iklan banner

√ Inilah 6 Materi Yang Biasa Dipakai Untuk Menciptakan Pisau

Pisau tidak hanya digunakan untuk memasak saja, tetapi benda ini juga bisa menjadi senjata atau barang koleksi. Namun, tahukah kau bahwa sejatinya pisau dibentuk tidak hanya dari satu jenis logam saja. Ada beberapa jenis logam juga yang dijadikan materi pembuatan pisau. Menariknya, ada juga bahan-bahan non-logam lainnya yang sekarang juga sering digunakan untuk membuat pisau, lho.


Penasaran dengan bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat pisau? Bacaterus akan mengulas satu persatu bahan-bahan pembuatan pisau di sini. Bagi kau yang ingin tahu lebih lanjut, silakan simak informasinya di bawah ini, ya!


1. Stainless Steel


Pisau tidak hanya digunakan untuk memasak saja √ Inilah 6 Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Pisau


Dari sejumlah logam yang menjadi materi pembuatan pisau, stainless steel ialah logam yang paling populer. Bahkan, mungkin pisau dapur di rumahmu juga merupakan pisau berbahan stainless steel. Maklum saja, logam ini banyak dipilih alasannya ialah tahan terhadap korosi sehingga lebih kondusif digunakan dalam jangka waktu panjang, terutama kalau digunakan untuk memasak.


Sedikit informasi, stainless steel sendiri merupakan logam yang terbuat dari perpaduan kromium, besi, nikel, karbon, dan molybdenum. Pembuat pisau harus meramu komposisi ini dengan baik alasannya ialah komposisinya menghipnotis kualitas stainless steel itu sendiri.


Walaupun pisau stainless steel bersifat tahan terhadap karat, tetapi pisau stainless steel juga bisa kotor dan ternoda. Di samping itu, ketajaman pisau stainless steel juga masih terbilang kalah dari pisau keramik atau baja karbon. Kini, kau bisa membeli pisau stainless steel  di Bukalapak melalui link ini.


2. Baja Karbon


Pisau tidak hanya digunakan untuk memasak saja √ Inilah 6 Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Pisau


Bahan lainnya yang biasa digunakan untuk membuat pisau ialah baja karbon. Pisau yang terbuat dari baja karbon terkenal tajam, kuat, dan bisa menahan keausan. Akan tetapi, pembuatan pisau dari baja karbon ini sedikit rumit alasannya ialah si pembuat harus memahami penanganan panas saat mengolah baja karbon tinggi. Pemanasan yang terlalu cepat bisa membuat pisau ringkih dan patah.


Jika pisau stainless steel tahan terhadap karat, pisau baja karbon justru lebih rentan karatan. Pasalnya, karbon baja tidak mengandung elemen yang bisa menahan korosi. Kamu harus menjaga pisau ini selalu kering dan higienis semoga jauh dari noda karat.


Pisau dari baja karbon alias carbon steel biasanya hanya tersedia dalam bentuk pisau lipat. Kamu tidak akan pernah menemukan pisau dapur dari materi baja karbon alasannya ialah sifatnya sangat gampang berkarat sehingga kurang kondusif digunakan untuk memasak. Beli pisau baja karbon di Bukalapak dengan masuk ke link ini.


3. Titanium


Pisau tidak hanya digunakan untuk memasak saja √ Inilah 6 Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Pisau


Pesona kecantikan pisau titanium memang tak terelakkan. Pisau ini sangat gampang dikenali alasannya ialah warnanya perak gelap. Titanium ialah materi anti-karat yang sanggup membuat mata pisau yang sangat kuat. Akan tetapi, ketajaman pisau titanium masih kalah kalau dibandingkan dengan pisau baja karbon atau stainless steel.


Pisau titanium cenderung lebih tumpul dan lembut dibandingkan materi lainnya. Mengingat sifatnya yang tidak terlalu tajam, pisau titanium bukanlah senjata yang tepat. Titanium biasanya dibentuk menjadi pisau menyelam atau pisau lipat untuk koleksi. Tertarik untuk turut mengoleksi pisau titanium yang bagus ini? Dapatkan pisau titanium di Bukalapak lewat link ini.


4. Tool Steel


Pisau tidak hanya digunakan untuk memasak saja √ Inilah 6 Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Pisau


Selain stainless steel dan carbon steel, ada satu jenis baja lainnya yang biasa digunakan sebagai materi pembuatan pisau, yakni tool steel. Bahan yang satu ini cukup terkenal untuk membuat pisau alasannya ialah mempunyai ketahanan pada korosi yang lebih baik dari baja karbon.


Ada beberapa kelas tool steel yang biasa digunakan untuk membuat pisau, antara lain ialah A2 yang cukup keras dan tangguh tapi tidak tahan terhadap karat kalau perawatannya kurang baik, D2 yang cukup tahan terhadap korosi tetapi tidak mempunyai kekuatan sebagus A2, dan yang terakhir ialah M2 yang cukup tangguh di bab ujung mata pisau tetapi berpotensi mengalami kerapuhan kalau salah mengaplikasikannya.


5. Keramik


Pisau tidak hanya digunakan untuk memasak saja √ Inilah 6 Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Pisau


Satu lagi materi yang cukup terkenal dalam membuat pisau di kala modern ibarat ini, yaitu keramik. Bahan yang satu ini memang sedang sangat terkenal untuk pembuatan pisau dapur. Pasalnya, keramik dinilai lebih tajam dibanding stainless steel. Selain untuk membuat pisau dapur, keramik juga sanggup digunakan untuk membuat pisau lipat untuk koleksi.


Keunggulan pisau berbahan keramik ialah tingkat ketajaman dan kekuatannya yang sangat stabil. Menariknya, pisau keramik mempunyai ketajaman yang lebih kekal dibanding pisau stainless steel yang harus diasah semoga kembali tajam.


Di balik keunggulan yang ditawarkan, ternyata pisau keramik juga mempunyai kelemahan, yakni sangat rentan terhadap benturan. Nah, benturan bisa menjadikan pisau keramik retak atau bahkan patah. Jika ingin mengasah pisau ini, kau juga tidak bisa sembarangan memakai batu. Pisau keramik sanggup dibeli di Bukalapak via link ini.


6. Plastik


Pisau tidak hanya digunakan untuk memasak saja √ Inilah 6 Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Pisau


Yang satu ini ialah materi pembuatan pisau low grade yang sangat murah. Saking murahnya, pisau yang terbuat dari materi plastik ini sering dinilai useless bagi sebagian orang alasannya ialah tidak mempunyai ketajaman yang bagus, sekalipun untuk memotong daging matang.


Pisau plastik ialah jenis pisau yang biasa digunakan untuk makan. Pisau ini dirasa mudah alasannya ialah hanya sekali pakai alias bisa eksklusif dibuang sehabis selesai pakai. Sayangnya, pisau plastik ialah pisau yang tidak ramah lingkungan dan hanya menambah sampah plastik. Pisau plastik sanggup dibeli di Bukalapak di link inilho.


Tips Memilih Pisau dari Bahan yang Tepat


Nah, sudah tahu kan bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat pisau? Kini, kau bisa menentukan pisau dari materi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk memudahkanmu dalam menentukan pisau, Bacaterus akan memperlihatkan tips untuk menentukan pisau dari materi yang tepat.



  • Sesuaikan dengan Kebutuhan


Pisau tidak hanya digunakan untuk memasak saja √ Inilah 6 Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Pisau

* sumber: medium.com


Setiap orang niscaya mempunyai alasan tersendiri untuk membeli pisau, baik itu untuk memasak, untuk keperluan menyelam, atau untuk perlindungan diri. Nah, pastikan dulu kebutuhanmu dalam membeli pisau semoga bisa menentukan jenis pisau yang hendak dibeli.


Sebagai contoh, apabila kau membeli pisau untuk keperluan memasak, sebaiknya pilih pisau berbahan stainless steel atau keramik. Namun, kalau ingin membeli pisau untuk koleksi, pisau dari titanium bisa menjadi pilihan yang tepat.



  • Kesanggupan dalam Merawat Pisau


Pisau tidak hanya digunakan untuk memasak saja √ Inilah 6 Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Pisau


Bagi kau yang ingin membeli pisau, terutama untuk melengkapi koleksi, kau harus menyanggupi untuk merawat pisau-pisau koleksimu. Ingat, tidak semua pisau tahan terhadap korosi. Sekalipun yang terbuat dari stainless steel tahan korosi, kau juga harus merawatnya dengan baik semoga tidak kotor dan ternoda.



  • Tingkat Ketajaman


Pisau tidak hanya digunakan untuk memasak saja √ Inilah 6 Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Pisau

* sumber: www.worthpoint.com


Jika tingkat ketajaman menjadi pertimbanganmu dalam membeli pisau, maka kau wajib menentukan pisau baja karbon atau tool steel. Kedua pisau ini cukup tajam, tetapi tidak disarankan untuk memotong makanan.


Itulah bahan-bahan yang biasa digunakan untuk membuat pisau beserta tips lengkap bagi kau yang ingin membeli pisau baru. Intinya, beda materi pembuatan, beda pula kualitas dan tingkat ketajaman setiap pisau.


Nah, selain pisau dapur dan pisau lipat, kenali juga jenis-jenis pisau lainnya dalam artikel macam-macam pisau berikut ini.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Inilah 6 Materi Yang Biasa Dipakai Untuk Menciptakan Pisau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel