iklan banner

√ Penting! Yuk Ketahui Perbedaan Merica Dan Ketumbar

Jika kau sering menghabiskan waktumu di dapur untuk mengolah banyak sekali macam makanan, maka pastinya kau tidak absurd lagi dengan bumbu-bumbu dapur. Sebagai negara yang terkenal dengan rempah-rempahnya, Indonesia mempunyai banyak sekali jenis bumbu dapur. Beberapa di antaranya yaitu merica dan ketumbar.


Merica (berbentuk utuh) atau lada (berbentuk bubuk) yaitu salah satu bumbu dapur yang paling umum di dunia. Jenis rempah ini mempunyai aroma yang kuat dan rasa yang pedas. Beberapa kuliner membutuhkan debu merica biar rasanya semakin mantap dan lezat. Aromanya yang harum juga menciptakan kuliner menjadi lebih menarik hati untuk disantap.


Lalu ada ketumbar. Rempah ini biasanya sering kita lihat dalam olahan daging ayam, ikan, atau tempe goreng. Sama halnya menyerupai merica, ketumbar juga diharapkan biar aroma kuliner menjadi lebih sedap dan menggugah selera. Lalu apa sih perbedaan di antara dua bumbu dapur ini? Langsung saja yuk simak bahasan dari Bacaterus di bawah ini!


Apa Itu Merica dan Ketumbar?


Jika kau sering menghabiskan waktumu di dapur untuk mengolah banyak sekali macam kuliner √ Penting! Yuk Ketahui Perbedaan Merica dan Ketumbar

* sumber: pixabay.com


Merica yaitu sejenis rempah-rempah yang sudah menjadi komoditas perdagangan dunia dan dikenal berabad-abad yang lampau. Merica mempunyai sebutan lain, yaitu lada atau sahang. Karena kebutuhan masyarakat dunia akan merica sangat tinggi, maka tidak heran jikalau salah satu bumbu dapur ini disebut sebagai The King of Spice atau Raja Rempah-Rempah.


Indonesia yaitu salah satu negara penghasil merica atau lada di dunia. Karena alhasil melimpah, lada telah menjadi komoditas ekspor negara kita semenjak lama.


Nama Latin dari merica yaitu Piper Albi Linn. Tanaman ini mempunyai rasa pedas, pahit, bersifat menghangatkan, serta mempunyai manfaat sebagai antipiretik atau obat penurun panas. Jadi, selain menciptakan masakan jadi bertambah lezat, merica juga mempunyai khasiat yang anggun bagi tubuh.


Ketumbar yaitu jenis rempah-rempah lainnya yang juga terkenal di banyak negara sebagai pemanis masakan. Saat masih berbentuk biji, ketumbar menyerupai dengan dengan merica. Nama latin flora ini yaitu Coriandrum Sativum dan berasal dari daratan Eropa Selatan serta kawasan sekitar Laut Kaspia.


Selain menjadi bumbu dapur yang dibutuhkan, ketumbar juga terkenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan dan obat banyak sekali penyakit. Beberapa diantaranya yaitu sebagai pelancar pencernaan dan penambah nafsu makan.


Perbedaan Merica dan Ketumbar


Nah, sehabis mengetahui konsep dasar ihwal merica dan ketumbar, sekarang saatnya mengetahui beberapa perbedaan dari keduanya yang diulas berikut ini:


1. Dari Segi Bentuk dan Warna


Jika kau sering menghabiskan waktumu di dapur untuk mengolah banyak sekali macam kuliner √ Penting! Yuk Ketahui Perbedaan Merica dan Ketumbar

* sumber: pixabay.com


Jika dilihat secara sekilas, merica dan ketumbar mempunyai bentuk yang hampir mirip. Keduanya sama-sama bundar dengan diameter sekitar 1-2 mm (milimeter). Merica atau lada mempunyai dua jenis, yaitu lada hitam dan lada putih.


Lada hitam dihasilkan dari merica muda (berwarna hijau) yang dikeringkan melalui proses penjemuran. Bentuknya terlihat berkeriput dan berwarna hitam. Sedangkan lada putih dihasilkan dari biji merica matang yang sudah melalui proses perendaman dan pengeringan. Bentuk dari biji lada putih ini terlihat lebih mulus dan bundar sempurna.


Jika dibandingkan dengan biji lada hitam dan putih, maka ketumbar akan terlihat menyerupai biji lada putih. Akan tetapi, ketumbar berbentuk sedikit lonjong dengan permukaan yang bergaris-garis dan lebih kasar. Ukuran biji ketumbar juga kira-kira setengah ukuran biji merica. Dari segi warna, ketumbar lebih mayoritas kecoklatan dibanding biji lada putih.


2. Dari Segi Tekstur


Jika kau sering menghabiskan waktumu di dapur untuk mengolah banyak sekali macam kuliner √ Penting! Yuk Ketahui Perbedaan Merica dan Ketumbar

* sumber: pixabay.com


Di zaman modern ini kau tidak perlu bersusah payah menghasilkan debu merica dan ketumbar sendiri. Merica atau ketumbar yang sudah debu sekarang sanggup dengan gampang ditemukan di warung-warung dan kios rempah-rempah di pasar. Harganya juga masih terjangkau, yaitu berkisar antara Rp500 hingga Rp1000.


Jika biji merica dan ketumbar dibelah, maka tekstur keduanya berbeda. Isian merica terlihat lebih padat dibandingkan dengan isian ketumbar. Oleh alasannya itu, hal ini kuat pada tekstur keduanya ketika sudah berbentuk bubuk.


Merica atau lada debu mempunyai butiran yang halus menyerupai terigu. Sedangkan debu ketumbar butirannya lebih besar dan kasar. Saat lada debu bercampur dengan makanan, maka mereka bisa larut. Berbeda dengan ketumbar bubuk, kau masih bisa melihat kulit-kulit biji ketumbar pada kuliner yang kau hidangkan.


3. Dari Segi Aroma dan Rasa


Jika kau sering menghabiskan waktumu di dapur untuk mengolah banyak sekali macam kuliner √ Penting! Yuk Ketahui Perbedaan Merica dan Ketumbar

* sumber: pixabay.com


Saat merica dan ketumbar masih berbentuk biji, maka aroma keduanya masih belum terlalu kuat. Namun ketika mereka sudah berbentuk bubuk, aroma khas pedas dan tajam akan menusuk hidung. Bedanya yaitu aroma merica atau lada terasa lebih kuat dan lebih menyengat dibandingkan dengan ketumbar.


Lalu bagaimana dari segi rasanya? Saat kuliner diberi adonan debu merica atau ketumbar, maka kau akan mencicipi sensasi pedas, pahit, dan menghangatkan. Dalam hal ini, merica (terutama lada hitam) mempunyai rasa yang lebih pedas. Di sisi lainnya, rasa ketumbar lebih pahit dibandingkan dengan merica.


Jadi, biar masakan kau tidak rusak alasannya kepedasan dan kepahitan, maka gunakanlah merica atau ketumbar secukupnya. Dan biar hidung kau aman-aman saja ketika memasak, maka hindari keduanya dari kontak eksklusif dengan penciumanmu.


4. Dari Segi Penggunaan dan Pengolahan


Jika kau sering menghabiskan waktumu di dapur untuk mengolah banyak sekali macam kuliner √ Penting! Yuk Ketahui Perbedaan Merica dan Ketumbar

* sumber: pixabay.com


Tidak semua masakan membutuhkan kedua rempah ini. Merica misalnya, masakan yang umum membutuhkan merica sebagai penguat rasa dan aroma yaitu masakan berkuah menyerupai sayur sop, capcay, soto bandung, dan lain-lain. Sedangkan ketumbar biasanya diharapkan bagi masakan-masakan tanpa kuah menyerupai ayam goreng, ikan goreng, tempe goreng, sate, dendeng, dan masih banyak lagi.


Bagaimana jikalau ingin mengolah merica dan ketumbar sendiri? Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dalam mengolah sendiri kedua rempah ini secara langsung. Hanya saja khusus untuk ketumbar, untuk mendapat aroma yang khas dan tepat sebaiknya sangrai terlebih dahulu biji ketumbarnya hingga mengeluarkan aroma anyir dan berwarna lebih kecokelatan sebelum digerus atau ditumbuk.


5. Dari Segi Ketahanan


Jika kau sering menghabiskan waktumu di dapur untuk mengolah banyak sekali macam kuliner √ Penting! Yuk Ketahui Perbedaan Merica dan Ketumbar

* sumber: www.pexels.com


Saat ini sudah tersedia merica dan ketumbar dalam kemasan (baik yang masih berbentuk biji atau yang sudah menjadi bubuk) yang bisa bertahan lama. Aroma merica dan ketumbar debu dalam kemasan juga tetap terjaga walaupun disimpan dalam jangka waktu yang usang (dalam keadaan tertutup, ya).


Jika dinilai dari segi ketahanan, merica bisa lebih tahan usang alasannya sebelumnya sudah melewati proses penjemuran. Nah, biar ketumbar juga demikian, sebaiknya biji ketumbar disangrai dulu sebelum siap disimpan dalam toples-toples yang kedap udara.


Selain perlu disimpan pada wadah-wadah yang kedap udara, sebaiknya keduanya juga ditempatkan di ruangan dengan suhu ruang dan terhindar dari sorotan sinar matahari secara langsung.


Nah, itulah sedikit bahasan ihwal merica dan ketumbar dan perbedaan di antara keduanya. Mereka sama-sama berkhasiat bagi penguat rasa masakan dan kesehatan badan kita. Walaupun demikian, dalam beberapa hal mereka mempunyai sedikit saja perbedaan.


Kini kau sudah mengetahui perbedaan antara merica dan ketumbar. Jadi, jangan hingga tertukar lagi dalam memilihnya ya. Dan yang paling penting yaitu jangan hingga salah dalam menggunakannya dalam masakan. Jika ingin membeli merica atau ketumbar secara online, kau bisa mendapatkannya melalui Bukalapak ya.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Penting! Yuk Ketahui Perbedaan Merica Dan Ketumbar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel