iklan banner

√ Bunga : Pengertian, Fungsi, Bagian, Jenis Misalnya Lengkap

√ Bunga : Pengertian, Fungsi, Bagian, Jenis & Contohnya Lengkap


 


 


SeputarIlmu.Com – Bunga ?? Mendengar kata bunga niscaya akan terlintas dengan keharuman dan keindahan bunga, masuk akal apabila bunga banyak yag menyukai terutama para wanita, selain keharuman dan keindahan bunga, bunga juga melambangkan dengan rasa kasih sayang terhadap seseorang. Pada kesempatan kali ini seputarilmu.com akan membahas ihwal pengertian bunga, bagian-bagian bunga, ciri-ciri bunga, dan fungsi bunga. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut.


 


 Mendengar kata bunga niscaya akan terlintas dengan keharuman dan keindahan bunga √ Bunga : Pengertian, Fungsi, Bagian, Jenis  Contohnya Lengkap


 


Pengertian Bunga


Bunga (flos) ialah suatu organ pada tumbuhan yang mempunyai fungsi sebagai daerah terjadinya suatu perkembangbiakan generatif melalui suatu proses penyerbukan dan pembuahan. Bunga sesungguhnya merupakan ialah suatu modifikasi tunas batang atau tunas daun yang berwarna, bentuk, serta susunannya di sesuaikan dengan kepentingan tumbuhan itu sendiri. Modifikasi tersebutlah yang akan membentuk beberapa cuilan bunga yang masing-masing mempunyai fungsinyamasing-masing.


 




Bagian-Bagian Bunga


 


 Mendengar kata bunga niscaya akan terlintas dengan keharuman dan keindahan bunga √ Bunga : Pengertian, Fungsi, Bagian, Jenis  Contohnya Lengkap


 


1. Bagian tangkai induk bunga


Bagian tangkai induk bunga, berasal dari bahasa latin yaitu Rachis Pedunculus yang merupakan suatu cuilan awal dari sebuah bunga. Bagian tangkai induk bunga ini ialah suatu cabang kelanjutan dari sebuah batang atau ranting pohon dan tumbuhan untuk menuju bunga.


 


2. Bagian tangkai bunga


Tangkai bunga berasal dari bahasa latin yaitu pedicellus yang artinya suatu cuilan cabang terakhir antara tangkai induk bunga hingga suatu cuilan dasar bunga. Tangkai bunga ini yang sering kita jadikan sebagai cuilan bunga yang di petik dari pohonnya. Biasanya suatu bunga yang dijual sebagai hiasan dan juga koleksi akan mengikut sertakan cuilan tangkai bunga nya.


 


3. Bagian dasar bunga


Bagian dasar bunga atau dalam bahasa ilmiahnya yaitu receptacle yang artinya ialah suatu cuilan bunga yang menjadi cuilan dari ujung tangkai bunga, yang mempunyai fungsi sebagai daerah melekatnya suatu mahkota bunga.


 


4. Bagian daun pelindung


Bagian lain dari sebuah bunga ialah cuilan daun pelindung bunga. Bagian pelindung bunga ini berbeda dengan kelopak bunga, sebab cuilan yang sering dikenal dengan nama Brachtea ini ialah suatu daun terakhir yang merupakan lokasi tumbuhnya sebuah bunga. oleh sebab itu pada cuilan ketiak daun ini, sang bunga akan tumbuh dan berkembang.


 


5. Daun tangkai bunga


Brachteola atau yang sering kita kenal dengan daun tangkai bunga. daun tangkai bunga ialah suatu cuilan yang berupa daun yang mempunyai fungsi sebagai daun pelindung. Daun tangkai bunga ini tampak di luar bunga dan sanggup terlihat. Daun ini berada pada suatu cuilan pangkal dari suatu tangkai bunga.


 


6. Kelopak bunga


Kelopak bunga ialah salah satu cuilan yang sangat penting pada sebuah bunga. Bagian bunga yang berjulukan sepal ini ialah suatu cuilan bunga yang mempunyai bentuk kuncup ketika bunga belum mekar. kelopak bunga mempunyai fungsi untuk membantu dalam menjaga bunga yang belum mekar. Ketika sebuah bunga sudah mulai mekar, maka kelopak bunga akan ikut membuka, dan membiarkan sebuah bunga tersebut mekar. Ketika sebuah bunga sudah mekar sempurna, kelopak bunga akan membentuk menyerupai cuilan dasar dari sebuah bunga, dengan warna hijau daun.


 


7. Mahkota bunga


Corolla yang biasa sering kita kenal yaitu mahkota bunga. Mahkota bunga ialah salah satu cuilan bunga yang seringkali direpresentasikan sebagai bunga itu sendiri. karna mahkota bunga ialah suatu cuilan paling luar dari sebuah struktur keseluruhan bunga, yang biasanya mempunyai warna yang cerah dan juga menarik. Mahkota bunga juga mempunyai susunan dan juga bentuk yang berbeda – beda setiap bunga, sehingga menjadi salah satu indikator utama dari sebuah kecantikan dan juga keindahan dari suatu bunga.


 


8. Benang sari


Bagian stamen yang biasa disebut dengan benang sari. Stamen ialah suatu cuilan yang dikenal sebagai alat kelamin jantan pada sebuah bunga. Benang sari mempunyai fungsi untuk membantu suatu proses reproduksi dan juga perkembangbiakan pada sebuah bunga, sehingga sanggup menumbuhkan tumbuhan baru.


Benang sari terdiri atas tiga cuilan utama yaitu :



  • Antheral atau yang sering kita sebut dengan kepala sari

  • Polen atau yang sering kita sebut dengan serbuk sari

  • filament atau yang sering kita sebut dengan Tangkai sari


Bagian pendukung dari kepala sari :



  • Putik Bunga

  • Carpel


 




Jenis – Jenis Bunga


 


 Mendengar kata bunga niscaya akan terlintas dengan keharuman dan keindahan bunga √ Bunga : Pengertian, Fungsi, Bagian, Jenis  Contohnya Lengkap


 


1. Berdasarkan Kelengkapan Bagian Bunga


Berdasarkan kelengkapan cuilan bunga, yaitu suplemen bunga dan alat kelamin bunga. Jenis-Jenis bunga dibagi menjadi bunga lengkap dan bunga tak lengkap. menyerupai yang ada dibawah ini.


a. Bunga Lengkap


Bunga lengkap ialah suatu bunga yang mempunyai kelopak, mahkota, benang sari,dan putik. Bunga lengkap mempunyai dua macam alat kelamin,oleh sebab itu disebut dengan bunga berkelamin ganda (hermafrodit). Akan tetapi pada bunga berkelamin ganda atau berkelamin lengkap belum tentu merupakan sebuah bunga lengkap. Contohnya yaitu bunga sepatu, tembakau, mawar, melati, dan terung


b. Bunga Tidak Lengkap


Bunga disebut bunga tidak lengkap kalau tidak mempunyai salah satu atau beberapa cuilan bunga baik suplemen maupun alat kelamin bunga. Bunga tidak lengkap dibedakan menjadi dua kelompok yaitu



  • Perhiasan Bunga Tidak Lengkap, suplemen bunga tidak lengkap yaitu yang tidak mempunyai mahkota atau kelompak. Bunga yang yang tidak mempunyai suplemen bunga disebut dengan bunga telanjang. Contohnya bunga rambutan, bunga kelapa, dan jepung bali

  • Alat Kelamin Tidak Lengkap, alat kelamin tidak lengkap ialah sebuah bunga yang hanya mempunyai salah satu alat kelamin yang disebut dengan bunga berkelamin tunggal. bunga berkelamin tunggal terdiri dari bunga jantan dan bunga betina. Contohnya bunga mentimun dan bunga salak. Atau kalau bunga tidak mempunyai alat kelamin disebut dengan bunga mandul (bunga tidak berkelamin),contohnya pada bunga pita dan pada bunga matahari.


 


2. Berdasarkan Kelengkapan Alat Kelamin


Dilihat dari kelengkapan alat kelaminnya, bunga dibedakan menjadi 2 yaitu bunga tepat dan bunga tidak sempurna.



  • Bunga Sempurna, bunga tepat ialah kalau mempunyai dua macam alat kelamin, yaitu benang sari dan putik. Perhiasan bunga nya berupa kelopak dan mahkota bunga tidak selalu harum ada pada bunga sempurna. contohnya : bunga mawar, alamanda, kamboja, matahari

  • Bunga Tidak Sempurna, Bunga disebut bunga tidak tepat apabila hanya mempunyai satu macam alat kelamin, benang sari saja atau putik saja. Ada juga dikatakan monoesis dan diesis, monoesis ialah sebuah bunga yang mempunyai suatu alat kelamin jantan, dan bunga yang mempunyai suatu alat kelamin betina terdapat pada satu tumbuhan, contohnya : tumbuhan jagung dan mentimun

  • sedangkan diesis ialah sebuah bunga jantan dan bunga betina terdapat pada suatu individu tumbuhan yang berlainan, maka disebut tumbuhan berumah dua. Contohnya : tumbuhan salak dan siwalan.


 




Fungsi Bunga



  • Sebagai organ secual,karena bunga ialah daerah menyatunya suatu gamet jantan dan juga gamet betina pada suatu tumbuhan.

    sebagai alat reproduksi dan juga untuk penyebarannya melalui bunga tersebut.

  • Sebagai organ untuk bertahan pada kondisi yang kurang menguntungkan. Hal ini terjadi, contohnya pada suatu tumbuhan yang biasa tumbuh pada lokasi kering, yang dimana tumbuhan tesebut akan membentuk sebuah bunga ketika mangalami suatu kondisi kekurangan air.

  • Untuk menarik serangga, semoga mau hinggap dan membantu suatu proses penyerbukan pada bunga

  • Untuk meneruskan suatu proses perkembangbiakan, sebab bunga ada juga yang berproses menjadi suatu biji, yang kemudian sanggup ditanam kembali.


Bunga merupakan salah satu cuilan dari tumbuhan yang mempunyai peranan yang tidak kalah penting dari cuilan lainnya. Itulah klarifikasi ihwal √ Bunga : Pengertian, Fungsi, Bagian, Jenis & Contohnya Lengkap. Semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.


 


 


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  √ Fungsi Daun : Pengertian, Struktur, Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Fungsi Batang : Pengertian, Struktur, Jenis & Sifatnya Lengkap

Baca Juga :  √ Fungsi Akar : Pengertian, Struktur, Ciri & Sifatnya Lengkap

Baca Juga :  √ Jaringan Tumbuhan : Pengertian, Struktur, Ciri & Fungsinya Lengkap

Baca Juga :  √ Kingdom Plantae ( Tumbuhan ) : Pengertian, Klasifikasi, Jenis, Ciri & Contohnya Lengkap


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Bunga : Pengertian, Fungsi, Bagian, Jenis Misalnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel