iklan banner

Soal Uas Teknik Sepeda Motor Kelas Xi Dan Jawaban


 Soal TSM dan kunci jawaban
1.      Berapakah jumlah roda gigi transmisi pada sepeda motor dengan 5 kecepatan :
a.       6 pasang roda gigi
b.      7 pasang roda gigi
c.       3 pasang roda gigi
d.      4 pasang roda gigi
e.       5 pasang roda gigi


2.      Yang bukan termasuk komponen dari prosedur pemindah gigi adalah:
a.       Drum shift gear
b.      Shift fork
      c.       Plat bintang 
      d.      Lengan Pemindah Gigi
      e.       Input shaft
3. 


     Urutan nama komponen yang tepat yakni :
a.       Crankshaft, input shaft, output shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
b.      Crankshaft, output shaft, input shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
c.       Crankshaft, output shaft, drum shift gear&shift fork, input shaft,kick starter
d.      Crankshaft, drum shift gear&shift fork, input shaft, output shaft, kick starter
e.       Crankshaft, input shaft, drum shift gear&shift fork, output shaft, kick starter

 4. Komponen yang berfungsi sebagai penahan drum shift gear supaya tidak netral ketika pedal persneling diinjak ke depan pada ketika sepeda motor berjalan yakni nomor…..

a.       5
b.      20
c.       1
d.      5
e.       16


5.      Pada soal nomor 4, gigi manakah yang berfungsi sebagai gigi 3
a.       5&6
b.      7&6
c.       1&3
d.      5&6
e.       7&8

6.      Untuk memperkaya adonan materi bakar pada ketika kondisi udara di sekitar kita masbodoh yakni fungsi dari:
a.       Choke valve                                        d.   Slow jet
b.      A C V                                                  e.   Float valve
c.       Main jet                                              

7.      Urutan kerja yang benar jikalau membersihkan saringan udara yang terbuat dari elemen kertas berikut ini adalah:
a.      Disemprot dari arah: luar, dalam, luar, dst
b.      Disemprot dari arah: dalam, luar, dalam, dst
c.       Dicelup disolar, diperas, disemprot, dst
d.      Disemprot, dilumasi oli, dst
e.       Disemprot dari dalam, luar, dalam dan sehabis itu dilumasi pakai oli

8.      Pada ketika mesin putaran tinggi dan tiba-tiba handel gas dibuka pada sepeda motor dengan karburator jenis TPFC komponen yang bekerja yakni :
a.       Main jet                                                           d.   Air srew
b.      Slow jet                                                            e.   Trotel stop srew
c.       Main jet & pompa akselerasi

9.      Gunanya pelampung pada karbutaror adalah
a.       Untuk mensuplai pemasukan bensin pada putaran tinggi
b.      Untuk mengapung di dalam cairan materi bakar
c.       Untuk mengatur pemasukan materi bakar ke ruang pompa akselerasi TPFC
d.      Untuk mengatur tinggi rendahnya materi bakar
e.       Untuk mensuplai pemasukan bensin pada putaran rendah

10.  Campuran miskin pada karburator yakni :
a. Perbandingan 1 : 10
d. Perbandingan 1 : 15
b. Perbandingan 1 : 12
e. Perbandingan 1 : 17
c. Perbandingan 1 : 13

11.  Salah satu penyebab terjadinya mesin berasap berwarna hitam pada sepeda motor 4 tak yakni :
a.       Banyak arang yang mengendap di dalam ruang bakar
b.      Pemakaian tingkat panas busi yang keliru
c.       Tekanan kompresi rendah
d.      Campuran terlalu kaya
e.       Ring oli bocor

12.  Rumus untuk menghitung gaya yakni :
  1.       F = m x a                                                         d. A = F x P
  2.        F = P / A                                                          e. P = F x A
  3.         F = A / P
13.  Satuan dari tekanan adalah
  1.       Newton                                                       d. Ampere
  2.      Pa                                                             e. Watt
  3.       M2
14.  Satuan dari gaya yakni :
  1.       Newton                                                      d. Ampere
  2.       Kpa                                                            e. Watt
  3.       M2
15.  Diketahui P1 = 30 N dan P2 = 20N. keduanya bekerja pada satu garis kerja dan memiliki arah yang sama. besarnya gaya resultan tersebuta adalah...
a.       10 N                                                     d. 5 N
b.      600 N                                                    e. 60 N
c.       50 N

16.  Berikut ini yakni komponen sistem pengapian kecuali :
a. Coil
d. Regulator
b. Busi
e. Platina
c. CDI

17.  Prinsip kerja dari CDI yakni :
  1.       Pengosongan muatan listrik pada kapasitor
  2.      Pengisian muatan listrik pada kapasitor
  3.       Pengosongan muatan listrik pada thyristor (SCR)
  4.       Pengisian muatan listrik pada thyristor (SCR)
  5.       Salah semua.
18.  Komponen dalam CDI yang berfungsi sebagai saklar elektronik menggantikan fungsi platina di sistem pengapian yakni :                                                                                                                                         
a. Diode Zener
d. Tahanan
b. Diode
e. Platina
c. SCR

19.  Untuk melaksanakan pengukuran ignation primary coil pada supra smh terminal yang diukur  adalah :
a.   Hitam/kuning dan hijau
b.     Merah/hitam dan hijau
c.   Biru /kuning dan Hijau
d.     Biru /putih dan massa
e.    Hijau dan massa

20.  Untuk bisa menjadikan pembakaran yang tepat pada busi, diharapkan peralatan yang bisa meningkatkan tegangan yang tinggi. Peralatan tersebut yakni :
a. CDI
d. Pulser
b. Baterei.
e. Coil
c. Thyristor

21    Salah satu pengukuran yang dilakukan pada ketika menilik rem tromol adalah
  1.       Panjang brake lining
  2.       Panjang kanvas rem
  3.       Lebar kanvas rem
  4.       Diameter sepatu rem
  5.       Diameter tromol rem
22. Pemeriksaan ketebalan cakram rem untuk mengetahui 
  1.       Batas servis dan keausan
  2.       Batas servis dan kemiringan
  3.       Batas servis dan ketebalan
  4.       Batas servis dan kerusakan
  5.       Batas servis dan kemiringan
23    Minyak rem yang dipakai pada sistem rem cakram adalah 
  1.      DOT 3 dan DOT 5
  2.       DOT 3 dan DOT 7
  3.       DOT 3 dan DOT 6
  4.       DOT 3 dan DOT 8
  5.       DOT 3 dan DOT 4
24    Urutan pembongkaran brake caliper rem cakram yakni
  1.       Keluarkan minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem,lepas bracket caliper, pegas kanvas dan karet tutup pin slide.
  2.       Keluarkan minyak rem, lepas bracket rem dan pegas kanvas rem.
  3.       Keluarkan minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem dan caliper rem serta master silinder.
  4.       Keluarkan minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem dan tutup pin slide
  5.       Keluarkan minyak rem, lepas kanvas rem dan caliper rem dan karet dust seal

25    Fungsi sistem rem pada kendaraan sepeda motor  adalah
  1.       Menjaga kestabilan kendaraan bermotor
  2.       Menjaga laju kendaraan bernotor.
  3.       Mengurangi dan menghentikan laju kendaraan bernotor
  4.       Menghentikan putaran mesin kendaraan bermotor
  5.       Mengurangi putaran dan laju getaran roda

26    Fungsi sistem kopling pada sepeda motor yakni . . . .
a.     Meneruskan dan memutuskan putaran mesin.
b.     Meneruskan dan memutuskan putaran roda mesin
c.     Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke transmisi.
d.     Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke mesin.
e.     Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke roda belakang

27    Cara kerja kopling otomatis pada sepeda motor  bekerja menurut . . . . 
a.       Tinggi dan rendahnya jalan yang dilalui sepeda motor
b.      Tinggi dan rendahnya putaran roda sepeda motor.
c.      Tinggi dan rendahnya putaran transmisi sepeda motor.
d.     Tinggi dan rendahnya putaran perseneling sepeda motor.
e.      Tinggi dan rendahnya putaran mesin sepeda motor

28    Tanda-tanda kampas kopling telah aus pada kendaraan bermotor antara lain . . . .
a.       Tenaga mesin terasa stabil, terutama ketika menanjak.
b.      Antara RPM mesin dan kecepatan tidak sebanding, misalnya menyerupai putaran  mesin tinggi  namun laju sepeda motor menyerupai tertahan
c.       Perpindahan gigi transmisi terasa lembut dan kasar, untuk transmisi matik terasa menghentak.
d.       Bahan bakar menjadi lebih hemat.
e.        Semua benar

29    Dibawah in sumber-sumber kerusakan pada sistem pemindah tenaga (kopling) antara lain, kecuali
  1.       Jumlah kanvas kopling dan pelat gesek tidak sama
  2.       Kopling macet dan pemindahan gigi transmisi keras
  3.       Saat bekerja pemindah gigi terlalu lambat
  4.       Kopling selip
  5.       Gaya/gerak kopling tidak sama
30    Fungsi minyak pelumas/oli bagi sistem kopling sepeda motor yakni . . . .
a.      Sebagai pendingin dan melumasi rumah kopling saja
b.      Sebagai pendingin dan melumasi pelat kolping saja
c.      Sebagai pendingin dan pelumas penggalan mesin
d.     Sebagai pendingin dan pelumas penggalan transmisi saja
e.      Sebagai pendingin dan melumasi komponen kopling dan memperlembut goresan antar komponen


Essay

1.      Jelaskan bagaimanakah prosedur perpindahan gigi transmisi manual pada sepeda motor.
2.      Sebutkan 3 fungsi tutup tangki?
3.      Sebutkan 3 kegunaan prinsip hidrolik?
4.      Sebutkan 3 (tiga) cara menjaga biar kopling infinit dan jelaskan 2 (dua) penyebab gangguan/kerusakan yang terdapat system rem.
5.      Sebutkan urutan rangkaian pengapian CDI-DC dengan benar!



Sumber http://administrasingajar.blogspot.com

0 Response to "Soal Uas Teknik Sepeda Motor Kelas Xi Dan Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel