iklan banner

√ Penyimpangan Sosial : Pengertian, Macam, Bentuk Penyebabnya Lengkap

√ Penyimpangan Sosial : Pengertian, Macam, Bentuk & Penyebabnya Lengkap – Coba kalian amati dan perhatikan dengan cermat kehidupan masyarakat sehari-hari dilingkungan sekitar daerah tinggal kalian. Tentu akan menjumpai banyak sekali prilaku masyarakat yang beraneka ragam. Ada masyarakat yang tertib dan taat pada peraturan, nilai, dan norma yang ada dimasyarakat, tetapi ada juga yang melanggarnya. disini akan mengulas perihal penyimpangan sosial yang ada di lingkungan sosial.



 Coba kalian amati dan perhatikan dengan cermat kehidupan masyarakat sehari √ Penyimpangan Sosial : Pengertian, Macam, Bentuk  Penyebabnya Lengkap


 



Pengertian Penyimpangan Sosial


Penyimpangan sosial ialah hasil dari proses sosialisasi yang tidak tepat atau disebabkan lantaran gagal nya seorang individu untuk mengidentifikasi dirinya semoga pola prilakunya sesuai dengan masyarakat nya.


 


 


Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli


1. Robert M.Z Lawang


Menurut Robert menyatakan bahwa penyimpangan sosial merupakan segala tindakan dan tingkah laris yang tidak sesuai dengan norma yang sudah berlaku di dalam suatu sistem masyarakat tertentu.


 


2. James W. Van Zanden


Menurut James menyatakan bahwa penyimpangan sosial yakni suatu tindakan atau sikap yang berdasarkan sebagian besar orang dianggap sebagai tindakan yang tercela.


 


3. Lewis Coser


Menurut Lewis Coser menyatakan bahwa yang dimaksud dengan penyimpangan sosial merupakan suatu kegagalan seseorang dalam mengikuti keadaan terhadap kebudayaan dengan perubahan sosial.


 


4. Gillin


Menurut Gillin menyatakan bahwa sikap menyimpang ialah sejumlah tingkah laris yang timbul dari nilai-nilai dan norma sosial sehingga sanggup menjadi lantaran pemudaran atau runtuhnya sebuah ikatan sosial solidaritas kelompok.


 


5. Becker


Menurut Becker menyatakan bahwa penyimpangan sosial ialah suatu konsekuensi dari adanya hukum dan penerapan hukuman yang dilakukan oleh masyarakat terhadap seseorang yang mengerjakan tindakan itu sendiri.


 


6. Van Der Zanden


Menurut Zanden menyatakan bahwa penyimpangan sosial ialah suatu sikap yang dianggap oleh sebagian masyarakat sebagai tindakan yang tercela dan berada di luar batas toleransi.


 


7. Paul B. Horton


Menurut Paul menyatakan bahwa penyimpangan sosial merupakan suatu sikap atau tindakan yang dilakukan seseorang sebagai bentuk pelanggaran terhadap norma yang ada di dalam masyarakat.


 


 


Macam-Macam Penyimpangan Sosial


1. Mabuk-Mabukan


Mabuk-mabukan merupakan salah satu bentuk prilaku menyimpang lantaran sanggup membahayakan keselamatan, baik bagi pemabuk itu sendiri maupun bagi masyarkat sekitarnya. Akibatnya sering terjadi keonaran dan tindakan-tindakan kriminal lain nya yang dilakukan oleh orang yang berada dalam keadaan mabuk.


 


2. Perjodian


Macam-macam permainan jodi dan cara permainan nya yang sangat gampang menciptakan perjodian sanggup dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Perjodian merupakan aktivitas sosial yang melibatkan uang (sesuatu yang berharga dimana pemenang memperoleh uang dari yang kalah. Cntoh-contoh jodi nya diantara lain, perjodian dadu, s4bong 4yam, permaianan ketangkasan, dan lain-lain.


 


3. Tawuran Pelajar


Tawuran pelajar final ini menjadi ciri khas kehiduapan bagi pelajar-pelajar di indonesia. Akibat tawuran pelajar ini bukan hanya menyangkut kepada yang melaksanakan saja. namun yang ditimbulkan sangat luas.


 


4. Penyalahgunaan Narkoba


Obat-obatan jenis narkotika merupakan obat yang bersifat adiktif, yakni menimbulkan rasa kecanduan jikalau yang mengkonsumsi untuk maksud yang tidak dibenarkan dan tanpa adanya pengawasan dari dokter. jawaban penggunaan penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan menggunakan secara sembarangan akan menimbulkan membahayakan kesehatan badan dikarenakan sanggup mengakibatkan rusaknya fungsi organ tubuh.


 


5. Prilaku secual di Luar Nikah


Hubungan secual diluar nikah yakni prilaku menyimpang secual yang dilakukan diluar nikah. Hubungan secual diluar nikah sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Misalnya, prositusi sanggup mengakibatkan rusaknya jalinan rumah tangga dan sanggup mengakibatkan berkembangnya virus AIDS yang sangat menakutkan.


 


 


Bentuk-Bentuk Penyimpangan Sosial


 


1. Penyimpangan Individual


Penyimpangan ini biasa nya dilakukan oleh seseorang yang telah mengabaikan dan menolak norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. orang menyerupai itu biasa nya memiliki kelainan atau memiliki penyakit mental sehingga tidak sanggup mengendalikan dirinya.


 


2. Penyimpangan Kelompok


Penyimpangan ini dilakukan oleh sekelompok orang yang tunduk pada norma kelompoknya, namun bertentangan dengan norma masyarakat yang berlaku. Penyimpangan ini terjadi dalam sub kebudayaan menyimpang yang umum nya telah memilik norma, nilai, sikap, dan tradisi sendiri, sehingga cenderung untuk tidak menentukan norma-norma yang berlaku dalam masyarkat yang luas.


 


3. Penyimpangan Primer


Penyimpangan ini dilakukan oleh seseorang. dimana hanya bersifat temporer atau sementara dan tidak di ulang-ulang. seseorang yang melaksanakan perbuatan penyimpangan ini masih sanggup diterima oleh lingkungan masyarakat, lantaran kehidupannya tidak didominasi oleh pola prilaku menyimpang tersebut


 


4. Penyimpangan Sekunder


Penyimpangan ini dilakukan oleh seseorang secara terus menerus, sehingga hasilnya menggangu orang lain. Dalam penyimpangan ini, seseorang secara prilaku mengatakan prilaku menyimpang yang secara umum dikenal sebagai seseorang yang menyimpang.


 


 


Penyebab Penyimpangan Sosial


1. Perbedaan Status


Terdapat benteng pemisah antara si miskin dan si kaya yang amat mencolok, sehingga dengan adanya hal itu akan mengakibatkan timbulnya rasa iri, dengki, syirik, dan berujung pada suatu sikap menyimpang menyerupai manipulasi, korupsi, kolusi, dan lain sebagainya.


 


2. Kebutuhan Ekonomi


Tumbuh rasa atau berkeinginan untuk hidup serba kecukupan tanpa harus susah payah bekerja, hal ini juga mengakibatkan seseorang mengambil jalan pintas dengan cara penyimpangan contohnya menyerupai merampok, begal, mencuri, dan lain sebagainya.


 


3. Keluarga yang Berantakan (Broken Home)


Keluarga yang awut-awutan akan menjadikan penyimpangan sosial. Hal ini dikarenkan oleh perselingkuhan atau perceraian, sehingga menjadikan anggota keluarganya tidak betah hidup di rumah jawaban dari situasi dan kondisi rumah yang selalu berantem atau saling diam.


Akibat dari itu, ia melampiaskan kekosongan hatinya dengan berjodi, miras, narkoba, terjun ke dalam komplek prostitusi dan lain sebagainya.


 


Itulah ulasan perihal √ Penyimpangan Sosial : Pengertian, Macam, Bentuk & Penyebabnya Lengkap, semoga bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.


 


 


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  √ Integrasi Sosial : Pengertian, Bentuk, Faktor & Prosesnya Serta Syarat Keberhasilannya Lengkap

Baca Juga :  √ Interaksi Sosial : Pengertian, Macam, Tujuan, Syarat & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Kelompok Sosial : Pengertian, Jenis, Ciri, Syarat & Fungsinya Lengkap

Baca Juga :  √ Perubahan Sosial : Pengertian, Teori, Bentuk, Ciri, Dampak, Faktor & Contohnya lengkap


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Penyimpangan Sosial : Pengertian, Macam, Bentuk Penyebabnya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel