Soal-Soal Ulangan Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Smp Terbaru Part 2
I. Memakai suplemen berharga memang tampak indah. Namun disisi lain menggunakan suplemen berharga sanggup memancing kejahatan, apalagi bila si pemakai berada di lokasi luar ruamh yang sepi.
II. Seperti yang pernah saya alami ketika saya dan temanku sedang berjalan-jalan di sore hari. Aku mengendarai sepeda motor dengan santai di Pandan Dure. Irma, temanku yang duduk dibelakang menggunakan gelang emas ditangannya. Tiba-tiab seorang cowok dengan ramah menegurku. Pemuda itupun mengendarai motor dengan santai pula.
III. Kemudian sambil bercanda ia mendekat dan memepet motorku. Dengan sigap cowok itu menjambret gelang temanku kemudian kabur dengan kencang melarikan motornya. Irma dan saya hanya sanggup teriak dan taka da orang yang menolongku alasannya yaitu situasi ketika itu sedang sepi.
1. Pada paragraf I teks eksplum tersebut merupakan bab …
a. Insiden c. abstrak
b. Orientasi d. Insiden
2. Pada paragraf III teks eksplum tersebut berisi informasi perihal …
a. Situasi yang sepi c. bersepeda santai
b. Penjambretan d. Jalan-jalan di Pandan Dure
3. Bagian aneh teks eksplum berisi perihal …
a. Pesan yang akan disampaikan
b. Gambaran singkat insiden yang terjadi
c. Pengenalan tokoh
d. Penilian
4. Saya mempunyai sebuah pengalaman yang bekerjsama tidak perlu terjadi alasannya yaitu sanggup diatasi, namun insiden itu terjadi begitu saja.
Pada kalimat diatas terdapat …
a. satu konjungsi c. tiga konjungsi
b. dua konjungsi d. emapt konjungsi
5. Cermati bagian-bagian dalam struktur teks eksplum berikut …
1. Koda
2. Insiden
3. Orientasi
4. Abstrak
5. Interpretasi
Struktur teks eksplum yang benar yaitu …
a. 1-2-3-4-5 c. 4-3-2-5-1
b. 2-1-4-5-3 d. 3-4-2-1-5
6. Perhatikan penggalan teks eksplum berikut …
Ketika saya sedang mengendarai motor dengan santai, tiba-tiba lelaki yang berpasangan denganku berbalik arah …… ia mengejarku …… menyapaku dengan ramah. Tak da gejala yang menawarkan …… ia lelaki nakal.
Konjungsi yang sempurna untuk mengisi titik-titik yaitu …
a. Lalu – kemudian – tentang c. kemudian – kemudian – ketika
b. lalu – kemudian – agar d. kemudian – kemudian – bahwa
7. Aku memang suka kesederhanaan …… temanku sangat suka kemewahan.
Konjungsi yang cocok untuk kalimat tersebut yaitu …
a. Tetapi, namun, sedangkan
b. dan, serta, bahkan
c. tetapi, justru, walaupun
d. sedangkan, sehingga, padahal
8. Ibu menggoreng ikan ketika ayah pergi.
Anak kalimat yang terdapat pada kalimat kompleks tersebut yaitu …
a. Anak kalimat pengganti S c. Anak kalimat pengganti P
b. Anak kalimat pengganti O d. Anak kalimat pengganti K
9. Pak Guru memanggil Harmain yang sering absen ke ruang BP. Anak kalimat terdapat pada …
a. Memanggil Harmain c. Pak Guru memanggil
b. ke ruang BP d. Harmain yang sering bolos
10. Dalam teks eksplum, nilai-nilai atau pelajaran hidup yang berharga biasanya disajikan pada bab …
a. Abstrak c. Interpretasi
b. Insiden d. Koda/Amanat
11. Saya ditempatkan diraung khusus supaya tidak menularkan virus pada orang lain.
Peristiwa yang dialami tokoh dalam kalimat tersebut yaitu ……
a. kecelakaan c. dirampok
b. menderita sakit d. menjadi korban kecelakaan
12. Struktur teks balasan kritis terdiri dari ……
a. Resume – Deskripsi kelebihan/kekurangan – judgement
b. Abstrak – insiden – koda
c. abstrak – orientasi – insiden
d. orientasi – komplikasi – resolusi
13. Kritik yang baik yaitu kritik yang isinya …
a. menutupi segala kekurangan
b. mencari kelemahan
c. mencari kelebihan
d. disampaikan dengan santun dan alasan logis
14. Contoh kalimat kebanggaan yang sempurna yaitu ……
a. kamu tidak sportip, pantas lawanmu kalah.
b. kamu hanya beruntung, prestasi hanya biasa saja.
c. kamu layak menerima juara berkat kerja kerasmu
d. sebenarnya prestasimua bagus, kau hanya butuh penyempurnaan.
15. Kalimat berikut yang tidak menggunakan kata baku yaitu ……
a. Pak Jono mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.
b. Para pengrajin ukir dijepara menerima pengarahan
c. Saya ingin menjadi anggota Karang Taruna
d. Kakak saya saya kuliah di Fakultas Teknik
16. Ketika mengkritik, kita boleh melaksanakan hal-hal dibawah ini kecuali …
a. Menunjukkan kekurangan karya seni
b. Menggunakan bahasa berkonotasi negatip
c. Menawarkan solusi
d. Tidak bermaksud menjatuhkan nama baik.
17. Penggunaan tanda baca yang benar terdapat terdapat pada kalimat …
a. Kakak membeli beragam alat musik : gitar, piano dan biola.
b. Kakak membeli beragam alat musik : gitar, piano, dan biola
c. Kakak membeli beragam alat musik : gitar, piano dan biola
d. Kakak membeli beragam alat musik : gitar, piano, dan biola
18. Siaran televisi mempunyai efek positip dan negatip bagi pemirsa anak-anak, pelajar, ayau orang tua.
Tanggapan dan kritik yang benar sesuai dengan pernyataan tersebut yaitu …
a. Walaupun demikian, televisi sanggup dijadikan sarana belajar
b. Melalui televisi, setiap pemirsa menerima pengetahuan yang luas
c. Dari banyak sekali program televisi yang kurang mendidik sanggup memunculkan kenakalan remaja
d. Seluruh program yang ditayangkan melalui televisi menjadi suatu kebanggan
19. Diantara kalimat berikut ini yang merupakan kalimat beragam bertingkat pengganti objek yaitu …
a. Kepala Negara mengajak membersihkan tanah air ini dari segala noda sampah.
b. Beliau mengungkapkan bahwa kita perlu menciptakan kali-kali tetap bersih.
c. Beliau mengharapkan tahun 2006 dijadikan tahun kebersihan.
d. Kepala Negara mengajak membersihkan tanah air dari limbah.
20. Cermati kutipan teks balasan kritis berikut ini!
Film ini kemudian berbicara perihal keserakahan Wak Weceh yang hendak mengeruk laba sebesar-besarnya dari popularitas Tina. Sutradara Aditya Gumay juga sempat berusaha memberikan sindirannya terhadap orang renta atau anggota keluarga yang berambisi supaya seorang anak sanggup terkenal.
Kutipan teks balasan kritis tersebut menjelaskan ……… film.
a. kuantitas c. kelebihan
b. resume d. kekurangan
Penulisan kalimat yang sempurna berikut ini yaitu …
a. Daripada bermain mendingan belajar.
b. Sintia lebih cendekia dari kakaknya
c. Dari kemarin saya tidak melihat Dita
d. Susi lebih suka mendengarkan musik daripada menonton televisi.
22. Berikut yaitu bagian-bagian dari struktur teks tantangan, kecuali …
a. Simpulan
b. Argumen menentang
c. Argumen mendukung
d. Isu / masalah
23. Teks tantangan yaitu jenis teks yang …
a. diperluas c. memiliki struktur abstrak
b. dapat disanggah/ditentang d. berbentuk cerita
24. Ciri-ciri kebahasaan teks tantangan yaitu …
a. memiliki isu/masalah
b. memiliki struktur teks
c. terdapat pesan/amanat
d. terdapat kalimat sanggahan
25. Dibawah ini yang termasuk kalimat penolakan yaitu …
a. Saya paham dengan pendapatmu.
b. Saya tidak baiklah dengan kebijakan pemerintah itu.
c. Mari kita simpulkan hasil rapat ini!
d. Jadi, dengan adanya peraturan sekolah, akan menciptakan siswa displin.
Sumber http://abidtinfaz.blogspot.com
0 Response to "Soal-Soal Ulangan Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Smp Terbaru Part 2"
Posting Komentar