iklan banner

Internet - Pengertian, Definisi, Fungsi, Macam Dan Dampak

Baiklah teman softilmu, kali ini kita akan membahas mengenai Internet. Internet niscaya sudah sering teman dengar dan nikmati dalam kehidupan sehari-hari, namun kali ini kita akan mengupasnya sedikit lebih dalam. Langsung saja disimak penjelasannya di bawah ini.

A.                 Pengertian Internet
Internet merupakan akronim dari Interconnected Network. Internet merupakan suatu jaringan computer yang terhubung dengan memakai suatu sistem standar global transmission control protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protocol pertukaran paket yang dipakai milyaran umat insan di dunia.

 Internet niscaya sudah sering teman dengar dan nikmati dalam kehidupan sehari Internet - Pengertian, Definisi, Fungsi, Macam dan Dampak

Jika dilihat dari segi , internet mempunyai arti sebagai sebuah perpustakaan besar yang mempunyai milyaran gosip atau data dalam bentuk teks, grafik, audio, animasi dsb.

B.                  Fungsi Internet
Pada zaman sekarang, internet sangat diharapkan oleh aneka macam kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan internet mempunyai fungsi yang bermacam-macam yaitu sebagai media komunikasi, jalan masuk informasi, mengembangkan data atau sumber daya. Secara sederhana sanggup disimpulkan bahwa internet sanggup mengembangkan dan mengakses suatu data atau gosip dari seluruh dunia tanpa ada batasan wilayah geografis dari penggunanya.

Selain dari fungsi yang telah disebutkan di atas, internet mempunyai fungsi lainnya yaitu:
1.                  Menambah wawasan/pengetahuan.
Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa kita pernah diberikan kiprah atau PR oleh Guru atau Dosen. Untuk mempermudah dalam menuntaskan kiprah tersebut, pastinya membutuhkan referensi. Kita sanggup mengakses ribuan bahkan milyaran rujukan dari Internet untuk memudahkan dalam mengerjakan PR atau tugas. Hanya dengan mengetik kata kunci di mesin pencarian kita sanggup mengakses rujukan tersebut.

2.                  Sarana Komunikasi
Perkembangan internet yang melejit menimbulkan komunikasi antar individu layaknya tanpa hambatan. Komunikasi menjadi gampang dan cepat. Selain itu kita juga sanggup berkomunikasi dengan orang luar negeri sekalipun dengan biaya yang terjangkau. Contohnya yaitu, menyerupai media social Facebook yang umumnya dipakai pengguna Internet sebagai sarana komunikasi.

3.                  Belanja (Online Shop)
Meledaknya pengguna internet, maka meledak pula orang-orang yang ingin berbelanja di Internet. Kemudahan dari berbelanja di Internet yaitu kita tidak harus keluar rumah untuk membeli barang yang dibutuhkan.

4.                  Sarana Hiburan
Internet juga sanggup berperan sebagai sarana hiburan untuk membunuh kebosanan. Dengan adanya Internet kita sanggup mengakses game online, streaming video dan game online.

5.                  Mencari Lowongan Kerja
Karena internet merupakan sumber informasi, maka sumber gosip untuk Lowongan kerja bukanlah suatu hal yang gres di zaman modern ini. Internet telah menjadi wadah bagi lulusan sarjana untuk mencari lowongan pekerjaan dengan gampang dengan tersedianya situs-situs pencarian kerja.

6.                  Internet dalam Dunia Bisnis
Internet dan Dunia Bisnis mempunyai kekerabatan yang erat. Contohnya yaitu Belanja Online. Merebaknya pengguna internet mengakibatkan merebaknya pula toko-toko online di Internet.

C.                  Macam Jaringan Internet
1.                  Berdasarkan Jangkauan Geografis
a.                  LAN (Local Area Network)
Jaringan LAN merupakan jaringan yang hanya meliputi tempat kecil saja. Contohnya yaitu, sekolah, kampus, kantor. Wilayah cakupan dari LAN tidak lebih dari 1km.

b.                  MAN (Metropolitan Area Network)
Merupakan suatu jaringan yang meliputi wilayah perkotaan dan dibekali transfer data yang tinggi. Jangkauan dari jaringan MAN yaitu berkisar 10-50 km.

c.                   WAN (Wide Area Network)
Merupakan suatu jaringan yang meliputi area yang luas. Area tersebut yaitu suatu Negara bahkan Benua. Umumnya dipakai pada jaringan local yang luas, sehingga pengguna sanggup berkomunikasi walaupun berbeda daerah.

2.                  Berdasarkan Distribusi sumber
a.                  Jaringan Terpusat
Merupakan suatu jaringan yang terdiri atas computer klien dan computer server. Komputer klient mempunyai fungsi sebagai mediator dalam mengakses gosip dari computer server.

b.                  Jaringan terdistribusi
Merupakan suatu perpaduan jaringan terpusat yang memungkinkan computer klient dam computer server sanggup terhubung dan membentuk suatu sistem baru.

3.                  Berdasarkan Media Transmisi Data
a.                  Jaringan Berkabel
Media transmisi data yang dipakai yaitu kabel. Kabel tsb dipakai untuk menghubungkan satu computer dengan computer lainnya biar sanggup bertukar gosip dan terhubung dengan internet.

b.                  Jaringan Nirkabel
Jaringan ini tidak memakai kabel untuk mengembangkan data, akan tetapi memakai gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi untuk mengirimkan gosip atau data antara computer yang satu dengan computer lainnya.

4.                  Berdasarkan kiprah dan kekerabatan tiap computer dalam memproses data
a.                  Jaringan klien-server.
Terdiri atas computer klien dan computer server. Computer server mempunyai fungsi untuk menyediakan gosip sedangkan computer klien hanya sanggup mengakses dan memakai gosip tersebut.

b.                  Jaringan peer to peer.
Prinsip dari jaringan ini yaitu computer server dan computer klien mempunyai kedudukan yang sama. Artinya, computer server sanggup menjadi computer klien begitupun dengan computer klien sanggup menjadi computer server.

D.                 Dampak Positif Internet
Pada zaman sekarang, insan sangat bergantung pada Internet. Kemudahan dalam mengakses informasi, sebagai media pembelajaran serta media komunikasi. Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi utama dari Internet. Sifatnya yang murah, gampang dan cepat menimbulkan internet primadona untuk berkomunikasi dengan individu dalam negeri bahkan di luar negeri. Selain itu, internet juga sanggup dipakai sebagai media pembelajaran bagi para pencari ilmu. Berbagai gosip yang disediakan oleh Internet menimbulkan pelajar dan mahasiswa tidak harus membawa buku yang tebal dan juga sanggup menghemat penggunaan kertas.

E.                  Dampak Negatif Internet
Selain mempunyai efek positif, internet juga mempunyai efek negatifnya. Dampak negative dari internet yaitu:

1.                  Cybercrime
Merupakan suatu kejahatan yang dilakukan seseorang dengan sarana internet. Bentuk dari cybercrime yaitu Hacking dan Cracking.

2.                  Pornografi
Karena mudahnya dalam mengakses gosip dari internet, mengakibatkan situs-situs p0rn*grafi pun merajalela. Situs p0rn*grafi ini dengan mudahnya sanggup diakses oleh pengguna internet. Hal ini mengakibatkan pengguna yang mengakses situs tsb sanggup melaksanakan tindakan criminal kepada orang lain.

3.                  Penipuan
Merebaknya toko-toko online di Internet menimbulkan internet sebagai sarang penipuan. Tidak sedikit orang yang ditipu akhir berbelanja di dunia maya. Hal ini sanggup dicegah dengan berhati-hati dalam menentukan toko-toko online.

4.                  Perjodian
Dengan adanya internet, para penjodi tidak harus mengunjungi suatu tempat untuk memenuhi keinginannya. Hanya bermodalkan laptop dan internet mereka sanggup melaksanakan perjodian secara online.

5.                  Hilangnya sifat social

Akibat merebaknya media social di Internet menyerupai Facebook, Twitter, Instagram, Path dsb menimbulkan pengguna internet menjadi malas untuk berkomunikasi dengan lingkungannya. Hal ini berdampak jelek bagi si pengguna, alasannya yakni sanggup menciptakan keterbatasan dalam kekerabatan sosial. 

Sumber http://softilmu.blogspot.com

0 Response to "Internet - Pengertian, Definisi, Fungsi, Macam Dan Dampak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel