iklan banner

✔ Dpr: Kemdikbud Masih Setengah Hati Memajukan Kualitas Pendidikan Indonesia

Magister-pendidikan. Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi X dewan perwakilan rakyat RI dengan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, dengan pembahasan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat 2012, penilaian pelaksanaan APBN 2013 dan APBNP 2013 kamis malam (29/8) membuktikan masih belum optimalnya realisasi anggaran Kemdikbud 2013 sampai tanggal 28 agustus 2013, hanya 39,43 %.

Surahman Hidayat anggota Komisi X dewan perwakilan rakyat RI dari Fraksi PKS, dalam keterangannya menyampaikan Kemdikbud masih setengah hati dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Ini terbukti belum optimalnya daya serap anggaran Kemdikbud.

Realisasi anggaran 2013 belum secara optimal tercapai, diantaranya disebabkan oleh lantaran proses perencanaan anggaran yang tidak matang dan ditenggarai ada problem teknis dalam mekanisme penetapan postur anggaran, hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah mata anggaran yang masih diblokir oleh Kementerian Keuangan sampai pertengahan tahun, hai inilah dijadikan alasan oleh pemerintah sebagai faktor penghambat program.

Selain itu kami juga  masih banyak ditemukan permasalahan di lapangan, yang membuktikan bahwa sistem pendidikan di Indonesia dalam kondisi yang memprihatinkan, termasuk di antaranya ialah kualitas integritas guru, mulai dari kedisiplinan, tanggung jawab mereka yang masih sangat rendah, sehingga berdampak pada rendahnya kualitas para anak didik.

Kurang disiplinnya para guru tersebut, Surahman  melanjutkan, secara tidak eksklusif menciptakan anak didik menjadi tidak bersemangat dalam mengikuti proses mencar ilmu di sekolah.

"Karenanya saya berharap kedepannya pemerintah dalam hal ini Kemdikbud harus benar-benar fokus dalam merencanakan dan melakukan sasaran kegiatan pendidikan semoga sempurna sasaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Kemdikbud harus menyusun postur anggaran pendidikan yang  aplicable tapi juga progresif yang melibatkan semua pihak, sehingga dengan demikian problem hambatan-hambatan pendidikan tidak terus berulang," terang Surahman. [parlementaria]

Sumber http://magister-pendidikan.blogspot.com

0 Response to "✔ Dpr: Kemdikbud Masih Setengah Hati Memajukan Kualitas Pendidikan Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel