iklan banner

Kolonialisme Dan Imperialisme

Hasil gambar untuk kolonialisme dan imperialisme Kolonialisme dan Imperialisme
Sumber: iwakphitikblogspot.com
Apa itu kolonialisme?

Berasal dari kata colunus (colonia) yang berarti suatu perjuangan untuk dapatmengembangkan kekuasaan suatu negara atau wilayah yang diluar wilayah negara tersebut. Bertujuan untuk sanggup mencapai dominasi ekonomi dari sumber daya, manusia, serta juga perdagangan di suatu wilayah. Wilayah koloni pada umumnya merupakan daerah-daerah yang kaya akan materi mentah yang merupakan keperluan dari negara-negara yang melaksanakan kolonialisme.

Pendukung dari kolonialisme beropini bahwa aturan kolonial menguntungkan negara yang dikolonikan dengan mengembangkan infrastruktur ekonomi dan politik yang diperlukan untuk pemodernisasian dan demokrasi. Mereka menunjuk ke bekas koloni sepertiAmerika SerikatAustraliaSelandia BaruHong Kong dan Singapura sebagai rujukan sukses pasca-kolonialisme.


Macam-macam bentuk kolonialisme:
  • Koloni eksploitasi, yaitu penguasaan suatu tempat untuk dikuras habis kekayaan alam dan tenaga penduduknya (kerja paksa) untuk kepentingan negara penguasa
  • Koloni penduduk, yaitu penguasaan suatu tempat baru, dengan cara menyingkirkan atau memusnahkan penduduk orisinil atau pribumi yang digantikan oleh pendatang 
  • Koloni deportasi, yaitu tempat atau wilayah koloni yang digunakan sebagai tempat buangan para narapidana yang sudah tidak sanggup ditangani lagi oleh pemerintah. 

Sedangkan Imperialisme itu......
Berasal dari kata imperium (bahasa Latin) yang artinya memerintah. Imperialisme merupakan suatu sistem penjajahan yang dilakukan dengan jalan membentuk pemerintah jajahan dengan menanamkan efek segala bidang kehidupan dan mengendalikan tempat yang dijajahnya.

Macam-macam bentuk Imperialisme:
  • Imperialisme kuno berlangsung pada zaman kuno hingga zaman pertengahan. Imperialisme ini lebih menekankan pada ekspansi wilayah yang dilakukan suatu negara terhadap negara atau tempat lain. Imperialisme kuno memiliki semboyan gold (memupuk kekayaan), gospel (menyebarkan agama), dan glory (mencapai kekayaan). Sebagai contoh, Spanyol dan Portugis yang melaksanakan penjelajahan samudra serta menguasai tempat baru.
  • Imperialsime Modern. Berlangsung pada awal terjadinya Revolusi industri (1500 M) hingga selesai perang dunia 2 (1942). Tujuan imperialisme modern didasari oleh harapan negara penjajah untuk mengembangkan perekonomiannya. Negara yang menjadi penggagas imperialisme modern yaitu inggris (sebagai pelaksana Revolusi industri).
  • Imperialisme Ultramodern (neokolonialisme). Tujuan imperialisme ini lebih menekankan pada penguasaan mental, ideologi, dan psikologi. Imperialisme ini berlangsung sehabis perang dunia 2 hingga dengan sekarang.

Perbedaan kolonialisme dan imperialisme

  1. Kolonialisme itu bertujuan untuk sanggup menguras habis sumber daya (Resource) alam dari negara yang bersangkutan untuk sanggup diangkut ke negara induk itu.
  2. Imperialisme bertujuan untuk sanggup menanamkan efek dalam semua bidang kehidupan negara yang bersangkutan.

Persamaan kolonialisme dan imperialisme

  1. Persamaan dari kolonialisme dan imperialisme ialah akan menciptakan negara penjajah tersebut menjadi makmur, sementara yang dijajah akan semakin menderita.

      Sumber http://ilhammaulana9999.blogspot.com

      0 Response to "Kolonialisme Dan Imperialisme"

      Posting Komentar

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel