iklan banner

Pengertian Sejarah

           

        Sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu (شجرة) syajaratun yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sejarah juga disebut tarikh (تاريخ), yang artinya waktu atau penanggalan. Hal itu berdasarkan pada silsilah keturunan raja yang menyerupai pohon, dari atas tampak sederhana dan semakin ke bawah akan berkembang semakin besar. Sehingga sejarah sanggup diartikan sebagai insiden pemerintahan keluarga raja pada masa lampau. Kemudain dalam bahasa Melayu menjelma syajarah dan hingga kini dalam bahasa Indonesia menjadi sejarah. Secara umum sejarah yaitu ilmu pengetahuan yang membahas perihal segala insiden yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia.
Dalam bahasa Inggris, kata sejarah disebut History yang artinya masa lampau; masa lampau umat manusia.
Dalam bahasa yunani, kata sejarah di sebut Istoria, yang berarti belajar. Jadi, sejarah yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari segala  peristiwa, insiden yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.
Dalam bahasa jerman, kata sejarah disebut Geschichte yang artinya sesuatu yang telah terjadi, sesuatu yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. adapun berdasarkan Sartono Kartodirjo, sejarah yaitu rekonstruksi masa lampau atau insiden yang terjadi pada masa lampau.
Dalam bahasa sejarah berdasarkan bahasa terbagi dua yakni pengertin sejarah dalam arti sempit dan dalam arti luas. Pengertian sejarah dalam arti sempit yaitu insiden atau peristiwa. Sedangkan pengertian sejarah dalam arti luas yaitu suatu insiden insan dari akar dalam realisasi diri dengan kebebasan dan keputusan daya rohani.

Pengertian sejarah berdasarkan para ahli:
·         J.V. Bryce
Sejarah yaitu catatan dari apa yang telah dipikirkan, dikatakan, dan diperbuat oleh manusia.
·         W.H. Walsh
Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu mencakup tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman insan pada masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan kisah yang berarti.
·         Patrick Gardiner
Sejarah yaitu ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia. 
·         Roeslan Abdulgani
Ilmu sejarah yaitu salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan memeriksa secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan pada masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pemikiran bagi evaluasi dan penentuan keadaan kini serta arah proses masa depan.
·         Moh. Yamin
Sejarah yaitu suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa insiden yang sanggup dibuktikan dengan materi kenyataan.
·         Ibnu Khaldun (1332-1406)
Sejarah didefinisikan sebagai catatan perihal masyarakat umum insan atau peradaban insan yang terjadi pada watak/sifat masyarakat itu.
·         R. Moh. Ali
Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:
-          Jumlah perubahan-perubahan, insiden atau insiden dalam kenyataan di sekitar kita.
-          Cerita perihal perubahan-perubahan, kejadian, atau insiden dalam kenyataan di sekitar kita.
-          Ilmu yang bertugas memeriksa perubahan-perubahan, kejadian, dan atau insiden dalam kenyataan di sekitar kita.

Dalam KBBI definisi sejarah yaitu:
(1)   Asal usul, keturunan, atau silsilah
(2)   Kejadian atau insiden yang benar-benar terjadi pada masa lampau, riwayat, tambo
(3) Pengetahuan atau uraian perihal insiden atau insiden yang benar-benar terjadi pada masa yang telah lampau.

Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari insiden atau insiden pada masa lampau dalam kehidupan insan melalui bukti tertulis contohnya kitab/dokumen kuno dan mulut contohnya tradisi turun temurun dan mitos, bukti berupa benda-benda contohnya artefak dan prasasti serta monumen sejarah.
Sejarah merupakan insiden masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan dari banyak sekali insiden dan dihentikan dilupakan, alasannya yaitu tanpa adanya sejarah kita tidak akan ada pada zaman menyerupai kini ini.

Konsep berpikir sejarah:
  •  Continunity, ada 3 aspek yaitu masa lalu, masa kini, dan masa depan
  • Kausalitas, adanya kekerabatan alasannya yaitu akibat
  •  Kronologis, yaitu urutan waktu
  • Sinkronik, maksudnya yaitu meluas dalam waktu menyempit dalam ruang
  • Diakronik, maksudnya menyempit dalam waktu meluas dalam ruang
  •  Periodesasi, ada pembagian waktu dalam sejarah.
#Itulah sekilas informasi yang sanggup aku berikan biar bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Sumber http://ilhammaulana9999.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Sejarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel