iklan banner

√ 6 Cara Menghilangkan Panas Cabai Di Tangan Dengan Mudah

Jika kau hobi memasak pastinya kau pernah atau sering berafiliasi dengan sayuran atau bumbu masak yang berjulukan cabai atau cabai. Bahan masakan tersebut dikenal mempunyai rasa yang sangat pedas (level berbeda-beda tergantung jenis cabai) dan mempunyai kegunaan sebagai penguat rasa pada masakan yang disajikan.


Indonesia yaitu salah satu negara di mana banyak masyarakatnya gemar mengkonsumsi cabai. Beberapa jenis cabai umumnya diolah menjadi sambal dan beberapa lainnya dijadikan bumbu atau pemanis masakan (seperti tumis). Beberapa jenis cabai yang sangat terkenal di Indonesia yaitu cabai rawit, cabai hijau dan merah, cabai keriting, dan cabai gendot.


Nah, cabai ini selain mempunyai aroma pedas juga sanggup menimbulkan rasa panas pada kulit dikala dipegang secara pribadi dalam keadaan terbuka. Bagi yang suka mengulek sambal secara manual niscaya pernah mencicipi hal ini. Rasa panas cabai ini biasanya sulit dihilangkan sehingga menciptakan kulit menjadi tidak nyaman.


Meskipun demikian, kau masih sanggup menghilangkannya dengan cepat memakai beberapa cara di bawah ini. Rasa panasnya mungkin tidak hilang dalam waktu singkat, tapi hal ini dibutuhkan bisa meminimalisir rasa panas pada kulit (utamanya kulit tangan) yang diakibatkan oleh cabai.


1. Sabun Cuci Piring


Jika kau hobi memasak pastinya kau pernah atau sering berafiliasi dengan sayuran atau bu √ 6 Cara Menghilangkan Panas Cabe di Tangan dengan Mudah


Umumnya sabun basuh piring sanggup melarutkan minyak dan lebih efektif daripada sabun tangan biasa. Kamu bisa mencoba mencuci tanganmu yang terasa panas alasannya cabai dengan sabun basuh piring. Zat-zat atau minyak cabai penimbul panas memang tidak pribadi hilang sehabis dicuci dengan sabun ini, tetapi penulis pernah mencobanya dan hal ini cukup efektif.


Kamu mungkin perlu berkali-kali mencuci bab badan yang terkena panas cabai. Dari pengalaman yang pernah dirasakan penulis, hal itu membutuhkan waktu sekitar seharian sampai rasa panas mereda. Perlu dicatat bahwa setiap cabai mempunyai tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Jadi, kemungkinan rasa panas yang ditimbulkannya juga tidak sama.


2. Minyak Kelapa atau Zaitun


Jika kau hobi memasak pastinya kau pernah atau sering berafiliasi dengan sayuran atau bu √ 6 Cara Menghilangkan Panas Cabe di Tangan dengan Mudah

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/30478819@N08/


Minyak juga disebut-sebut bisa melarutkan zat cabai yang menimbulkan panas. Minyak yang dipakai untuk meredakan rasa panas tersebut biasanya yaitu minyak kelapa atau minyak zaitun. Keduanya mungkin sudah tersedia di dapur sehingga kau tinggal mengaplikasikannya.


Caranya yaitu dengan meneteteskan beberapa tetes minyak pada tangan atau bab badan lainnya yang terkena panas cabai, kemudian gosok secara perlahan sampai panas mereda. Kamu juga mungkin perlu melaksanakan proses ini berkali-kali sampai tanda-tanda panas pada kulit hilang sepenuhnya. Tidak mempunyai stok minyak zaitun di rumah? Tidak perlu khawatir, kau bisa membelinya di Bukalapak lewat link ini.


3. Alkohol


Jika kau hobi memasak pastinya kau pernah atau sering berafiliasi dengan sayuran atau bu √ 6 Cara Menghilangkan Panas Cabe di Tangan dengan Mudah


Jika kau mempunyai alkohol di rumah yang biasa dipakai untuk membersihkan luka pada tubuh, kau juga sanggup memanfaatkan cairan tersebut untuk menghilangkan tanda-tanda panas jawaban cabai. Minyak cabai dan capsaicin umumnya lebih gampang larut dalam alkohol daripada dalam air biasa sehingga dalam hal ini alkohol bisa cukup membantu.


Caranya pengaplikasiannya hampir sama dengan minyak kelapa atau zaitun. Cukup teteskan beberapa tetes alkohol pada bab tangan (hindari kontak pribadi dengan mata) yang terkena panas cabai, kemudian gosok-gosok secara perlahan sampai rasa panas hilang.


Jika kau memakai metode lainnya untuk mendinginkan tangan yang terasa panas, kau bisa memulai dengan alkohol untuk membersihkannya terlebih dahulu.


4. Garam


Jika kau hobi memasak pastinya kau pernah atau sering berafiliasi dengan sayuran atau bu √ 6 Cara Menghilangkan Panas Cabe di Tangan dengan Mudah


Bahan dapur lain yang sanggup dipakai untuk menghilangkan sengatan cabai di tangan yaitu garam. Jadi, selain sangat mempunyai kegunaan untuk menunjukkan rasa pada masakan, garam juga dianggap bisa menghilangkan rasa panas jawaban materi masakan yang berjulukan cabai dikala minyaknya terkena kulit kita.


Cara penggunaanya juga sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan garam dengan air hangat kemudian oleskan secara merata pada bab tangan yang terasa panas. Setelah itu gosok secara perlahan selama beberapa dikala sampai panas mereda dan selanjutnya basuh dengan air bersih. Kehabisan stok garam? Kamu bisa membelinya di Bukalapak lewat link ini.


5. Baking Soda


Jika kau hobi memasak pastinya kau pernah atau sering berafiliasi dengan sayuran atau bu √ 6 Cara Menghilangkan Panas Cabe di Tangan dengan Mudah


Jika kau suka menciptakan camilan anggun di rumah niscaya kenal dengan baking soda. Nah, ternyata baking soda juga mempunyai manfaat lainnya menyerupai sanggup menghilangkan tanda-tanda panas jawaban cabai. Sebelum siap memakai baking soda untuk hal ini, pertama-tama kau harus menciptakan pasta dari baking soda terlebih dahulu.


Caranya sangat mudah, yaitu kau tinggal mencampur baking soda dengan air cuek secukupnya sampai membentuk pasta kental. Setelah itu kau tinggal mengoleskan baking soda tersebut pada bab kulit yang terasa panas secara merata. Tunggu beberapa dikala sampai pasta mengering dan selanjutnya kau tinggal membilasnya dengan air bersih. Mudah, bukan? Temukan baking soda secara online di situs Bukalapak lewat link ini.


6. Susu Cair atau Yogurt


Jika kau hobi memasak pastinya kau pernah atau sering berafiliasi dengan sayuran atau bu √ 6 Cara Menghilangkan Panas Cabe di Tangan dengan Mudah


Susu cair atau yogurt mengandung senyawa alami yang bisa menetralkan kadar asam dan pedas dari cabai. Lemak dan minyak dalam produk susu dipercaya bisa mengurangi sensasi terbakar jawaban cabai dengan melarutkan capsaicin yang melekat pada kulit.


Seperti yang kita ketahui bahwa cabai yaitu sejenis sayuran yang mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi sehingga kadar asamnya cukup besar. Oleh alasannya itu, susu cair atau yogurt sanggup dimanfaatkan untuk meredakan tanda-tanda panas yang diakibatkan oleh cabai. Terdapat protein yang ditemukan dalam susu yang disebut kasein yang bertindak menyerupai deterjen terhadap capsaicin.


Untuk mengaplikasikan hal ini kau hanya perlu mengolesi bab kulit yang terkena sengatan cabai dengan susu cair atau yogurt, kemudian tunggu sampai rasa panas tersebut mereda. Jika sudah, kau bisa pribadi mencuci kulitmu dengan air higienis untuk menghilangkan sisa-sisa susu dan yogurt yang menempel.


Jika cara pengolesan dirasa kurang maksimal, maka kau sanggup merendam tangan dalam susu atau yogurt sampai sensasi terbakar berhenti. Cukup tuangkan susu (yang cuek lebih baik) atau yogurt pada mangkok, kemudian rendam tanganmu beberapa dikala sampai sensasi terbakar mereda. Setelahnya kau sanggup mencuci tanganmu dengan air bersih. Tidak perlu repot cari yogurt, alasannya kau bisa membelinya di Bukalapak lewat link ini.


Nah, itulah beberapa cara yang sanggup kau lakukan untuk meredakan tanda-tanda panas pada tangan yang diakibatkan oleh cabai. Saat tanganmu terkena sengatan cabai, sebaiknya hindari menggosok-gosok bab mata dan bab badan lainnya biar panas tidak menyebar.


Beberapa cabai mungkin sanggup menimbulkan sensasi panas yang sangat menyengat dan bertahan sampai belasan jam bila minyaknya terkena kulit kita. Untuk menghindari hal ini terjadi pada dirimu, kau sanggup memakai sarung tangan khusus memasak bila harus berurusan dengan cabai-cabai dikala di dapur, apalagi bila cabai yang harus diolah berjumlah sangat banyak.


Metode di atas mungkin menunjukkan khasiat yang berbeda-beda. Kamu sanggup mencoba salah satu metode yang kau anggap paling efektif dan mudah. Jika kau mempunyai metode lain yang lebih baik dan belum disebutkan di sini silakan sebutkan di kolom komentar.


Dan sebagai informasi, barang-barang di atas sanggup kau beli dengan gampang di warung-warung yang bersahabat dengan rumah. Jika kau ingin membeli produk-produk ini secara online, kami menyarankan untuk membelinya di Bukalapak dengan klik link-link yang sudah kami berikan.



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ 6 Cara Menghilangkan Panas Cabai Di Tangan Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel