iklan banner

√ Musik : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis Keuntungannya Lengkap

√ Musik : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis & Manfaatnya Lengkap


 


 


SeputarIlmu.Com – Dalam Kehidupan sehari-hari kita sering mendengar musik, menyerupai dirumah, sekolah, mall, tempat-tempat rekreasi, dan lain-lain. musik , seperi hal nya cabang seni lain, sangat sarat dengan makna-makna tertentu yang berafiliasi bersahabat dengan nilai tertentu dalam kehiudpan masyarkat pendukungnya.


 


makna tertentu yang berafiliasi bersahabat dengan nilai tertentu dalam kehiudpan masyarkat pendu √ Musik : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis  Manfaatnya Lengkap


 


 


Pengertian Seni Musik


Kata seni musik berasal dari 2 kata yaitu seni dan musik. Kata seni merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa insan yang di wujudkan dalam banyak sekali sarana. sedangkan musik berarti hasil pengoahan suara, melodi, harmoni, ritme, vokal, dan tempo. Kaprikornus secara umum seni musik ialah hasil cipta, rasa dan krasa insan yang di wujudkan dalam olahan suara, melodi, harmoni, ritme, tempot dan vokal.


Seni musik ialah salah satu cabang seni yang menggunakan olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo yang teratur sebagai sarana untuk mengekspresikan perasaan ataupun emosi penciptanya.


 




Fungsi-Fungsi Musik


 


1. Fungsi Musik Sebagai Ungkapan Emosional


Jadi musik sendiri sebagai sarana ungkapan emosi. sebut saja seorang musisi yang mengadakan konser tunggal, tujuan musisi mengadakan konser tunggal untuk meluapkan rasa emosi yang ada dihati dan menawarkan yang terbaik buat pennton semoga penonton mencicipi rasa emosi di setiap musik yang didengarkan.


 


2. Fungsi Musik Sebagai Penghayatan Estetis


Musik ialah sebuah karya seni, sebagai karya seni harus mempunyai nilai estetis atau keindahan di dalamnya. dari melalui musik ini pendengar sanggup mencicipi keindahan dari bunyi yang telah dihasilkan oleh musik tersebut.


 


3. Fungsi Musik Sebagai Hiburan


Setiap orang suka mendengarkan musik, dikala sedang mencicipi sedih suka mendengar alunan musik yang menyenangkan bukan? semoga kita terhibur oleh alunan musik ataupun supaya menghilangkan rasa bosan.


 


4. Fungsi Musik Sebagai Komunikasi


Di setiap daerah, musik mempunyai sebuah arti disetiap tempat nya masing-masing dan hanya sanggup dimengerti oleh warga tempat tersebut, ini sanggup dilihat dari teks atau pun di setiap melodinya.


 


5. Fungsi Musik Sebagai Perlambangan


Musik sanggup melambangkan suatu hal, rujukan nya ada musik yang menggunakan temponya lambat dan rata-rata musik yang menggunakan tempo yang lambat mempunyai syair lagu yang sedih sehingga musik itu melambangkan perasaan perihal kesedihan.


 


6. Fungsi Musik Sebagai Reaksi Jasmani


Musik juga mempunyai manfaat bagi badan kita semoga sanggup merangsang otot kita untuk bergerak semoga tidak kaku, rujukan nya musik sebagi alat untuk senam irama.


 


7. Fungsi Musik Dalam Norma Sosial


Musik juga mempunyai manfaat untuk mengajarkan dan meneruskan norma-norma yang sudah ada alasannya ialah syair lagu nya mempunyai arti kandungan aturan-aturan sosial.


 


8. Fungsi Musik Dalam Pengesahan Lembaga Sosial


Musik sanggup juga dipakai untuk pengakuan sakral pada suatu forum sosial, tapi bukan untuk sebagai pengiring.


 


9. Fungsi Musik Dalam Kesinambungan Budaya


fungsi musik ini tidak jauh dari fungsi normal sosial, didalam fatwa budaya juga diajarkan sebuah sistem budaya semoga dari genarasi ke generasi selanjutnya melalui musik ini.


 


10. Fungsi Pengintegrasian Masyarakat


fungsi musik satu ini Sebuah musik dikala dimainkan secara bersama-bersama, dan secara tidak sadar sudah mengakibatkan rasa kebersamaan diantara pemain musik ataupun penikmat musik itu sendiri.





Unsur – Unsur Musik


Berikut ini unsur-unsur musik yang membentuk sebuah lagu.


1. Melodi


Melodi ialah suatu kesatuan frase yang tersusun dari nada-nada dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur. Melodi itu sendiri menjadi daya tarik dari sebuah musik.


 


2. Irama


Irama ialah sebuah pergantian panjang pendek, tinggi rendah, dan keras lembut nada atau bunyi dalam suatu rangkaian musik. Irama yaitu penentu ketukan dalam sebuah musik.


 


3. Birama


Birama ialah sebuah unsur seni yang berupa ketukan atau ayunan berulang-ulang yang hadir secara dengan teratur di waktu yang bersamaan. Birama yang nilai penyebut nya genap disebut dengan birama bainar, sedangkan birama yang penyebut nya ganjil disebut dengan birama tenair.


 


4. Harmoni


Harmoni ialah sebuah sekumpulan nada yang bila dimainkan gotong royong akan menghadirkan suatu bunyi yang yummy dinikmati (didengar). Selain itu, harmoni sanggup juga diartikan dengan suatu rangkaian akor-akor yang disusun selaras dan dimainkan sebagai iringan musik.


 


5. Tangga Nada


Tangga nada ialah sebuah deret nada yang disusun bertingkat, ada 2 jenis tangga nada yakni tangga nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis yang tersusun dari 7 buah nada dengan 2 jarak (1/2 dan 1), sedangkan jenis tangga pentatonis tersusun dari 5 buah nada dengan jarak tertentu.


 


6. Tempo


Tempo ialah sebuah ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat sebuah lagu dimainkan, semakin besar juga nilai tempo dari lagu tersebut. Ada 8 kategori tempo yakni sebagai berikut :



  • Largo (Lambat Sekali)

  • Lento (Lebih Lambat)

  • Adagio (Lambat)

  • Andante (Sedang)

  • Moderato (Sedang Agak Cepat)

  • Allegro (Cepat)

  • Vivace (Lebih Cepat)

  • Presto (Cepat Sekali).


 


7. Dinamika


Dinamika ialah sebuah tanda untuk memainkan nada dengan volume lembut atau keras. Dinamika penting alasannya ialah sanggup pertanda nuansa sebuah lagu (sedih, senang, riang, agresif, datar, dan lain lain)


 


8. Timbre


Timbre ialah suatu kualitas atau warna bunyi. Keberadaan timbre sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetar nya. Timbre yang dihasilkan alat musik tiup akan berbeda dengan alat musik petik, walaupun dimainkan di nada yang sama.


 


9. Ekspresi


Ekspresi ialah sebuah ungkapan perasaan dari dalam hati sanggup ditunjukkan melalui ekspresi, apakah gembira, sedih, romantis, dan lainnya. Karena itu penyanyi harus bernyanyi dengan secara total supaya pendengar terbawa suasana.





Jenis-Jenis Musik


1. Blues


Blues merupakan genre musik yang berasal dari masyarakat Afrika dan Amerika, dan lahir di sekitar simpulan masa ke-19. Ciri-ciri musik blues yaitu lirik awalnya yang terdiri dari satu baris yang diulang empat kali. Walauipun ciri-ciri tersebut hanya ada pada dekade pertama masa ke-20. Pola musik blues di zaman kini disebut pola AAB. Musik yang satu ini berkaitan dengan musik keagamaan masyarkat Afrika-Amerika yang rata-rata merupakan rohaniawan. Sebelum masa ke-20 an, musik Blues rata-rata hanya terkenal di kalangan orang Amerika berkulit hitam.


 


2. Country


Musik country merupakan genre musik yang terkenal di Amerika yang berasal dari Amerika Serikat selatan tepatnya di Atlanta dan Georgia pada tahun 1920. Ciri khas musik country merupakan rata-rata menggunakan instrumen string menyerupai banjo, gitar akustik, gitar listrik, biola, dan harmonika. Istilah country gres terkenal pada tahun 1940-an. Musik ini juga identik dengan koboi. Musik ini yummy didengar dikala melaksanakan perjalanan jauh dan mengawali hari.


 


3. Electronic


Musik electronic merupakan musik yang secara keseluruhan menggunakan alat musik elektronik dan teknologi musik elektronik. Contoh nya yaitu alat musik elektronik yaitu gitar listrik, organ hammond, dan telharmonium. memainkan musik electronic dilakukan dengan menggunakan perangkat menyerupai synthesizer, theremin, dan komputer. Jenis Musik ini sering dimainkan di diskotik ataupun dikala berpesta.


 


4. Hip Hop


Musik hip hop merupakan genre musik yang terdiri dari musik berirama dan bergaya yang biasanya terdapat rap dan vokal ritmis. Vokalis biasanya membaca lirik lagu menyerupai membaca biasa namun dengan ritme tertentu. Hip-hop biasanya dikaitkan dengan break dance, beat box, dan grafiti. Budaya musik hip hop dimulai pada tahun 1970-an.


 


5. Jazz


Jazz merupakan aliran musik yang berasal dari masyarakat Afrika-Amerika pada simpulan masa ke-19. Musik ini dikenal mempunyai alunan yang merdu. Musik ini mendapat efek besar dari budaya Eropa dan Afrika Barat.


 


6. Pop


Musik pop ini mempunyai Istilah pop yaitu berasal dari terkenal yaitu bentuk modern dari rock and roll. Musik pop terbentuk pada tahun 1950-an. Musik ini mempunyai melodi lebih lembut dari rock and roll. Jenis musik ini menjadi jenis musik yang paling terkenal di dunia.


 


7. R & B


R & B (atau RnB) atau abreviasi dari rhythm & blues merupakan jenis musik yang cukup terkenal yang berasal dari musik negara Afrika-Amerika disekitar tahun 1940-an. Satu band RnB biasanya terdiri dari yaitu, pianis, satu atau dua gitaris, vokalis, bass, drum, dan saxophone. Syair lagu ini sangat fokus pada tema-tema kemenangan dan kegagalan dalam hal hubungan, kebebasan, ekonomi, aspirasi, dan secual.


 


8. Rock


Musik rock merupakan genre musik terkenal yang berasal dari musik rock and roll di Amerika serikat pada tahun 1950-an. Musik ini mendapat efek dari blues, jazz, klasik, dll. Musik rock fokus pada gitar listrik. Satu grup band rock terdiri dari gitar bass, gitar listrik, dan drum. Liriknya sering menekankan perihal cinta romantis atau politik dalam tekanan.


 


9. Klasik


Musik klasik merupakan seni musik yang berakar pada tradisi musik Barat. Genre musik ini sudah ada semenjak masa ke-11. Tokoh musik klasik yang terkenal menyerupai Johann Sebastian Bach dan Beethoven.


 


10. Reggae


Musik reggae merupakan genre musik yang berasal dari Jamaika pada simpulan tahun 1960-an. Musik ini dipengaruhi oleh jazz Amerika dan RnB. Gaya musik reggae menggabungkan beberapa unsur musik RnB, jazz, mento, calypso, musik Amerika Latin, dan musik Afrika. Salah satu elemen yang paling gampang dikenali dari musik reggae ialah ritme offbeat yang berasal dari gitar atau piano meskipun gitar bass sering berperan mayoritas dalam reggae.


 




Manfaat Musik


Ada beberapa manfaat musik yang berkaitan dengan keseharian dan penggunaannya sebagai terapi yaitu sebagai berikut :



  • Pertama, musik bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekebalan badan alasannya ialah musik ternyata sifatnya terapeutik dan bersifat menyembuhkan.



  • Kedua, musik sanggup meningkatkan intelegensi alasannya ialah rangsangan ritmis sanggup meningkatkan fungsi kerja otak. Ritme internal yang dihasilkan musik membuat saraf-saraf otak bekerja, rasa nyaman dan tenang yang distimulasi musik membuat yang berfungsi untuk kerja otak bekerja optimal.



  • Ketiga, musik sanggup memunculkan reaksi psikologis yang sanggup mengubah suasana hati dan kondisi emosi, sehingga musik bermanfaat sebagai relaksasi yang sanggup menghilangkan stress, mengatasi kecemasan, memperbaiki mood dan menumbuhkan kesadaran spiritual.



  • Keempat, musik bermanfaat sebagai alat dan media komunikasi antar insan alasannya ialah musik ialah bahasa universal yang sanggup memadukan perbedaan, membuat perdamaian dan solidaritas kemanusian.


 


 


Itulah ulasan perihal √ Musik : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis & Manfaatnya Lengkap. semoga apa yang diulas diatas bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terimakasih.


 


 


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  √ Seni Tari : Pengertian, Sejarah, Jenis, Unsur, Fungsi & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Seni Teater : Pengertian, Ciri, Unsur, Fungsi , Jenis & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Seni Sastra : Pengertian, Unsur, Ciri, Jenis, Fungsi & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Seni : Pengertian, Macam, Cabang, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Seni Rupa : Pengertian, Fungsi, Unsur, Prinsip, Jenis & Contohnya Lengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Musik : Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis Keuntungannya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel