iklan banner

✔ Berguru Sejarah Bukan Berarti Menengok Masa Lalu, Namun Memahami Masa Depan

Jakarta, 20 Februari 2015. Pelajaran sejarah bukan berarti menengok masa lalu, namun memahami masa depan. Oleh lantaran itu pelajaran sejarah akan lebih diarahkan kepada pemahaman makna di balik insiden sejarah, dan tidak sekedar hafalan peristiwa. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan ketika menghadiri program silaturahmi bersama Komunitas Historia Indonesia (KHI).

Mendikbud mengatakan, berguru sejarah tidak hanya berguru kapan, dimana, siapa saja yang hadir dalam suatu insiden sejarah. Lebih jauh lagi berguru sejarah yang perlu dilihat ialah apa makna insiden tersebut bagi bangsa Indonesia. Contohnya menyerupai mempelajari sejarah Sumpah Pemuda.

“Belajar sejarah Sumpah Pemuda bukan mempelajari kapan, dimana, siapa saja yang hadir ketika itu, tetapi makna sumpah cowok bagi perjalanan bangsa Indonesia,” kata Mendikbud dalam program silaturahmi bersama KHI yang dilaksanakan di Sekolah Menengan Atas Negeri 19 Jakarta, Kamis (19/02/2015).

Mendikbud meyakini 60 persen  wisatawan mancanegara tiba ke Indonesia tiada lain lantaran budaya. Mendikbud berharap masyarakat sanggup menjaga budaya Indonesia. Dengan begitu, kata Mendikbud, daya tarik budaya Indonesia tidak akan hilang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tutur Mendikbud, akan lebih serius melestarikan museum dan cagar budaya.

“Kemendikbud berharap adanya partisipasi masyarakat untuk memberitahu cagar budaya yang terancam atau perlu menerima perhatian,” ujar Mendikbud.

Di hari yang sama Mendikbud didampingi Plt. Kepala Pusat Informasi dan Humas (PIH) Ari Santoso, menghadiri perayaan Imlek 2015 yang dilaksanakan di Klenteng Kim Tel Le atau Vihara Dharma Bhakti, di tempat Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat.  "Gong Xi Fat Cai,” demikian disampaikan Mendikbud ketika memberikan ucapan selamat hari raya Imlek kepada para pengunjung Vihara Dharma Bhakti. (Seno Hartono/Nur Widiyanto)



-----
Sumber: Berita Kemendiknas

Sumber http://magister-pendidikan.blogspot.com

0 Response to "✔ Berguru Sejarah Bukan Berarti Menengok Masa Lalu, Namun Memahami Masa Depan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel