iklan banner

Batuan Beku (Igneous Rock)

Batuan beku atau igneous rock yaitu batuan hasil pembentukan cairan magma, baik di dalam maupun di atas permukaan bumi, sehingga tekstur yang terbentuk sangat bergantung pada kondisi pembekuannya.
     Magma panas yang bergerak dari dalam bumi ke permukaan, makin usang makin hambar dan hasilnya membeku membentuk batuan beku. Batuan beku memiliki ciri homogen dan kompak, tidak ada perlapisan, dan pada umumnya tidak mengandung fosil. Batuan beku sanggup dibedakan menurut tempat pembekuannya.

Berdasarkan tempat pembekuannya, batuan beku dibedakan menjadi tiga yaitu sebagai berikut:

a. Batuan Beku Dalam (Plutonik)
Batuan beku dalam terjadi dari pembekuan magma yang berlangsung perlahan-lahan saat masih berada jauh di dalam kulit bumi, ukuran mineral besar dan berbutir kasar. Contohnya dan gabro. Granit mengandung kuarsa, feldspar, hornblende, dan mika, tekstur rata. Diorit tidak mengandung kuarsa, tekstur rata. Gabro merupakan batuan yang di dalamnya terdapat mineral berwarna gelap

b. Batuan Beku Korok (Gang)
Batuan beku korok yaitu batuan beku yang terbentuk di kawasan korok atau celah kerak bumi sebelum magma hingga ke permukaan bumi. Batuan ini mengalami proses pendinginan yang cepat sebab tempat batuan ini terletak bersahabat dengan permukaan bumi. Batuan beku korok terdiri dari kristal besar, kristal kecil, dan bahkan ada yang tidak mengkristal. Contoh batuan jenis ini yaitu porfiri granit yang berasal dari magma yang memiliki susunan granit dan membeku dalam sebuah gang.

c. Batuan Beku Luar (Vulkanik)
Batuan beku luar/leleran terjadi dari pembekuan magma di permukaan bumi. Berlangsung sangat cepat, memiliki ciri berbutir halus. Contohnya basalt, riolit, andesit, obsidian, dan scoria. Basalt berwarna hitam, cokelat, abu-abu tua, atau hijau tua. Riolit berkomposisi menyerupai granit, bertekstur porfiri (campuran butir halus dan kasar), mengandung kristal feldspar, kuarsa, dan mika. Andesit merupakan diorit yang keluar ke permukaan bumi. Obsidian/batu beling merupakan batuan bersinar yang berwarna hitam, abu-abu, kuning, atau cokelat. Scoria purnice/batu apung merupakan batuan beku luar yang mengandung rongga rongga gas dan merupakan hasi pembekuan lava. Ciri-ciri batuan beku luar (vulkanik) antara lain sebagai berikut.
1) Pada umumnya memiliki tekstur aphanitis (kristal yang halus dan bahkan tidak berbentuk).
2) Sebagian mengatakan struktur visikular, artinya sebagian dari batuan beku luar mengatakan adanya lubang-lubang bekas bahan gas yang terperangkap.


Sumber http://majalahscience.blogspot.com/

0 Response to "Batuan Beku (Igneous Rock)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel