iklan banner

Hasil Belajar, Faktor Utama Hasil Belajar, Dan Ciri-Ciri Hasil Belajar

Hasil berguru berdasarkan Sudjana (1990:22) yaitu kemampuan yang dimiliki siswa sehabis beliau mendapatkan pengalaman belajarnya. Dari pengertian di atas sanggup disimpulkan bahwa hasil berguru yaitu suatu kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh siswa sehabis siswa tersebut mengalami acara belajar.

Gagne mengungkapkan ada lima kategori hasil belajar, yakni : gosip verbal, kecakapan intelektul, seni administrasi kognitif, sikap dan keterampilan. 

Sementara Bloom mengungkapkan tiga tujuan pengajaran yang merupakan kemampuan seseorang yang harus dicapai dan merupakan hasil berguru yaitu: kognitif, afektif dan psikomotorik (Sudjana, 1990:22).

Hasil berguru yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yaitu:

-    Faktor dari dalam diri siswa, meliputi kemampuan yang dimilikinya, motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial ekonomi, faktor fisik dan psikis.
-        Faktor yang tiba dari luar diri siswa atau faktor lingkungan, terutama kualitas pengajaran.

Hasil berguru yang dicapai siswa berdasarkan Sudjana (1990:56), melalui proses berguru mengajar yang optimal ditunjukkan dengan ciri-ciri sebagai berikut:

-    Kepuasan dan pujian yang sanggup menumbuhkan motivasi berguru intrinsik pada diri siswa. Siswa tidak mengeluh dengan prestasi yang rendah dan beliau akan berjuang lebih keras untuk memperbaikinya atau setidaknya mempertahankan apa yang telah dicapai.
-     Menambah keyakinan dan kemampuan dirinya, artinya beliau tahu kemampuan dirinya dan percaya bahwa beliau memiliki potensi yang tidak kalah dari orang lain apabila beliau berusaha sebagaimana mestinya.
-    Hasil berguru yang dicapai bermakna bagi dirinya, ibarat akan tahan usang diingat, membentuk perilaku, bermanfaat untuk mempelajari aspek lain, kemauan dan kemampuan untuk berguru sendiri dan menyebarkan kreativitasnya.
-    Hasil berguru yang diperoleh siswa secara menyeluruh (komprehensif), yakni meliputi ranah kognitif, pengetahuan atau wawasan, ranah afektif (sikap) dan ranah psikomotorik, keterampilan atau perilaku.
-      Kemampuan siswa untuk mengontrol atau menilai dan mengendalikan diri terutama dalam menilai hasil yang dicapainya maupun menilai dan mengendalikan proses dan perjuangan belajarnya.




Sumber http://pintubelajarcerdas.blogspot.com

0 Response to "Hasil Belajar, Faktor Utama Hasil Belajar, Dan Ciri-Ciri Hasil Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel