iklan banner

√ 5 Kawasan Menyeramkan Dengan Kisah Menyeramkan Di Balikpapan

Setiap wilayah selalu mempunyai tempat yang dianggap angker oleh masyarakat sekitar. Tak peduli itu yakni kota besar dan gemerlap menyerupai Jakarta dan Surabaya, tetap saja ada beberapa tempat yang selalu dinaungi oleh cerita-cerita seram.


Kali ini, Bacaterus ingin mengajakmu mengenal tempat-tempat yang diklaim angker bagi warga Kota Balikpapan. Sudah siap untuk mendengarkan bermacam-macam dongeng angker yang mencakup tempat-tempat ini? Jika sudah, bacalah artikel ini di malam hari biar kau lebih mendapat “feel”-nya.


1. Hotel Tirta


Setiap wilayah selalu mempunyai tempat yang dianggap angker oleh masyarakat sekitar √ 5 Tempat Angker dengan Cerita Menyeramkan di Balikpapan

* sumber: balikpapan.prokal.co


Sebuah bangunan bertingkat yang berada di Jalan Ahmad Yani, Balikpapan, terlihat tak lagi berpenghuni. Warga Kota Balikpapan mengenal bangunan ini sebagai eks. Hotel Tirta. Sejak masih beroperasi, dongeng angker kerap terdengar dari tamu-tamu yang menginap di sini. Konon, mereka sering diganggu oleh makhluk astral sehingga tidur mereka pun tak lagi nyaman.


Akibat para tamu kerap kali diganggu makhluk halus, maka jumlah pengunjung hotel kian sepi. Sampai pada hasilnya sang pemilik tetapkan untuk menutup Hotel Tirta. Mengingat tak ada acara insan di bangunan hotel ini, atmosfer angker di dalamnya jadi semakin kental.


Di bab dalam hotel terdapat sebuah bak renang. Konon, bak renang tersebut dihuni oleh siluman buaya putih yang kerap kali meminta tumbal. Tim program televisi “Mister Tukul” pernah mengunjungi Hotel Tirta ini. Menurut paranormal yang menjadi bintang tamu di program tersebut, tak hanya siluman buaya putih yang nampak di sekitar hotel, ada juga sosok kuyang yang berkeliaran di sini.


2. Kilang Minyak Balikpapan


Setiap wilayah selalu mempunyai tempat yang dianggap angker oleh masyarakat sekitar √ 5 Tempat Angker dengan Cerita Menyeramkan di Balikpapan

* sumber: indopetronews.com


Sebuah kilang minyak yang berlokasi di teluk Balikpapan ini beroperasi hampir 24 jam. Namun, banyaknya acara insan di lokasi tersebut tidak mengurangi kesan angker. Bahkan, lampu-lampu jelas yang ada di area kilang minyak tidak menyurutkan impian makhluk astral untuk mengganggu para pekerja di sana.


Usut punya usut, kilang minyak ini bahu-membahu sudah beroperasi semenjak zaman Belanda. Kepemilikan kilang minyak ini juga sempat berpindah tangan beberapa kali, mulai dari Belanda, Inggris, Jepang, sampai hasilnya Indonesia (Pertamina).


Menurut dongeng dari para pekerja di sana, sosok hantu tanpa kepala sering terlihat di tempat kilang minyak. Penampakan makhluk astral tersebut sudah beberapa kali tertangkap oleh kamera pengawas (CCTV). Pekerja di sana meyakini bahwa penampakan itu merupakan arwah gentayangan dari orang-orang yang kepalanya dipenggal ketika zaman penjajahan.


3. Gunung Dubs


Setiap wilayah selalu mempunyai tempat yang dianggap angker oleh masyarakat sekitar √ 5 Tempat Angker dengan Cerita Menyeramkan di Balikpapan

* sumber: naldoleum.blogspot.com


Masyarakat Balikpapan niscaya sudah sangat familiar dengan tempat Pegunungan Dubs. Sebuah dataran tinggi di Kota Balikpapan ini memperlihatkan pemandangan perbukitan hijau yang sangat asri. Akan tetapi, di balik keasrian yang ditawarkan ternyata Gunung Dubs mempunyai beberapa spot yang diklaim angker bagi masyarakat sekitar.


Rumah Dalang dan Rumah Pembantaian yakni tempat yang dianggap angker di Gunung Dubs. Rumah ini nampak menyerupai hunian di barat, tepatnya menyerupai rumah-rumah yang ada di Selandia Baru. Namun, rumah tak berpenghuni ini menyalurkan aura mistis yang begitu kuat.


Adapun dongeng yang terdengar di tempat Gunung Dubs ini yakni dongeng perihal Suster Maria. Urban legend populer di Balikpapan ini menceritakan perihal sosok perempuan yang semasa hidupnya yakni seorang perawat keturunan Belanda. Nasib Suster Maria begitu tragis alasannya yakni ia dibantai di salah satu rumah di Gunung Dubs ini oleh Tentara Jepang.


Sejak pembantaian sadis itu, hantu Suster Maria kerap kali menampakkan diri. Sosoknya kerap kali terlihat sedang duduk di dingklik salah satu rumah atau melintas di jembatan gantung yang menghubungkan Rumah Dalang dan Rumah Pembantaian.


Yang lebih mengerikan lagi, penampakan Suster Maria ini juga kerap mengganggu pengemudi yang melintas di sekitar Gunung Dubs. Hantu suster ini sering “menumpang” di kendaraan beroda empat pengguna jalan. Biasanya, kalau dingklik bab belakang kendaraan beroda empat kosong, sosok hantu Suster Maria akan terlihat duduk di dalamnya.


Bagaimana penampilan hantu Suster Maria? Wah, sangat mengerikan! Suster Maria menampakkan diri dengan wujud perawat berwajah angker dengan pakaian lusuh yang ada percikan darahnya. Dijamin, kau niscaya ogah untuk bertemu sosok Suster Maria.


4. Jembatan Maryati


Setiap wilayah selalu mempunyai tempat yang dianggap angker oleh masyarakat sekitar √ 5 Tempat Angker dengan Cerita Menyeramkan di Balikpapan

* sumber: balikpapan.prokal.co


Urban legend populer di Balikpapan ternyata tidak hanya Suster Maria saja. Ada juga hantu Maryati yang cukup populer di Gunung Sari. Sedikit informasi, Gunung Sari sendiri yakni nama kelurahan yang berada di Balikpapan Tengah. Di kelurahan inilah yakni sebuah jembatan yang dinamakan Jembatan Maryati alasannya yakni populer dengan dongeng mistisnya.


Dikisahkan pada tahun 1940-an, ada seorang perempuan berjulukan Maryati yang memasang begitu banyak susuk di tubuhnya. Susuk ini ia gunakan untuk menarik lawan jenis. Baik laki-laki bau tanah maupun muda, lajang atau beristri semuanya tertarik pada kecantikan Maryati. Kesempatan tersebut tidak dilewatkan oleh Maryati, ia pun balas menarik hati para laki-laki tersebut sehingga banyak perempuan yang iri dan sakit hati padanya.


Suatu hari Maryati terkena kanker rahim. Di tengah kondisinya yang mengenaskan, ada seorang ustad yang berhasil melepaskan susuk-susuk di badan Maryati. Namun, kondisi badan bab bawahnya membusuk. Sadar usianya tak lagi lama, Maryati memberikan niatnya untuk meminta maaf kepada orang-orang yang pernah disakitinya. Namun, tak ada satupun orang yang mau tiba kepada Maryati.


Ketika Maryati meninggal, bahkan ketika jenazahnya belum dimakamkan, warga melihat sosok Maryati duduk di teras rumahnya. Saat jenazahnya diangkut dengan memakai angkot, si sopir angkot mengaku bahwa peti yang membawa mayat Maryati berbunyi menyerupai diketuk dari dalam. Pengendara motor yang berada di belakang angkot pun melihat sosok Maryati duduk di dalam angkot sambil melambai.


Usai mayat Maryati dikuburkan, teror hantu Maryati masih berlanjut. Konon, arwah Maryati yang gentayangan selalu tiba di malam hari dan mengetuk pintu-pintu rumah warga. Ketika pintu dibuka, sosok hantu Maryati tanpa kepala akan terlihat.


5. Bukit Soeharto


Setiap wilayah selalu mempunyai tempat yang dianggap angker oleh masyarakat sekitar √ 5 Tempat Angker dengan Cerita Menyeramkan di Balikpapan

* sumber: itravelo.wordpress.com


Jika kau melaksanakan perjalanan darat dari Balikpapan ke Samarinda atau sebaliknya, kau akan melintasi sebuah tempat yang sangat populer dengan keangkerannya, yaitu Bukit Soeharto. Kawasan perbukitan ini menyimpan begitu banyak dongeng seram. Konon, hal tersebut alasannya yakni Bukit Soeharto sendiri merupakan tempat romusha yang dilakukan oleh Tentara Jepang.


Akibat kerja paksa tersebut, banyak pribumi yang meninggal dan tidak dikubur secara layak di tempat tersebut. Alhasil, banyak dongeng yang beredar di sekitar Bukit Soeharto. Salah satu dongeng yang santer yakni penampakan hantu korban romusha yang meneror pengguna jalan di malam hari. Penampakan yang paling sering terlihat yakni hantu pribumi yang kepalanya hampir putus.


Itulah 5 tempat angker di Balikpapan yang sangat terkenal. Kamu boleh mempercayai urban legend angker ini atau tidak alasannya yakni semuanya kembali lagi pada langsung masing-masing. Bila kau punya pengalaman mistis di salah satu tempat di atas, silakan menyebarkan pengalamanmu di kolom komentar.


Kunjungi juga artikel tempat angker di Indonesia biar kau mengetahui bahwa di setiap daerah niscaya mempunyai tempat yang dianggap angker bagi masyarakat setempat.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 5 Kawasan Menyeramkan Dengan Kisah Menyeramkan Di Balikpapan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel