iklan banner

Pengertian Sistem Politik

Istilah sistem politik terdiri dari dua unsur kata yaitu sistem dan politik. Pengertian mengenai sistem ialah suatu himpunan perpaduan hak-hak atau bagian-bagian yang membentuk suatu kebulatan yang utuh. Adapun pengertian politik berdasarkan Ramlan Surbakti ialah proses interaksi antara pemerintah dan masyarakat untuk memilih kebaikan bersama bagi masyarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu. Menurut Harold D. Laswell, politik berkaitan dengan proses penentuan who get what, when and how atau siapa menerima apa, kapan, dan bagaimana.

Dalam politik terdapat beberapa unsur yang ada di dalamnya. Menurut Miriam Budiardjo, unsur pokok dalam politik meliputi: negara (state), kekuasaan (power, pengambilan keputusan (decision making), kebijakan (policy, beleid, dan pembagian (distribution) atau alokasi (allocation).

Berdasarkan pengertian sistem dan politik yang telah dijelaskan di atas, maka sanggup kita simpulkan bahwa yang dimaksud dengan sistem politik ialah rangkaian acara atau proses di dalam sebuah masyarakat politik dalam memengaruhi dan memilih siapa menerima apa,kapan dan bagaimana.

Berikut ialah pengertian sistem politik berdasarkan beberapa tokoh politik ;

a. Menurut Sukarna, sistem politik ialah suatu tata cara untuk mengatur atau mengolah bagaimana memperoleh kekuasaan di dalam negara, mengatur hubungan pemerintah dan rakyat atau sebaliknya, pengaturan negara dengan negara, atau negara dengan rakyatnya

b. Menurut Robert Dahl, sistem politik merupakan contoh yang tetap dari hubungan antara insan serta melibatkan sesuatu yang luas dan berarti wacana kekuasaan, aturan-aturan, dan kewenangan

c. Menurut Davit Easton, sistem politik merupakan interaksi yang diabstraksikan dari seluruh tingkah laris sosial sehingga nilai-nilai dialokasikan secara otoritatif kepada masyarakat.

d. Menurut Rusadi Kantaprawira, sistem politik merupakan prosedur atau cara kerja serangkaian fungsi atau peranan dalam struktur politik yang bekerjasama satu sama lain dan mengatakan suatu proses yang langgeng

e. Menurut Jack C. Plano, sistem politik merupakan contoh hubungan masyarakat yang dibuat berdasarkan keputusan-keputusan yang sah dan dilaksanakan dalam masyarakat tersebut.

f. Menurut Sri Sumantri, , sistem politik merupakan pelembagaan dari hubungan antarmanusia yang dilembagakan dalam majemuk tubuh politik,baik suprastruktur politik (lembaga legislatif dan yudikatif) serta infrastruktur politik (meliputi lima komponen yaitu partai politik, kelompok kepentingan atau interest group, kelompok penekan atau pressure group, alat komunikasi politik, dan tokoh politik).

Apabila dibuat sebuah kesimpulan, maka pengertian sistem politik memuat wacana beberapa hal berikut:

a. Merupakan suatu sistem interaksi politik yang ada dalam suatu negara.

b. Penggunaan kewenangan maupun kekuasaan, baik secara sah maupun tidak.

c. Adanya proses penerapan nilai-nilai yang dilakukan oleh pihakberwenang dan bersifat memaksa.

d. Berlangsungnya fungsi integrasi dan pembiasaan terhadap masyarakat baik ke dalam maupun keluar.


Sumber http://majalahscience.blogspot.com/

0 Response to "Pengertian Sistem Politik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel