✔ Gambar Ilustrasi
Gambar gambaran yakni suatu karya seni rupa dua dimensi, yang berupa gambar tangan (manual), ataupun gambar dari hasil olah digital (dari komputer, atau fotografi) atau kombinasi dari keduanya manual dan digital, baik hitam putih maupun berwarna yang mempunyai fungsi sebagai penerang/penghias untuk memperjelas atau memperkuat arti atau memperbesar imbas dari suatu teks atau naskah/cerita yang menyertainya.
Gambar gambaran ada beberapa jenis yaitu gambaran untuk cerita, gambaran untuk ilmu pengetahuan, dan gambaran untuk sampul buku. Ilustrasi untuk dongeng dimaksudkan sebagai klarifikasi secara visual perihal isi suatu dongeng dan sanggup diklasifikasikan menjadi beberapa jenis yaitu gambaran dongeng pendek, gambaran dongeng komik dan gambaran dongeng fiksi atau khayalan. Untuk mengambar gambaran dongeng novel dan dongeng pendek, illustrator harus bisa mengambil cuilan yang menarik dan sanggup mewakili dongeng keseluruhan untuk dilustrasikan.
Ilustrasi untuk ilmu pengetahuan dimaksudkan untuk menawarkan citra secara visual perihal suatu bentuk atau suatu proses kejadian, menyerupai pertumbuhan mahluk dan proses produksi. Bagian yang diilustrasikan tentu cuilan yang sulit dibayangkan, sehingga dengan visualisasi orang akan sanggup lebih gampang memahami.
Ilustrasi sampul buku berfungsi menawarkan citra visual perihal isi dalam buku itu. Biasanya gambaran yang ditampilkan yakni cuilan yang paling menarik dari isi buku tersebut sehingga orang tertarik untuk melihat dan membacanya.
Ada beberapa langkah dalam menciptakan gambar ilustrasi, yaitu :
1) Gagasan
Gagasan bersumber dari materi yang akan diilustrsikan. Setelah ada gagasan, tentukanlah adegan apa yang akan digambar, siapa saja tokohnya, bagaimana suasananya, tentukan pula corak gambar dan media yang akan kau gunakan.
2) Sketsa
Proses menggambar yang paling awal yakni mengsket atau menciptakan rancangan gambar (sketsa) dengan memakai pensil warna atau pribadi memakai media yang akan dipakai.
Gagasan yang ada dituangkan bersamaan dengan proses mensket.3) Pewarnaan
Setelah sket di anggap selesai, kita sanggup mewarnai. Pewarnaan dalam menggambar verbal sanggup dilaksanakan dengan dua corak, yaitu corak realis da corak bukan realis (ekspresionisme, impresionisme, abstrakisme, dan lain-lain).
Pewarnaan corak realis harus sesuai dengan keadaan nyata. Sedangkan pewarnaan corak bukan realis lebih bebas atau tidak terikat oleh warna aslinya.
- Gambar Ilustrasi Manual
Ada beberapa teknik dalam menciptakan gambar ilustrasi, yaitu dengan cara gambar tangan (manual), dengan derma alat digital berupa foto dan komputer, atau kombinasi dari manual dan digital. Dibawah ini yakni beberapa teknik gambar gambaran yang dibuat secara manual.
1) Teknik Out line, yakni cara menggambar secara global, atau tidak detail dan hanya menggambar garis luarnya saja, sehingga terkesan datar, sebab tidak ada pengaturan gelap terang
2) Teknik arsir, yakni cara menggambar dengan memakai arsir atau unsur garis yang terputus-putus, yang digoreskan secara teratur dan berulang-ulang, garis-garis saling menumpuk, digunakan untuk mewujudkan imbas gelap terang, volume dan plastisitas.
3) Teknik blok, yakni cara menggambar dengan memanfaatkan warna secara blok, tanpa menerapkan gradasi dan transisi sehingga terasa datar, cuilan yang satu dengan yang lain pada suatu objek ditunjukkan dengan perbedaan warna.
4) Teknik scraperboard, yakni cara menggambar dengan menggoreskan bentuk-bentuk garis yang arahnya mengikuti volume obyek, garis-garis tidak saling menumpuk, tetapi dibuat saling sejajar, dan pada cuilan yang gelap dibuat lebih rapat, sedang pada cuilan yang terang garis dibuat agak renggang, sehingga dicapai plastisitas yang dikehendaki.
5) Teknik dot, yaitu cara mewujudkan gambar dengan menyusun titik-titik sehingga membentuk suatu obyek tertentu, kesan gelap dan terang ditentukan oleh jumlah titik dalam satu area, semakin banyak semakin kuat kesan gelap terang.
6) Teknik ukiran kering (dry brush), yakni cara menggambar dengan memanfaatkan tinta atau cat yang sengaja dibuat agak kering, sehingga warna-warna ketika digoreskan tidak merata, imbas ini juga digunakan untuk menciptakan tekstur, pada cuilan yang terang digoreskan warna-warna terang, sedang pada cuilan yang gelap digoreskan warna-warna yang renta dan berulang-ulang, sehingga tercapai plastisitas yang diinginkan.
7) Teknik half tone, yakni cara menggambar dengan memanfaatkan imbas transisi warna dari terang ke gelap, dengan memakai tinta atau cat yang dibuat agak encer, imbas transisi warna tersebut digunakan untuk mencapai plastisitas yang diinginkan
8) Teknik siluet, yakni cara menggambar dengan mewujudkan warna tunggal yang solid atau pekat, biasanya warna hitam tetapi tidak menutup kemungkinan memakai warna lain, gambar yang dihasilkan dengan teknik ini hanya berupa bentuk global dengan warna tunggal, objek seperti diambil dari posisi yang berlawanan dengan arah datangnya sinar, sehingga terkesan menyerupai bayangan.
2. Gambar Ilustrasi digital
Ilustrasi digital yakni ilmu yang mempelajari perihal bagaimana mengesplorasikan kemampuan kreatif kegiatan komputer untuk menciptakan seni visual berupa gambaran dan memperbaiki ilustrasi. Sebelum mempelajari kegiatan aplikasi komputer ini, kita perlu mengenal jenis gambar digital yang akan diolah. Ada dua macam gambar sanggup dihasilkan proses digital, yaitu gambar vektor dan gambar bitmap. Masing masing mempunyai karakteristik dan manfaat yang berbeda.
Gambar vektor yakni gambar yang tidak tergantung pada resolusi. Gambar jenis ini tidak akan mengalami perubahan pada ketika dibesarkan atau dikecilkan. Gambar vektor merupakan hasil garis, kurva dan bidang. Setiap unsur mempunyai fill dan stroke yang sanggup diedit sesuai kreasi. Program komputer yang digunakan antara lain corel Draw, adobe Illustrator dan Macromedia Freehand.
Gambar bitmap yakni gambar yang dibuat oleh sekumpulan titik yang disebut pixel (picture element). Titik-titik akan terlihat sebagai sebuah gambar utuh kalau kita melihatnya dari jauh. Bila kita melihat gambar tersebut dari bersahabat atau membesarkannya maka akan muncul sederetan kotak yang berhimpitan. Banyaknya titik akan kuat pada tingkat kejelasan gambar yang sering disebut dengan resolusi.
Pembuatan gambaran digital juga sanggup memakai foto, baik yang diedit terlebih dahulu memakai kegiatan komputer, maupun pribadi digunakan tanpa melalui proses editing. Untuk pembuatan gambaran memakai foto tanpa melalui proses editing, dibutuhkan pengaturan lingkungan untuk pembuatan foto tersebut, sehingga karenanya sesuai dengan yang diinginkan.
Gambar gambaran manual dan digital yakni gambar gambaran yang dibuat dengan cara memadukan antara teknik manual dan digital. Berikut ini beberapa tahapan untuk menciptakan gambar gambaran manual dan digital.
1) Membuat Sketsa
Dalam pembuatan ilustrasi, langkah awal yang harus dilakukan yakni menciptakan skema pada kertas putih, sesuai dengan konsep dan ide yang akandivisualisasikan. Sketsa sanggup dibuat dengan memakai pensil, spidol, atau alatgambar lain yang sanggup memunculkan warna. Setelah skema manual tamat dibuat langkah selanjutnya yakni discan dan disimpan kedalam hardisk komputer.
2) Menampilkan Sketsa Pada Komputer
Untuk memudahkan pekerjaan menggambar dengan komputer, skema yang sudahdiscan ditampilkan pada layar monitor untuk dijadikan pola gambar.
3) Menggambar digital dengan aplikasi pengolah gambar (macromedia flash, corel draw) Setelah gambar skema ada dilayar monitor, maka pembuatan skema digital dapatdimulai. Untuk yang sudah andal dengan kegiatan corel draw maka gambar sketsamanual bisa dijadikan acuan. Untuk yang belum andal maka gambar skema manualbisa dijadikan pola pembuatan skema digital.
4) Mewarna Ilustrasi
Setelah skema tamat dibuat memakai aplikasi komputer, selanjutnya yakni mewarnai gambar tersebut.
5) Membuat Detail Ilustrasi
Agar gambaran yang kita buat lebih tepat maka kita perlu mengolah lagi cuilan demi cuilan dari gambaran yang sudah diwarna.
0 Response to "✔ Gambar Ilustrasi"
Posting Komentar