iklan banner

✔ Pendidikan Anti Korupsi Untuk Perguruan Tinggi Tinggi

Korupsi yang terjadi di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan dan berdampak jelek luar biasa pada hampir seluruh sendi kehidupan.

Korupsi telah menghancurkan sistem perekonomian, sistem demokrasi, sistem politik, sistem hukum, sistem pemerintahan, dan tatanan sosial kemasyarakatan di negeri ini.

Di lain pihak upaya pemberantasan korupsi yang telah dilakukan selama ini belum memperlihatkan hasil yang optimal. Korupsi dalam banyak sekali tingkatan tetap saja banyak terjadi seakan-akan telah menjadi potongan dari kehidupan kita yang bahkan sudah dianggap sebagai hal yang biasa.

Jika kondisi ini tetap kita biarkan berlangsung maka cepat atau lambat korupsi akan menghancurkan negeri ini. Korupsi harus dipandang sebagai kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang oleh alasannya yakni itu memerlukan upaya luar biasa pula untuk memberantasnya.
Upaya pemberantasan korupsi – yang terdiri dari dua potongan besar, yaitu (1) penindakan, dan (2) pencegahan –tidak akan pernah berhasil optimal jikalau hanya dilakukan oleh pemerintah saja tanpa melibatkan tugas serta masyarakat. Oleh alasannya yakni itu tidaklah berlebihan jikalau mahasiswa –sebagai salah satu potongan penting dari masyarakat yang merupakan pewaris masa depan– dibutuhkan sanggup terlibat aktif dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Keterlibatan mahasiswa dalam upaya pemberantasan korupsi tentu tidak pada upaya penindakan yang merupakan kewenangan institusi penegak hukum.

Peran aktif mahasiswa dibutuhkan lebih difokuskan pada upaya pencegahan korupsi dengan ikut membangun budaya anti korupsi di masyarakat. Mahasiswa dibutuhkan sanggup berperan sebagai distributor perubahan dan motor penggagas gerakan anti korupsi di masyarakat. Untuk sanggup berperan aktif mahasiswa perlu dibekali dengan pengetahuan yang cukup wacana seluk beluk korupsi dan pemberantasannya. Yang tidak kalah penting, untuk sanggup berperan aktif mahasiswa harus sanggup memahami dan menerapkan nilai-nilai anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari.
Upaya pembekalan mahasiswa sanggup ditempuh dengan banyak sekali cara antara lain melalui acara sosialisasi, kampanye, seminar atau perkuliahan. Untuk keperluan perkuliahan dipandang perlu untuk menciptakan sebuah Buku Ajar yang berisikan materi dasar mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi bagi mahasiswa. Pendidikan Anti Korupsi bagi mahasiswa bertujuan untuk memperlihatkan pengetahuan yang cukup wacana seluk beluk korupsi dan pemberantasannya serta menanamkan nilai-nilai anti korupsi.

Tujuan jangka panjangnya yakni menumbuhkan budaya anti korupsi di kalangan mahasiswa dan mendorong mahasiswa untuk sanggup berperan serta aktif dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.
Pendidikan Anti Korupsi bagi mahasiswa bertujuan untuk memperlihatkan pengetahuan yang cukup wacana seluk beluk korupsi dan pemberantasannya serta menanamkan nilai-nilai anti korupsi.
Buku Ajar Pendidikan Anti Korupsi ini berisikan materi asuh dasar yang sanggup dikembangkan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Perguruan Tinggi dan Program Studi masing-masing. Bahan asuh dasar yang dituliskan dalam buku ini terdiri dari delapan bab, yaitu:
  1. Pengertian Korupsi,
  2. Faktor Penyebab Korupsi,
  3. Dampak Masif Korupsi,
  4. Nilai dan Prinsip Anti Korupsi,
  5. Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia,
  6. Gerakan, Kerjasama dan Instrumen Internasional Pencegahan Korupsi,
  7. Tindak Pidana Korupsi dalam Peraturan Perundang-undangan, dan
  8. Peranan Mahasiswa dalam Gerakan Anti Korupsi. Disamping delapan potongan yang berisikan materi asuh dasar, buku ini juga dilengkapi dengan panduan pembelajaran yang berjudul Model Pembelajaran Matakuliah Anti Korupsi yang dituliskan dalam potongan I, untuk memudahkan pengajaran Pendidikan Anti Korupsi.
Untuk lebih lengkapnya, Buku Pedoman Pendidikan Anti Korupsi yang diterbitkan oleh DIKTI sanggup di unduh pada tautan [di sini]

------
Sumber: [Link website]

Sumber http://magister-pendidikan.blogspot.com

0 Response to "✔ Pendidikan Anti Korupsi Untuk Perguruan Tinggi Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel