iklan banner

Pengertian Pasar Modal Dan Manfaatnya

Pasar modal ialah aktivitas yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan dampak (surat berharga), perusahaan publik yang berkaitan dengan dampak surat berharga yang. diterbitkannya, dan forum profesi yang berkaitan dengan dampak (surat berharga). Dalam pasar ini yang diperdagangkan berupa surat-surat berharga (instrument pasar modal) yaitu saham, obligasi, dan derivatif.
a. Saham
bukti kepemilikan atas suatu perusahaan dengan adanya modal yang disetor. Keuntungan yang diperoleh dari saham tersebut disebut dividen.
b. Obligasi
merupakan surat ratifikasi utang jangka panjang yang dikeluarkan suatu perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh dana. Pemegang obligasi akan memperoleh bunga secara periodik dan akan mendapatkan pokok proteksi pada tanggal jatuh tempo.
c. Derivatif
merupakan bentuk turunan dari saham berupa warrant dan right.
Contoh bursa dampak surat berharga) di Indonesia ialah Bursa Efek Indonesia yang merupakan adonan dari Bursa Efek Jakarta BEJ dan Bursa Efek Surabaya (BES)

Manfaat adanya Pasar Modal antara lain:
a. memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mempunyai perusahaan yang sehat dan prospek yang baik di periode depan.
b. memberikan keterbukaan bagi dunia perjuangan melalui saham-saham yang diperdagangkan.
c. memberikan manfaat yang sanggup mend
perkembangan pembangunan, meningkatkan investasi dan membuat kesempatan kerja.


Sumber http://majalahscience.blogspot.com/

0 Response to "Pengertian Pasar Modal Dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel