iklan banner

Pengertian Dimensi, Dan Rumus Dimensi Besaran Fisika

Dalam fisika, kita selalu menemukan hal yang bekerjasama dengan besaran dan satuan. Tahukah sobat apa besaran itu?
Besaran didefinisikan sebagai sesuatu yang sanggup diukur atau hasil pengukuran yang dinyatakan dalam bentuk nilai besaran (angka) dan satuan. Setiap sesuatu yang ada disekitar kita yang sanggup diukur, baik skala kecil maupun besar. Dasar satuan yang dipakai dalam besaran  yaitu Satuan Internasional (SI) yang merupakan satuan hasil konferensi para ilmuan di Paris yang membahas ihwal berat dan ukuran. Dari pembahasan besaran ini, ditemukanlah yang disebut Dimensi. Sebenarnya apa sih dimensi itu? Simak ulasan berikut!

A. PENGERTIAN DIMENSI DAN DIMENSI BESARAN POKOK DAN BESARAN TURUNAN
Dimensi suatu besaran yaitu penggambaran atau cara penulisan suatu besaran dengan memakai simbol (lambang) besaran pokok. Hal ini berarti dimensi suatu besaran menawarkan cara besaran itu tersusun dari besaran-besaran pokok. Apapun jenis satuan besaran yang dipakai tidak mempengaruhi dimensi besaran tersebut, contohnya satuan panjang sanggup dinyatakan dalam m, cm, km, ft, keempat satuan ini memiliki dimensi yang sama yaitu L.
Pada sistem satuan internasional (SI), ada tujuh besaran pokok yang berdimensi, sedangkan dua besaran pokok pelengkap tidak berdimensi. Cara penulisan dimensi dari suatu besaran dinyatakan dengan lambang aksara tertentu dan diberi kurung persegi. Berikut tabel besaran pokok beserta dimensinya :
DIMENSI UNTUK BESARAN POKOK
Dimensi dari besaran turunan sanggup disusun dari dimensi besaran-besaran pokok. Berikut tabel besaran turunan :
DIMENSI UNTUK BEBERAPA BESARAN TURUNAN
Tidak hanya berpaku pada tabel diatas, cukup banyak besaran turunan lainnya yang sanggup dibentuk dimensinya untuk menunjukan kebenaran dari besaran atau persamaan tersebut.
Seiring berjalannya waktu, perkembangan besaran turunan makin meningkat sehingga sanggup dikatakan dimensi besaran turunan sanggup terus diperbaharui.

B. FUNGSI DIMENSI
Jika dipahami dengan secama, sanggup diambil kesimpulan beberapa fungsi dari dimensi, yaitu :

1. Dimensi dipakai untuk menunjukan kebenaran suatu persamaan.
Pembelajaran ilmu fisika banyak bentuk-bentuk klarifikasi sederhana untuk memudahkan menyerupai persamaan fisika. Bagaimana cara menunjukan kebenarannya? Salah satunya yaitu dengan analisa dimensional.
Analisis Dimensional
Analisis dimensional yaitu suatu cara untuk memilih satuan dari suatu besaran turunan, dengan cara memperhatikan dimensi besaran tersebut. Salah satu manfaat dari konsep dimensi yaitu untuk menganalisis atau menjabarkan benar atau salahnya suatu persamaan (fungsi dimensi). Metode pembagian terstruktur mengenai dimensi atau analisis dimensi memakai aturan :
  • Dimensi ruas kanan sama dengan dimensi ruas kiri
  • Setiap suku berdimensi sama

Contoh :
Sebuah benda yang bergerak diperlambat dengan perlambatan a yang tetap dari kecepatan v0 dan menempuh jarak sebesar S maka akan berlaku kekerabatan v02=2aS. Buktikan kebenaran persamaan itu dengan analisa dimensional!
Penyelesaian :
Kecepatan awal v0 = m/s   è[v0] = [L][T]-1
Percepatan      a = m/s2  è[a]  = [L][T]-2
Jarak Tempuh S = m      è[S]  = [L]
Persamaan :
V02=2aS
Dimensinya :




Karena kedua ruas kiri dan kanan sama, artinya persamaannya kemungkinan besar benar.

2. Dimensi dipakai untuk menurunkan persamaan suatu besaran dari besaran-besaran yang mempengaruhinya.
Untuk menunjukan hukum-hukum fisika sanggup dilakukan prediksi-prediksi dari besaran yang mempengaruhinya. Dari besaran-besaran ini sanggup ditentukan persamaan dengan analisa dimensional. Bahkan kekerabatan antar besaran dari sebuah eksperimen sanggup ditindak lanjuti dengan analisa ini.

3. Juga berfungsi untuk menawarkan kesetaraan beberapa besaran


Nah itulah postingan kami kali ini ihwal DIMENSI dalam Fisika, agar ilmunya sanggup bermanfaat ya, Apabila masih ada yang belum dimengerti silahkan sahabat tanyakan melalui kotak komentar di bawah ini, kami akan berusaha merespon dengan cepat dan tepat. Terimakasih telah berkunjung di softilmu, jangan lupa like, follow, dan komentarnya ya J

Sumber http://softilmu.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Dimensi, Dan Rumus Dimensi Besaran Fisika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel