iklan banner

Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsi Sistem Organ Pada Insan Dan Hewan

Pengertian,  Macam-Macam, dan Fungsi Sistem Organ Pada Manusia dan Hewan – Beberapa organ didalam badan makhluk hidup multiseluler bekerja sama untuk menjalankan suatu fungsi tertentu untuk membentuk sistem organ. Didalam badan organ-organ akan bekerja sama dengan satu sama lainnya. Tanpa ada nya suatu kerjasama dengan sistem organ lain nya suatu proses dalam badan tidak akan terjadi.


 dan Fungsi Sistem Organ Pada Manusia dan Hewan Pengertian,  Macam-Macam, dan Fungsi Sistem Organ Pada Manusia dan Hewan


Pengertian Sistem Organ


Sistem organ merupakan suatu komponen yang tidak terpisahkan dalam sistem. Organ-organ bergabung menjalankan fungsi fisiologis tertentu untuk tujuan yang sama dalam suatu sistem organ. Contohnya jantung berfungsi untuk mengedarkan darah, jantung tidak akan sanggup bekerja/berfungsi tanpa adanya organ lain menyerupai pembuluh darah. Begitu juga sebaliknya pembuluh darah tidak akan sanggup bekerja tanpa adanya jantung.



Macam-Macam Sistem Organ dan Fungsinya


1. Sistem Organ Pernafasan

Sistem pernafasan terdiri atas hidung, trakea, bronkus, dan paru-paru. Sistem organ pernafasan mempunyai Fungsi yaitu mendapatkan O2 dan mengeluarkan CO2 untuk memperoleh energi dengan menyerdahanakan senyawa organik.



2. Sistem Organ Peredaran Darah

Sistem peredaran darah terdiri atas 1. jantung, 2. darah, 3. pembuluh darah arteri, 4. vena, 5. pembuluh limfa, dan 6. kelenjar limfa serta 7. cairan limfa. Sistem peredaran darah mempunyai suatu fungsi yaitu untuk mengangkut sari-sari makanan dari usus halus ke seluruh tubuh.



3. Sisterm Organ Pencernaan

Sistem pencernaan terdiri atas rongga verbal (didalamnya terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah), akses pencernaan (dimulai dari kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus), kelenjar pencernaan, hati, dan pankreas. Sistem pencernaan mempunyai suatu fungsi yaitu untuk mencerna makanan supaya sanggup diserap tubuh.



4. Sitem Organ Otot

Sistem otot tersusun atas otot rangka (sebagai alat gerak aktif alasannya yakni menggerakan tulang), otot polos (terdapat pada organ-organ tertentu menyerupai lambung), dan otot jantung. Sistem otot berfungsi sebagai untuk memilih postur tubuh, sebagai alat gerak, dan menyimpan glikogen.



5. Sistem Organ Saraf

Sistem saraf terdiri atas sistem saraf pusat, yaitu otak besar, batang otak, otak kecil, dan sumsum tulang belakang. Sedangkan saraf terdiri atas 12 pasang saraf otak dan 31 pasang saraf punggung. Saraf tepi ini mempunyai hubungan dengan alat-alat indera. Sistem saraf ini mempunyai suatu fungsi untuk mendapatkan dan merespon rangsang dari luar.



6. Sistem Organ Reproduksi

Sistem reporduksi pada jantan terdiri atas yaitu, t3st1s, vas deferens, duktus epididimis, kelenjar prostat, dan ureta. Sedangkan, sistem reporduksi betina terdiri atas indung telur, rahim, oviduk, dan v@gin@. Sistem reproduksi ini mempunyai suatu fungsi yaitu sebagai alat perkembangbiakan.



Itulah ulasan perihal Pengertian,  Macam-Macam, dan Fungsi Sistem Organ Pada Manusia dan Hewan. Semoga bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.







Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsi Sistem Organ Pada Insan Dan Hewan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel