iklan banner

Persebaran Tanaman Di Indonesia Secara Lengkap

Persebaran Flora di Indonesia– Wilayah Indonesia merupakan negara yang kaya ke anekaragaman sumber daya alam baik yang terdapat didarat, maritim maupun di udara. persebran tanaman di Indonesia terbagi dalam ekosistem, yaitu sebagai berikut :






1. Hutan Pegunungan

Hutan pegunungan ini luas wilayah nya hingga 65% dari seluruh hutan yang ada di Indonesia. jenis tanaman ini kebanyakan didominasi oleh jenis Dipterocarpaceae yaitu meranti merah, keruing, nyatoh dan lain-lain. tersebar di wilayah, Sumatera, kalimantan, Sulawesi, dan Papua.



2. Hutan Sub Montana dan Montana

Hutan ini terdapat pada ketinggian antara 1300-2500M, tanaman yang tumbuh jenis lauraaceae dan Faga-ceae, sedangkan suku Diterocarpaceae sedikit dijumpai.



3. Hutan Savana

Hutan Savana tersebar di, Nusa Tenggara Timur, serta sedikit dijumpai di Maluku. Di vegetasi hutan savana ialah asosiasi antara padang rumput dan Ecalyptus sp di Maluku merupakan Papua asosiasi antar padang rumput dengan Ecalyptus alba, serta penyebaran wilayah nya tidak merata pohon lontar (sejenis palem-paleman).



4. Hutan Rawa 

Hutan rawa ialah hutan yang terus tergenang oleh air tawar baik musiman ataupun sepanjang tahun. Hutan Rawa banyak tersebar disepanjang pantai Kalimantan, pantai Timur Sumatera, Jawa, dan beberapa di Papua. vegetasi yang tumbuh pada hutan ini diantaranya jelutung, binuang, rengas, nibun, rot, pandan, dan palem-paleman.



5. Hutan Gambut

Hutan gambut terbentuk dari sisa-sisa tanaman dan binatang di zaman dulu yang berjalan terus menerus sehingga terbentuk suatu lapisan tanah. Dilihat dari proses pembentukan tanah dihutan gambut menandakan kalo hutan ini mempunyai kandungan materi organik yang cukup tinggi. tanaman yang tumbuh ialah jenis ramin (Gonystilus bancanaus) serta beberapa terdapat meranti rawa dan jenis dari agathis.



6. Hutan Pasang Surut

Hutan ini berada dikawasan terjadi nya pasang surut pantai, hutan ini juga sering disebut sebagai hutan mangrove. ciri khas dari hutan ini merupakan sistem perakaran tanaman bakau yang menonjol disebut sebagai akar nafas (pneumatofor) adalah bentuk pembiasaan tanaman untuk mendapat oksigen alasannya ialah tanah pada hutan ini miskin oksigen bahkan anaerob. Vegetasi yang tumbuh merupakan rhizopora, avecinia, sonneratia, bruguinera, dan ceriop. Tersebar di Sumatera, Kalimantan, Maluku, Bali, Jawa, dan Papua.



Itulah ulasan ihwal Persebaran Flora di Indonesia, biar bermanfaat bagi pembaca, sekia dan terimakasih.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Persebaran Tanaman Di Indonesia Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel