan ini, menyerupai yang di ungkapkan oleh Yudhi Munadi,yaitu:

1.   Proses pembelajaran menghasilkan perubahan sikap anak didik yang relative permanen.
2. Anak didik mempunyai potensi, gandrung dan kemampuan yang merupakan benih kodrati untuk ditumbuh kembangkan tanpa henti.
3.   Perubahan atau pencapaian kualitas ideal itu tidak tumbuh linier sejalan proses kehidupan.
4.  Proses pembelajaran yang ideal harus memperhatikan hal-hal yang sanggup dijadikan pendukung dalam proses tersebut. Penggunaan media pendidikan dalam proses pembelajaran oleh banyak pihak sanggup meningkatkan kualitas pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh pendidik. Penggunaan media, juga harus sesuai dengan struktur kurikulum dalam forum pendidikan. Kesesuaian ini, disamping tidak bertentangan dengan apa yang akan diajarkan juga keterkaitan antara media dan kurikulum saling berkesinambungan. Hal ini perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran, sehingga tidak mengorbankan hal-hal lain yang lebih penting dalam pembelajaran. Salah satu kesesuaian materi (kurikulum) dengan penggunaan media pembelajaran yaitu keefektifan penggunaan waktu pembelajaran yang telah ditentukan.
5.  Penggunaan media pembelajaran dalam proses pendidikan, dinilai oleh banyak pihak bisa meningkatkan kualitas pembelajaran, peningkatan pemahaman siswa terhadap materi didik yang disampaikan oleh pendidik. Dalam proses penggunaannya, para pendidik harus bisa menyelaraskan antara media dengan kurikulum, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu keefektifan penggunaan waktu dalam penggunaan media dimaksud serta sesuai dengan materi ajar.

Sebelum memakai media, para pendidik terlebih dahulu menyediakan naskah media pembelajaran yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran. Naskah media ini akan menuntun para pendidik dalam memakai media pembelajaran. Penulisan naskah media, dalam hal ini harus memperhatikan arah dan tujuan penggunaan media dalam pembelajaran serta kesesuaian media dengan materi didik dan keefektifan penggunaan waktu. 

Demikian artikel tentang Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembelajaran dan Prinsip-Prinsip Proses Pembelajaran, biar berkah dan bermanfaat. Salam cerdas…..


Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Faktor Yang Menghipnotis Proses Pembelajaran Dan Prinsip-Prinsip Proses Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel