iklan banner

Harapan Besar Dunia Pendidikan


Kemiskinan di indonesia masih menjadi hal yang belum juga bisa terselesaikan.Cita" pendiri bangsa yang di tuangkan dalam sila kelima pun masih hanya menjadi mimpi bagi masyarakat kita.


Bagaimana bekerjsama solusi yang sempurna biar kita bisa setidaknya setiap tahun kemiskinan di negeri ini berkurang? berdasarkan saya kita perlu keseriusan di dalam bidang pendidikan, pemerintah ketika ini menerapkan wajib berguru sembilan tahun, pertanyaan nya apakah pemerintah yakin dengan kualitas generasi mudanya dengan wajib berguru 9 tahun? Tentu tidak, mereka akan gagal bersaing di dunia kerja dan menghasilkan SDM dengan kualitas "seadanya".

Pemerintah memang tidak tinggal membisu melihat kualitas pendidikan nya perlahan-lahan mulai tertinggal dari negara-negara tetangganya, tindakan yg dilakukan pemerintah pun berdasarkan saya cukup manis dengan memperlihatkan proteksi dana operasional kepada sekolah-sekolah negeri di Indonesia yg sanggup membantu meningkatkan infrastruktur sekolah-sekolah di tempat pada khususnya, walaupun masih sangat banyak sekolah dengan sarana yg tidak layak, kalau melihat kondisi tersebut terperinci proteksi dana operasional sekolah (BOS) yang di terapkan belum optimal.Jika tidak salah pemerintah mencanangkan 20% APBN dalam bidang pendidikan, ini terperinci kabar baik bagi dunia pendidikan kita.

Solusi utama adanya pembiayaan sarana dan prasarana juga harus masuk kedalam ranah anggaran pendidikan. Menurut saya, selama ini yang salah bukan pemerintah, tetapi sistem yang ada. Misalnya mengenai sistem dan mekanisme meminta proteksi perbaikan sarana prasarana yang seharusnya itu gampang dan cepat terealisasikan justru malah menjadi sebaliknya dan memunculkan masalah-masalah baru. Pembenahan pada sistem harus segera dibenahi serta adanya kesadaran dari masing-masing pihak yang lalu keduanya menjadi solusi utamanya.

Disamping meningkatkan sarana dan prasarana, pemerintah juga dihentikan lupa akan kualitas dari tenaga pengajarnya, apalah artinya sekolah dengan sarana lengkap dengan laboratorium tetapi pengajarnya berkualitas seadanya, guru-guru yg berkualitas pun penyebaranya berdasarkan saya tidak merata alasannya yaitu masih menumpuk di indonesia barat,bagaimana dengan indonseia timur? Tidak ada yang boleh di anak tirikan soal pendidikan ini.Jika kita serius untuk meningkatkan pendidikan memang perlu dukungan dari semua pihak.

Jika semua berjalan baik dan merata saya yakin 10-20 tahun lagi kita bisa bersaing dengan negara-negara lain dan tidak perlu lagi mengirim pekerja garang ke luar negeri melainkan tenaga ahli.ya begitulah jawaban saya mengenai pendidikan di Indonesia yg menjadi salah satu pemicu tingginya angka kemiskinan di negeri ini.


Sumber http://jubahhukum.blogspot.com

0 Response to "Harapan Besar Dunia Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel