iklan banner

Tahap-Tahap Metode Eksperimen Dan Saran-Saran Pelaksanaan Metode Eksperimen

TAHAP-TAHAP METODE EKSPERIMEN

Pembelajaran dengan metode eksperimen mencakup tahap-tahap sebagai berikut:

a.   Percobaan awal, Pembelajaran diawali dengan melaksanakan percobaan yang didemonstrasikan guru atau dengan mengamati fenomena alam. Demonstrasi ini menampilkan masalah-masalah yang berkaitan dengan materi fisika yang akan dipelajari.
b.   Pengamatan, merupakan acara siswa ketika guru melaksanakan percobaan. Siswa diharapkan untuk mengamati dan mencatat insiden tersebut.
c.   Hipoteis awal, siswa sanggup merumuskan hipotesis sementara menurut hasil pengamatannya.
d.  Verifikasi, acara untuk menunjukan kebenaran dari dugaan awal yang telah dirumuskan dan dilakukan melalui kerja kelompok. Siswa diharapkan merumuskan hasil percobaan dan menciptakan kesimpulan, selanjutnya sanggup dilaporkan hasilnya. Aplikasi konsep, sehabis siswa merumuskan dan menemukan konsep, alhasil diaplikasikan dalam kehidupannya. Kegiatan ini merupakan pemantapan konsep yang telah dipelajari.
e.   Evaluasi, merupakan acara final sehabis selesai satu konsep.Penerapan pembelajaran dengan metode eksperimen akan membantu siswa untuk memahami konsep. Pemahaman konsep sanggup diketahui apabila siswa bisa mengutarakan secara lisan, tulisan, maupun aplikasi dalam kehidupannya. Dengan kata lain, siswa mempunyai kemampuan untuk menjelaskan, menyebutkan, menunjukkan contoh, dan menerapkan konsep terkait dengan pokok bahasan.

SARAN-SARAN PELAKSANAAN METODE EKSPERIMEN

Saran-saran pelaksanaannya Metode Eksperimen:

a.  Metode eksperimen hendaknya dilakukan dalam hal-hal yang bersifat simpel dan urgen dalam masyarakat.
b.  Hendaknya metode eksperimen diarahkan semoga murid-murid sanggup memperoleh pengertian yang lebih jelas, pembentukan perilaku serta kecakapan praktis.
c.   Hendaknya diusahakan semoga semua anak sanggup mengikuti eksperimen dengan terperinci (pengaturan ruang dan daerah duduk).
d. Sebagai pendahuluan, berilah pengertian sejelas-jelasnya landasan teori dari apa yang akan dieksperimenkan. Perlu menjelaskan tujuan yang akan dicapai melalui eksperimen kepada siswa.
e.  Menjelaskan prosedur/langkah-langkah yang akan ditempuh dalam eksperimen serta persiapan alat-alat eksperimen.
f.   Membantu siswa untuk mendapat bahan-bahan bacaan serta alat-alat yang akan diharapkan dalam eksperimen. Setelah eksperimen dilakukan berilah kesempatan kepada siswa untuk saling tukar pendapat dan saling lengkapi-melengkapi kekurangan yang dimilikinya.
g.   Memberikan kesimpulan dan catatan seperlunya terhadap eksperimen yang gres saja dilakukan.
h.   Diharapkan siswa sanggup menunjukkan ikhtisar berupa laporan mengenai hasil eksperimen mereka.




Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Tahap-Tahap Metode Eksperimen Dan Saran-Saran Pelaksanaan Metode Eksperimen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel