iklan banner

✔ Mendikbud: Pendidik Wajib Baca Buku Ki Hajar Dewantara

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mewajibkan kalangan pendidik yang ada di Tanah Air untuk membaca buku yang ditulis Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara.

"Jika kita sering menyebut sistem pendidikan yang diterapkan di Finlandia hebat, jauh sebelum itu pada 1930 konsep yang diterapkan disana telah ditulis oleh Ki Hajar Dewantoro dalam bukunya," kata Anies di Jakarta, Senin.

Ia memberikan hal itu ketika bersilaturahim dengan sekitar 650 kepala dinas pendidikan provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia di Aula Ki Hajar Dewantara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Anies konsep pendidikan yang dijalankan di Finlandia sudah usang ditulis oleh Ki Hajar Dewantara, namun di Indonesia tidak dibaca, sementara di Finlandia malah dipraktikan.

"Kita semua melupakan apa yang ditulis Ki Hajar Dewantara, salah satunya pendidikan itu yakni sesuatu yang menyenangkan makanya forum pendidikannya diberi nama taman artinya daerah yang membahagiakan," kata dia.

Oleh alasannya itu bekerjsama kita tidak perlu mengadopsi konsep yang diterapkan Finlandia lantaran mereka mempraktikan apa yang telah ditulis oleh bapak pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara.

Anies lalu bertanya kepada sekitar 650 hadirin yang hadir siapa yang sudah membaca buku Ki hajar Dewantoro dan ternyata hanya satu orang saja yang mengacungkan tangan mengaku sudah membaca. Ia berencana akan menghubungi Taman Siswa untuk meminta biar buku Ki Hajar Dewantara di cetak ulang dan kalau tidak sanggup Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mencetaknya.

Anies menyampaikan begitu banyak hal yang sanggup diambil dalam buku itu untuk diterapkan guna memperbaiki kualitas pendidikan.

Kita sering memakai kata Tut Wuri Handayani (mendorong dan memotivasi dari belakang), "Ing Ngarso Sun Tulodo "(menjadi suri tauladan)," In Madyo Mbangun Karso" (berbaur dan berinovasi) namun dalam praktik keseharian dilupakan, kata dia. 

Oleh alasannya itu semua harus kembali mengakibatkan apa yang ditulis Ki Hajar Dewantara sebagai referensi dan wujud tanggung jawab selaku pendidik, katanya.

Anies menepis pandangan yang menyampaikan mengkultuskan buku tersebut, namun ia menyampaikan kalau tidak mengakibatkan buku itu sebagai referensi arah dunia pendidikan Indonesia hendak dibawa kemana.
.
.
.
.
Sumber: Antara

Sumber http://magister-pendidikan.blogspot.com

0 Response to "✔ Mendikbud: Pendidik Wajib Baca Buku Ki Hajar Dewantara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel