iklan banner

Teknik Pembuatan Media Pembelajaran Pai Berbasis Komputer

Ada beberapa media pembelajaran yang dihasilkan dari media komputer, sehingga dalam pembelajaran tidak hanya mengandalkan seorang guru yang menjelaskan pelajaran didepan kelas saja, dikarenakan telah didepan kelas saja. Dari media pembelajaran diatas sanggup kita ketahui teknik pembuatan media pembelajaran yang telah disebutkan tersebut, yaitu antara lain:

1.   Pembuatan media pembelajaran dengan penggunaan media presentasi

Media presentasi yang hingga dikala ini masih popular dalam pembelajaran di sekolah-sekolah yaitu dengan memakai aplikasi Microsoft ofice power point. Biasanya penggunaan media ini telah dipakai hampir semua mata pelajaran di sekolah.

Pembuatan media ini dibutuhkan software atau aplikasi perancang presentasi ibarat Microsoft Power Point  yang dikembangkan oleh Microsoft inc” Corel Presentation yang dikembangkan oleh Coral inc”  hingga perkembangan terbaru software yang dikembangkan macromedia inc, yang menyebarkan banyak sekali jenis software untuk mendukung kepentingan tersebut.

Dalam pembuatan Power point sebagai materi presentasi sanggup dilakukan dengan mudah, yaitu sanggup dilakukan dengan membuka aplikasi Power point, kemudian menulis teks presentasi yang dikehendaki kemudian mewarnai teks sesuai dengan back ground yang digunakan, memberi background pada tampilan slide, memasukkan gambar dan video dengan teknik insert, membuat hyperlink pada media presentasi serta mengevaluasi agenda media presentasi.

Adapun untuk estetikanya setiap slide harus memperhatikan kesesuaian materi dengan gambar, audio serta video. Warna teks dengan background juga harus menunjukkan kenyamanan bagi mata, jangan hingga teks tidak terlihat karena back groundnya.

Teks dalam tiap-tiap slide juga harus dirancang supaya tidak terlalu banyak dan memenuhi lembar slide, inti teks yang dipersingkat lebih gampang diterima dan diingat. Oleh alasannya yaitu itu pembuatan materi pembelajaran dengan media Power point harus memperhatikan segi kemanfaatan serta keefeisiennya, supaya media ini menjadi menarik dan tidak membosankan.

2.   Pembuatan media pembelajaran dengan penggunaan CD Multimedia Interaktif

CD Multimedia Interaktif ini biasa disebut juga dengan CD Interaktif, didalamnya berisikan materi-materi yang dikemas dalam bentuk CD atau DVD dan didalamnya memuat materi pembelajaran yang sanggup berupa video tutorial, soal-soal latihan, materi pembelajaran yang disampaikan sanggup berupa animasi, video dan suara.

Selain bersifat interkatif, media ini juga bersifat multimedia lantaran didalamnya terdapat unsur-unsur media pembelajaran yang lengkap. Pembuatan media ini bisa dibentuk dengan memakai aplikasi macromedia atau sejenisnya yang sudah mulai berkembang dikala ini.

Multimedia pembelajaran interaktif pendidikan  Agama Islam diciptakan untuk mempermudah pemahaman siswa dalam mempelajari pembelajaran Pendidikan Agama Islam, terutama pemahaman ihwal pembelajaran gerakan sholat. Konsep gerak yang aneh divisualisasikan oleh komputer melalui animasi yang dibentuk dengan Macromedia Flash MX.

Hasil animasi tersebut dikolaborasikan dengan gambar, musik dan teks. Kombinasi dari banyak sekali media tersebut menciptakan tampilan agenda menjadi lebih menarik. Dengan tampilan yang menarik dan visualisasi insiden yang abstrak, menciptakan pengguna akan lebih tertarik mempelajari materi dalam program.

Seperti pembuatan model materi pembelajaran berbentuk soal sanggup dipakai jenis teks dan animasi yang bisa digabungkan menjadi satu dalam satu layar. Sehingga siswa sanggup menunjuk dan menjawab soal melalui media ini. 

Yang kedua, pembuatan model pembelajaran dengan tutorial, yaitu dengan merekam materi yang akan disampaikan kedalam bentuk teks, gambar dan bisa juga dibentuk dengan berbentuk animasi yang bisa dibentuk dengan aplikasi tertentu dalam komputer.

Pembuatan media pembelajaran interaktif ini diharapkan menjadi media pembelajaran mandiri, tetapi lantaran narasi belum digabungkan dengan agenda ini, menciptakan agenda ini masih membutuhkan guru untuk sedikit menjelaskan atau membuktikan ihwal agenda dan isinya. Selain itu tidak adanya tombol untuk menghidupkan dan mematikan suara, menciptakan bunyi hanya sanggup dikendalikan melalui speaker komputer.

3.   Pembuatan media pembelajaran dengan penggunaan video tutorial

Pembuatan media ini bisa dipakai dengan memasukkan video yang telah direkam kedalam komputer dan sanggup dapat diberikan dengan cara pembuatan atau materi yang akan disampaikan kepada siswa. Video ini bisa berupa rekaman video atau dengan menciptakan animasi video yang memberitahukan cara-cara atau menjelaskan materi-materi pelajaran.

Video bisa dibentuk sendiri atau bisa juga mend0wnl0ad dari situs share video yang ada di internet. Dan untuk menyesuaikan materi, video sanggup melalui proses editing dengan memakai agenda aplikasi edit video yang ada dalam komputer. Seperti dalam pelajaran PAI misalnya penyembelihan binatang Kurban, pelaksanaan Umroh-haji, dan lain sebagainya.

4.   Pembuatan media pembelajaran dengan penggunaan internet

Dalam hal ini, tidak dijelaskan dalam pembuatan model pembelajaran dengan memakai internet. Akan tetapi akan dijelaskan pemanfaatan internet untuk pembelajaran di sekolah, ibarat cara bagaimana share materi pembelajaran melalui internet ibarat pembuatan blog pribadi, yaitu yang masih online atau bahkan sudah termasuk blog online yang sanggup diakses masyarakat luas dalam internet.

Dalam pembuatan model pembelajaran ini sanggup memakai aplikasi internet oline yang memakai software tertentu ibarat XAMPP atau sejenisnya. Pembuatan model ini yaitu dengan menginstal software yang akan digunakan, kemudian memasukkan materi dalam kolom atau lembar kerja yang telah tersedia kemudian sanggup di akseskan memakai software tersebut.

Dalam media ini yang sanggup dimasukkan yaitu hanya bisa berupa gambar, grafik, dan teks. Karena media ini hanya bisa menampilkan dalam bentuk teks atau gambar saja.




Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Teknik Pembuatan Media Pembelajaran Pai Berbasis Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel