iklan banner

Soal-Soal Pilihan Ganda Ulangan Bahasa Indonesia Smp/Mts Part 2



16. Perhatikan petikan bait puisi berikut !
……………….
Berbahagialah ini bangsa
yang selalu diberi rahmat dan karunianya
dengan kekayaan alam tak terhingga
sapaan mentari yang tanpa jeda.
Larik bermajas pada puisi tersebut terdapat pada larik …….
A.       (1)
B.       (2)
C.      (3)
D.      (4)
Bacalah kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 17 dan 18


Rounded Rectangle: ... Acara wisata bermetamorfosis aktivitas kelompok PMR lantaran kawan-kawanku berusaha menolong kakek yang tak berdaya itu. “Kita ini pergi untuk wisata  atau praktik PMR?” “Ulil, teganya menyampaikan itu. Lihat kakek ini butuh bantuan,” sahut Avanti sengit. “Farkhan, segera hubungi petugas perkebunan. Beritahukan insiden ini!” perintah Rendy kepada Farkhan. Tanpa menjawab perintah Rendy, Farkhan pribadi berlari menuju kantor perkebunan untuk meminta pinjaman pertolongan. ...
   

16.    Bukti tabiat tokoh Avanti perhatian pada kutipan cerpen tersebut yaitu ....
A.         Memarahi Ulil yang tidak mau menolong kakek
B.         Mengajak Ulil meninggalkan kakek yang sakit.
C.         Meminta Farkhan segera memanggil kakek.
D.         Menyesali lantaran kegiatan mereka terganggu.
17.    Cara pengarang menggambarkan tabiat tokoh pada kutipan dongeng tersebut yaitu ....
A.         melalui obrolan antartokoh
B.         sikap dan pembicaraan tokoh
C.         diceritakan tokoh yang lain
D.         pelukisan tabiat oleh pengarang
...” Mir, mari kita ikhlaskan bapakmu dan mulai untuk berjuang, Bunda akan berikhtiar mencari uang dengan berjualan di depan rumah. Nanda teruslah bersekolah dan berguru dengan tekun, bunda yakin, cita-citamu dan juga keinginan Al-Marhum ayahmu dulu akan sanggup kau raih. Mohonlah pinjaman kepada Tuhan lewat do’a-do’amu”.
Keteguhan yang terpancar di wajah Ibundanya menciptakan dirinya menyadari kecengengannya selama ini. Bismillah, ia memasang seragam bubuk putihnya dan meraih tas yang sudah seminggu tergantung di belakang pintu. Hatinya mantap untuk berjuang melanjutkan kehidupan ini. Dia yakin, bahwa Tuhan tidak akan menunjukkan cobaan melebihi batas kemampuan ummat-Nya.

 
 










18.    Amanat pada kutipan dongeng tersebut yaitu ...
A.         Kita harus bermusyawarah untuk mufakat.
B.         Dalam hidup ini kita harus mempunyai tujuan.
C.         Setiap permasalahan yang terjadi selalu ada solusinya.
D.         Jika kita menghadapi masalah, jangan gampang berputus asa.
19.    Latar tempat dan waktu yang terdapat dalam kutipan di atas yaitu ….
A.       siang hari, di ruang BP
B.       pagi hari, di rumah
C.      malam hari di rumah sakit
D.      malam hari, di rumah


20.    Pekerjaan ini bukan pilihanku sendiri. Ketika lulus SD, orang tuaku menasihati semoga saya masuk sekolah guru. Katanya sangat cocok bagi wanita. Untuk membujukku ibuku menambahkan bahwa libur guru sama panjangnya dengan libur anak sekolah melebihi orang yang bekerja di kantor. Kata-kata itu diucapkan orang tuaku lantaran mereka mengetahui pekerjaan apa yang bekerjsama kuinginkan. Aku bercita-cita menjadi sekretaris.
 Konflik yang terdapat dalam kutipan novel tersebut yaitu ….
A.         konflik batin dalam diri tokoh Aku
B.         konflik antara anak dengan orang tua
C.        konflik antara tokoh Aku dengan gurunya
D.        konflik antara tokoh Aku dengan sekretarisnya
Perhatikan kutipan novel berikut !
Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
  Beberapa bulan setelah ibumu meninggal dunia, sudah mamak suruh ia saja dengan perempuan lain, baik orang Makasar atau orang lain negeri. Dia hanya menggeleng saja, ia belum hendak kawin sebelum engkau besar, Udin. Pernah ia berkata: separo hatiku ikut ibumu ke kuburan, ia tinggal di dunia ini dengan hati yang separo lagi… 
 … “Kalau saya melihat wajahmu, saya sehat sudah. Biar terbang penyakit itu, dan saya sembuh sendiri kelak.” “Moga-moga, tetapi seelok-eloknya kaki ibu itu diobati juga, supaya sembuh benar-benar. Biar saya kenalkan …”
“Tidak, Asri, jangan tergesa-gesa! Obat minum, verban, dan sekaliannya itu sudah kuderita sehari-harian.”…
21.    Perbedaan karakteristik  kedua novel tersebut adalah ....
Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
A
bercerita wacana kesetiaan
bercerita wacana obat
B
bercerita wacana kasih sayang
bercerita wacana penderitaan akhir penyakit
C
sudut pandang orang ketiga serba tahu
sudut pandang orang pertama pelaku utama
D
tokohnya ada yang meninggal
tokohnya masih hidup semua

Perhatikan kutipan novel berikut !
Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
Tuan De Busse terperanjat, kemudian meletakkan koran yang hendak dibacanya di atas siboannya, sambil memandang sejurus kepada anaknya, seperti hendak diketahuinya hingga ke isi-isi perutnya. Maka bertanyalah ia, “pertanyaanmu itu buat bertanya-tanya sajakah atau yaitu mengandung arti?” Corrie pun terkejut melihat laku ayahnya, kemudian menyahutlah ia tergopoh-gopoh.
Pukul tiga siang Ratna dan ayahnya tiba di Stasiun Gambir. Pak Sumaji dengan istri dan anaknya sudah menunggu di sana. Mereka membawakan barang-barang kebutuhan Ratna ke dalam kendaraan beroda empat Kijang.”Ini gula batu, the poci, dan tahu kuping kesukaan Om dan Mama,” ungkap Ratna kepada Tante Maji. “Kami sudah buat tempat tinggal untuk Ratna di atas”……

22.    Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan novel di atas yaitu ….
Kutipan Novel 1
Kutipan Novel 2
A
Bahasa sastra lama
Bahasa gampang dipahami
Bahasa sastra lama
Bahasa sulit dipahami
B
Bahasa sastra lama
Bahasa sulit dipahami
Bahasa modern
Bahasa gampang dipahami
C
Bahasa gampang dipahami
Bahasa modern
Bahasa gampang dipahami
Bahasa sastra lama
D
Bahasa sulit dipahami
Bahasa modern
Bahasa gampang dipahami
Bahasa sastra lama
Bacalah kutipan puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 24 dan 25!

(Sebelum bel masuk berbunyi, di depan ruang kantor guru. Nadin menghampiri gurunya. Ia masih ingin tau dengan pelajaran yang diterangkan kemarin)
Nadin                     : Bu, boleh bertanya, materi kemarin yang Ibu terangkan?
Ibu Yeyet               : Ya, silakan. Kamu mau tanya apa?
Nadin                     : Bu, jadi, keindahan karya sastra itu sanggup kita tentukan dari bahasanya?
Ibu Yeyet               : Nadin, bekerjsama masih ada lagi, yaitu pesan yang disampaikan.
Nadin                     : Apa itu, Bu?
Ibu Yeyet               : Pesan yang dimaksud ialah nilai didik yang ingin disampaikan oleh pengarangnya. Pengarang yang baik   
                                  harus berusaha memberikan aliran moral kepada pembacanya itu semoga lebih arif.
Nadin                     : Lalu bagaimana caranya?
Bu Yeyet               : Caranya, ya dilihat dari kandungan dongeng itu melalui pergolakan tokoh-tokohnya.
Nadin                     : Ya, Bu. Saya jadi mengerti sekarang. Terima kasih, Bu.
23.  Suasana pada kutipan drama tersebut yaitu ....
A.       ramai
B.       sedih
C.      tegang
D.      tenang
24.  Latar waktu pada kutipan drama tersebut yaitu ....
A.     pagi hari
B.     malam hari
C.    saat istirahat
D.    pulang sekolah

Cermatilah ilustrasi berikut!
Hari Senin, 23 Februari 2012, sewaktu Diffa bertugas menaikkan bendera ada insiden yang sulit dilupakan. Tali bendera yang ditarik putus. Hatinya berdebar tak karuan.Untung bendera jatuh sempurna di pundaknya.

25.    Kalimat catatan harian yang sempurna sesuai ilustrasi tersebut yaitu ...
A.       Pagi itu angin bertiup kencang. Bendera merah putih yang dikibarkannya putus talinya. Perasaannya tak karuan. Bendera itu meluncur jatuh sempurna dipundaknya. Hatinya sangat lega.
B.       “Alhamdulillah, lega hatiku,” gumamnya sambil mengelus dada. Mengapa tidak? Sewaktu ia menjadi petugas pengibar bendera, sebuah insiden menimpanya. Bendera yang ditarik putus tetapi untung. Bendera itu menyangkut di pundaknya. Ia benar-benar lega.
C.      Perasaan resah menyelimuti hatiku. Sewaktu saya bertugas sebagai pengibar bendera, tali yang kutarik putus. Bendera itu meluncur deras ke arahku. Di dikala saya kalut, tanpa kusadari itu menyangkut di pundakku. Bak air hambar mengguyur tubuhku di tengah terik mentari. Aku tersenyum lega.
D.      “ Waktu itu saya bertugas menaikan bendera. Ada perasaan masgul di hatiku. Tali bendera yang kutarik putus hingga benderanya meluncur ke bawah. Hatiku berdebar tak karuan.Di tengah kemasgulanku, bendera itu jatuh sempurna di pundaku. Seolah yang kuasa penolong menggamitku. Aku lega.” Ceritanya bangga.

Perhatikan ilustrasi berikut!
Kepala sekolah menunjukkan mandat kepada wakilnya untuk melakukan kegiatan bakti sosial dalam rangka menyambut Ramadan. Wakil Kepala sekolah menugaskan para wali kelas untuk menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siswanya.
26.    Isi pesan singkat yang sempurna menurut ilustrasi tersebut yaitu …
A.  Kepala sekolah menugasi para wali kelas untuk melakukan kegiatan bakti sosial demi kepedulian terhadap sesama.
B.    Harap wali kelas menginformasikan kepada siswanya supaya melakukan bakti sosial untuk menyambut bulan suci Ramadan.
C.    Kepala sekolah mengaharapkan semua siswa turut menyambut bulan suci bulan berkat dengan mengadakan bakti sosial.
D.    Wali kelas mengumpulkan barang apa saja untuk disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.


Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1)                     Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 – 3  jam.
(2)                     Pulau-pulau itu ibarat Pulau Asu dan Pulau Batu.
(3)                     Teluk Dalam yaitu ibukota Kabupaten Nias Selatan.
(4)                     Pelabuhan ini  menghubungkan  pulau-pulau kecil di sekitarnya.
(5)                     Untuk menuju ke sana, bisa naik kendaraan beroda empat dari Gunungsitoli.
(6)                     Teluk Dalam juga mempunyai pelabuhan kecil.
27.   Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan ….
A.        (3),(5),(1),(6),(4),(2)
B.        (3),(6),(4),(5),(2),(1)
C.        (1),(5),(6),(4),(2),(3)
D.        (1),(6),(4),(2),(3),(5)

Perhatikan ilustrasi kegiatan berikut!

Hari ini pengurus OSIS akan mengadakan rapat setelah jam pelajaran selesai, menempati ruang koperasi OSIS.

28.    Pengumuman yang sesuai dengan ilustrasi tersebut yaitu … .
A.         Kepada seluruh OSIS dimohon hadir di ruang koperasi OSIS.              
B.         Bagi yang merasa pengurus OSIS harap menghadiri rapat hari ini.
C.        Seluruh pengurus OSIS harap hadir hari ini di ruang Koperasi OSIS setelah jam pelajaran.
D.        Bagi pengurus OSIS mengharap kedatangannya untuk rapat di ruang koperasi hari ini.


Judul                              : Budidaya Ikan Nila
Penulis                          : Sahar Erizal
Penerbi                          t: PT Swadaya
Keunggulan:
·         Memotivasi pembaca untuk beternak ikan nila
·         Berdasarkan pengalaman pribadi
·         Bahasa lugas dengan kalimat pendek-pendek
Kelemahan:
·         Ilustrasi gambarnya kurang

29.    Paragraf resensi yang sempurna menurut data buku tersebut yaitu …
A.      Tujuan penulis buku ini ingin  membuat pembaca termotivasi beternak ikan nila. Siapa pun yang membaca buku ini akan termotivasi lantaran buku ini juga dilengkapi ilustrasi gambar. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan PT Swadaya ini perlu dibaca oleh setiap pelajar. Meskipun kalimatnya pendek-pendek, tidak menjadi masalah. Hal ini lantaran dukungan gambar dengan ilustrasi jelas.

B.      Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku karangan Sahar Erizal ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca. Meskipun begitu, buku ini laku di pasaran lantaran banyak yang memerlukan.

C.      Buku yang berjudul Budidaya Ikan Nila ini isinya memotivasi pembaca untuk membudidayakan ikan nila. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan oleh PT Swadaya ini ditulis menurut pengalaman pribadi. Meskipun ilustrasi gambar kurang, tetapi bahasa yang dipakai lugas. Oleh lantaran itu, pembaca tidak terganggu memahami isinya. Apalagi kalimat yang dipakai pendek-pendek.

D.      Buku secara garis besar menjelaskan bagaimana membudidayakan ikan nila. Buku ini disarankan dibaca oleh mereka yang ingin beternak ikan nila. Selain itu, buku ini dilengkapi ilustrasi gambar. PT Swadaya yang berhasil menerbitkan buku ini sungguh beruntung. Para peminat ikan nila tentu akan merasa terbantu dengan adanya buku ini. Oleh lantaran itu, buku ini layak dibaca.


Bacalah kutipan surat pribadi berikut!

Text Box: Sahabatku Linda, [...] Sekali lagi maafkan aku,ya lantaran gres sempat membalas suratmu. Linda, hampir sebulan tangan kananku sakit lantaran terkilir dikala bermain voli. Itu sebabnya saya tidak bisa membalas pribadi surat darimu. Alhamdulillah, kini tanganku sudah sembuh. Linda, sekalian kusampaikan padamu,  liburan mendatang akan berjalan- jalan ke Bali. Kamu pesan buah tangan apa? Bilang saja, ya nanti saya akan belikan khusus untukmu sahabat baikku.   









30.    Bagian pembuka yang sempurna untuk melengkapi surat tersebut yaitu ...
  1. Maaf gres membalas suratmu.
  2. Apa kabar? Semoga baik, ya.
  3. Jangan bosan kirim surat padaku!
  4. Semoga kita sanggup bertemu kembali.
Perhatikan kutipan surat berikut!
Pengurus OSIS Sekolah Menengah Pertama ALHIDAYAH mengharapkan kehadiran para anggota dalam rapat yang akan dilaksanakan pada:
hari,tanggal          : Rabu, 13 Maret 2015
waktu                     : 13.00 s.d. 15.00
tempat                     : Ruang Aula Sekolah Menengah Pertama Alhidayah
acara                       : Sosialisasi aktivitas OSIS
…………………………………..
31.    Kalimat yang sempurna untuk menutup surat tersebut yaitu …
  1. Mohon maaf permintaan ini kami sampaikan. Atas kehadirannya kami ucapkan banyak terima kasih.
  2. Demikian permintaan ini kami sampaikan. Atas kesediaannya kami haturkan terima kasih.
  3. Demikian permintaan ini kami sampaikan. Atas kerelaannya kami ucapkan banyak terimakasih.
  4. Demikian permintaan ini kami sampaikan. Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Perhatikan kutipan surat pembaca berikut!
Melalui lembaga surat pembaca ini saya ingin memberikan ucapan terima kasih kepada Bapak Rusdan.. [………………………..] Beliau telah menyelamatkan saya. Semoga amal Bapak Rusdan. menerima tanggapan dari Allah SWT. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih.


 
 





32.    Kalimat yang sempurna untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut yaitu ....
A.         Saya senang sanggup membantu orang yang menerima kesulitan.
B.         Saat itu, saya terjatuh dari sepeda lantaran keserempet kendaraan beroda empat angkot.*
C.         Saat itu, Pak Rusdan,  memerlukan pertolongan lantaran jatuh dari motor.
D.         Saya berharap, yang menemukan dompet saya mau mengembalikan.



Perhatikan ilustrasi berikut !
Sejak penerimaan siswa gres di Sekolah Menengah Pertama Darussalam, suasana tempat parkir di halaman sekolah dipadati kendaraan sepeda motor maupun mobil. Tidak ada larangan bagi siswa pembawa sepeda motor oleh sekolah. Hal ini menjadikan siswa Sekolah Menengah Pertama Darussalam rata-rata membawa motornya ke sekolah. Hal itu sangat mengganggu perjalanan menuju ruang kelas.

33.    Surat pembaca yang sempurna menurut ilustrasi tersebut yaitu …
  1. Setidaknya semenjak awal, pihak sekolah menciptakan peraturan larangan membawa sepeda motor ke sekolah bagi siswa.
  2. Kami minta pihak berwajib menindak tegas siswa yang memakai sepeda motor lantaran mereka belum cukup umur.
  3. Kami minta pihak sekolah membicarakan hal ini semoga tidak terjadi penumpukan kendaraan di halaman sekolah. Apalagi, usia anak Sekolah Menengah Pertama bekerjsama belum boleh mengendarai sepeda motor.
  4. Setidaknya pihak sekolah menyediakan tempat parkir di tempat lain yang lebih layak dan perlu adanya penjagaan kendaraan di tempat parkir semoga terhindar dari ancaman pencurian.
Jakarta identik dengan kemacetan kemudian lintas. Jika kemudian lintas tidak macet, itu bukan Jakarta namanya. Menghabiskan waktu satu dua jam untuk berangkat kerja dan pulang ke rumah itu yaitu tantangan yang sehari-hari dihadapi oleh warga Jakarta.
Kita harus mengurai lantaran kemacetan kemudian lintas di Jakarta. Keinginan untuk mengurai kemacetan itu bukan tidak ada. Hanya kita belum tahu dari mana harus memulainya. Persoalannya, macet di Jakarta itu bukan hanya lantaran pertambahan jumlah kendaraan bermotor. Tetapi juga lantaran tidak seimbang dengan pertambahan panjang ruas jalan dan masih ada banyak faktor yang tumpang tindih.
 
Bacalah bacaan berikut!






34.    Rangkuman dari bacaan tersebut yaitu ...
A.         Jika tidak macet, itu bukan Jakarta namanya.
B.         Kemacetan kemudian lintas di Jakarta harus diurai penyebabnya.
C.         Keseimbanganya jumlah kendaraan dengan panjang ruas jalan.
D.       Kemacetan di Jakarta sudah sulit untuk dicari apa penyebabnya.

Perhatikan ilustrasi berikut!
Kebakaran rumah terjadi di Jalan Sunan Bonang No. 16 Dompu. Tidak ada korban jiwa lantaran rumah kosong. Kejadian itu pada pukul 00.15, Jumat, 30 Desember 2015. Penyebab kebakaran masih diselidiki.

 
 




35.    Paragraf teks gosip yang sesuai ilustrasi tersebut yaitu ...
A.    Jumat, 30 Desember 2015 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi tragedi alam kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Dompu. Tidak ada korban jiwa lantaran rumah kosong. Polisi sedang menyelidiki penyebab tragedi alam kebakaran tersebut.
B.    Jumat, 30 Desember 2015 tepatnya pukul 12.15 telah terjadi tragedi alam kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Dompu. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Tidak ada korban jiwa lantaran rumah kosong.
C.    Jumat, 30 Desember 2015 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi tragedi alam kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Dompu. Penyebab kebakaran diduga kompor meledak. Tidak ada korban jiwa lantaran rumah kosong.
D.    Jumat, 30 Desember 2015 tepatnya pukul 00.15 telah terjadi tragedi alam kebakaran di Jalan Sunan Bonang No. 16, Dompu. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Ada dua korban jiwa yang tidak tertolong.

Perhatikan ilustrasi berikut!
Rounded Rectangle: OSIS Sekolah Menengah Pertama Ar-Risalah mengadakan Lomba Tahfiz Al-Qur’an. Tujuannya ingin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan  terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
 




36.    Slogan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut yaitu ...
A.         Lomba Tahfiz Al-Qur’an tingkatkan rasa kesenian.
B.         Dengan Lomba Tahfiz Al-Qur’an, kita tingkatkan iman dan ketaqwaan.
C.        Dengan lomba Tahfiz Al-Qur’an kenalkan budaya daerah.
D.        Lomba Tahfiz Al-Qur’an pertebal rasa budaya kebangsaan.
Bacalah ilustrasi berikut!
Sebuah rumah akan dijual dengan data sebagai berikut.
 




Perhatikan kutipan berikut!
Resep Obat Gatal untuk Diminum
1.          Kupas, cuci, dan parut kunyit.
2.          Rebus semua materi dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas.
3.          Saring semua ramuan tersebut.
4.          [ …]
5.          Lakukan selama 3 minggu.
40.    Isian yang sempurna untuk melengkapi resep tersebut yaitu …
A.         Basuhlah sisa air tersebut ke seluruh badan.
B.         Minumlah ramuan 3 kali sehari setelah makan.
C.         Siramlah ke cuilan tubuh yang terasa gatal.
D.         Gunakan kain sebagai kompres di tempat yang gatal
Rounded Rectangle: Petunjuk menciptakan keripik singkong:  1) Tiriskan singkong yang sudah dicuci tersebut.  2) Irisan singkong yang sudah dicampur bumbu masukkan dalam minyak goreng yang sudah panas.  3) Irisan singkong  dicampur dengan bumbu yang sudah disiapkan. 4) Kupas dan basuh higienis singkong. 5) Iris tipis-tipis singkong.  Perhatikan petunjuk berikut!








41.    Susunan petunjuk yang sempurna menurut kalimat-kalimat tersebut adalah…
A.         (4), (5), (3), (2), (1)
B.         (4), (1), (5), (3), (2)
C.         (5), (4), (1), (3), (2)
D.         (5), (1), (3), (2), (4)
Perhatikan urutan sapaan pada pembuka pidato berikut!
Folded Corner: Yang terhormat bapak Kepala Sekolah Menengah Pertama Pelangi Yang saya hormati ibu Wakil Kepala Sekolah Menengah Pertama Pelangi
 


42. Perbaikan penggunaan sapaan dalam ilustrasi tersebut yaitu ....
A.         Yang saya paling hormati Bapak Kepala Sekolah Menengah Pertama Pelangi
Yang saya hormati Ibu Wakil Kepala Sekolah Menengah Pertama Pelangi
B.         Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah Menengah Pertama Pelangi
Yang terhormat Wakil Kepala Sekolah Menengah Pertama Pelangi
C.        Yang terhormat Kepala Sekolah Menengah Pertama Pelangi
Yang saya hormati Wakil Kepala Sekolah Menengah Pertama Pelangi
D.        Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah Menengah Pertama Pelangi
Yang saya hormati Ibu Wakil Sekolah Menengah Pertama Pelangi

Perhatikan ilustrasi berikut!
Rina mewakili teman-teman kelas IX menerima giliran memberikan pidato pada aktivitas perpisahan purna studi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pringgasela.

43.    Paragraf isi pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut yaitu …
A.         Bapak-Ibu Guru yang kami hormati dan adik-adik yang kami banggakan. Pada kesempatan ini, kami ucapkan terima kasih kepada Bapak-Ibu Guru dan adik-adik yang telah menyelenggarakan perpisahan yang tentunya telah banyak mengorbankan waktu dan tenaga.
B.         Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan perpisahan ini. Semoga kita sanggup sukses dalam acara-acara lain dalam penyelenggaraan kepanitiaan.
C.        Pada kesempatan yang baik  ini, saya atas nama teman-teman kelas IX mengucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru yang telah membimbing kami menuntaskan jenjang pendidikan di sekolah ini.
D.        Perjalanan kami masih panjang. Oleh lantaran itu, kami mohon maaf apabila dalam penyampaian pidato ini ada hal-hal yang kurang berkenan di hati Bapak dan Ibu Guru. Semoga kami sanggup sukses pula pada pendidikan berikutnya.
Perhatikan tema karya tulis berikut
yang selalu diberi rahmat dan karunianya Soal-Soal Pilihan Ganda Ulangan Bahasa Indonesia SMP/MTs Part 2
 



44.    Rumusan duduk masalah yang sempurna dalam karya tulis sesuai dengan tema tersebut yaitu …..
  1. Kapan minat dan motivasi membaca sanggup dilakukan ?
  2. Mengapa minat dan motivasi membaca perlu ditumbuhkan?
  3. Bagaimana menumbuhkan minat dan motivasi membaca siswa ?
  4. Di mana siswa sanggup menumbuhkan minat dan motivasi membaca ?
Bacalah final karya ilmiah berikut
Text Box: Berdasarkan hasil penelitian sanggup disimpulkan bahwa rendahnya minat baca siswa disebabkan kurang bervariasinya jenis buku yang ada dan kurang efektifnya layanan manajemen yang ada di perpustakaan sekolah   



45. Saran yang sempurna menurut final karya ilmiah tersebut yaitu …
  1. Perpustakaan  sekolah  hendaknya  menambah  variasi  jenis  buku  dan  petugas  layanan  administrasi. 
  2. Perpustakaan  sekolah  hendaknya  menambah  variasi  jenis  buku  yang  ada  dan mengefektifkan layanan administrasi.
  3. Perpustakaan  sekolah  hendaknya  menambah  variasi  jenis  buku  yang  ada  dan meningkatkan layanan administrasi.
  4. Perpustakaan sekolah hendaknya menambah variasi jenis buku yang ada da meningkatkan kemampuan petugas administrasi.

Perhatikan ilustrasi berikut
        Dalam penulisan karya ilmiahnya, Amir memakai dua buku sebagai rujukan pokoknya yaitu buku Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia karangan Hasan Alwi yang terbit tahun 1998 dan diterbitkan oleh penerbit Balai Pustaka Jakarta. Buku kedua yaitu buku karangan Gorys Keraf yang berjudul Argumentasi dan Narasi yang diterbitkan oleh Gramdeia Pustaka Ilmu Jakarta tahun 2007
46.    Penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan kaidah yaitu ...
  1. Hasan Alwi. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Gorys  Keraf. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
  1. Hasan Alwi. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gorys Keraf.2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  1. Alwi, Hasan. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
  1. Alwi, Hasan.1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.  
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

yang selalu diberi rahmat dan karunianya Soal-Soal Pilihan Ganda Ulangan Bahasa Indonesia SMP/MTs Part 2 


47.    Perbaikan kalimat yang tidak efektif tersebut yaitu …..
A.       Sejak dahulu kita diajari  agar saling menyayangi sesama warga.
B.       Sejak dahulu kala kita diajari semoga saling kasih-mengasihi sesama warga.
C.      Sejak dahulu kita diajarkan semoga saling kasih-mengasihi sesama warga.
D.      Sejak dahulu kita diajari semoga saling kasih-mengasihi sesama warga masyarakat.
Perhatikan pantun yang rumpang berikut ini !
 











Perhatikan kutipan puisi berikut !

                Tuhan
Mungkin kami yang salah
Perlakukan alam semena-mena
( ……………………)
meluluhlantakkan semua

49.    Larik bermajas yang sempurna untuk melengkapi cuilan yang rumpang dari puisi di atas adalah….
  1. Bencana alam tiba melanda
  2. Hingga alam tumpahkan murka
  3. Gunung meletus keluarkan lahar
  4. Tak bersyukur atas nikmat-Mu.

Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!

Regina    : Hallo..
Rizal        : Ya, hallo. Bisa bicara dengan Regina?
Regina    : Ya, saya sendiri.
 Rizal        : Hei, Regina. Ini saya Rizal. Nanti sore saya mau ke  rumahmu. Boleh
                           nggak?
Regina    :      [...]
Rizal        : Boleh nggak saya temani?
Regina    : Sebenarnya, sih saya tak keberatan. Tapi, saya diantar ayahku. Lain kali
                   aja,ya!
 
Kalimat yang tepat  untuk melanjutkan obrolan tersebut yaitu ...  
A.         Sory, ya. Sore ini saya mau ke toko buku.
B.         Oh, ya silakan aja, asal bawa makanan.
C.        Boleh, asal kau membawa teman
  1. Tidak boleh.  Ayah tidak mengizinkan ada tamu khusus hari ini.

Sumber http://abidtinfaz.blogspot.com

0 Response to "Soal-Soal Pilihan Ganda Ulangan Bahasa Indonesia Smp/Mts Part 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel