iklan banner

√ Mikroskop : Pengertian, Jenis, Bab Fungsinya Terlengkap

√ Mikroskop : Pengertian, Jenis, Bagian & Fungsinya Terlengkap


 


Seputarilmu.Com – Mikroskop awalnya dibentuk tahun 1590 oleh Zaccharias Janssen dan Hans, seorang tukang kacamata dari Belanda. Selanjutnya pada tahun 1610, Galileo, mahir Fisika modern dan astronomi memakai mikroskop untuk mengamati tanda-tanda alam. Beberapa tahun lalu Antonie Van Leuwenhoek dari Belanda menciptakan mikroskop dengan satu lensa yang sanggup membesarkan objek yang diamati hingga 300 kali. Tahun 1663 Robert Hooke ilmuwan Inggris meneliti serangga dan flora dengan mikroskop. Ia menemukan sel-sel kecil pada gabus. Untuk lebih terperinci nya mari simak klarifikasi dibawah berikut.


 


 mahir Fisika modern dan astronomi memakai mikroskop untuk mengamati tanda-tanda alam √ Mikroskop : Pengertian, Jenis, Bagian  Fungsinya Terlengkap


 


 


Pengertian Mikroskop


Mikroskop (bahasa Yunani: micron= kecil dan scopos= tujuan) merupakan sebuah alat yang fungsinya untuk melihat objek yang sangat kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Tanpa sumbangan mikroskop yang ingin melihat dengan mata telanjang tidak akan sanggup melihat bagian-bagian sel/jaringan dengan terperinci dan terperinci. Dengan adanya mikroskop, objek yang sangat kecil atau yang tidak terlihat dengan mata telanjang menyerupai sel atau mekroorganisme lebih simpel untuk diteliti. Mikroskop sanggup menciptakan objek pengamatan yang kecil terlihat lebih besar.


 




Jenis-Jenis Mikroskop


Berdasarkan sumber cahaya dan alat pembesarnya terdapat dua jenis mikroskop, adalah :


1. Mikroskop Optik


Pada mikroskop cahaya, yang menjadi sumber cahaya berasal dari cahaya matahari atau lampu. Mikroskop ini memakai lensa yang terbuat dari kaca. Mikroskop cahaya memiliki perbesaran maksimum 1.000 kali. Mikroskop jenis ini memiliki tiga lensa, iyalah lensa okuler, lensa objektif, dan kondensor.


 


2. Mikroskop Elektron


Untuk mengamati bagian-bagian sel yang sangat halus/yang susah dilihat memalui mata telanjang harus memakai mikroskop elektron yang memakai magnet sebagai pengganti lensa dan elektron sebagai pengganti sumber cahaya. Pada mikroskop elektron transmisi, elektron yang menembus spesimen akan dibiaskan medan magnet dan sehingga mikroskop ini bisa memperbesar bayangan suatu objek hingga 1.000.000 kali ukuran sebenarnya.


 




Bagian-Bagian Mikroskop dan Fungsinya


1. Bagian Optik



  • Lensa okuler = berfungsi untuk memperbesar bayangan objek. Biasa nya terdapat dua buah lensa dengan pembesaran masing-msng 5 kali dan 10 kali.

  • Lensa Objektif = berfungsi untuk memperbesar bayangan benda. Susunan lensa-lensa yang berada didekat objek/biasanya terdiri atas 3 atau 4 buah dengan perbesaran masing-masing 4 kali, 10 kali, 45 kali dan 100 kali.

  • Cermin = berfungsi untuk menangkap, mengarahkan cahaya. Cermin datar dipakai untuk mengumpulkan cahaya.

  • Kondensor = berfungsi untuk mengarahkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan difokuskan ke objek

  • Diafragma = dipakai untuk mengatur banyaknya cahaya yang mengenai objek


 


2. Bagian Mekanik



  • Revolver = dipakai untuk sebagai pemutar lensa objektif sehingga pembesaran lensa yang diinginkan berada pada posisi yang siap digunakan.

  • Makrometer (Pengatur Kasar) dan Mikrometer (pengatur halus) = Berfungsi untuk mengatur pembesaran

  • Tabung = semacam teropong yang mana lensa-lensa nya terletak pada okuler dan revolver

  • Kaki dan pegangan (lengan mikroskop) = berfungsi sebagai penyangga bab optik dan untuk pegangan pada ketika memindahkan atau membawa mikroskop

  • Meja Preparat (objek) = merupakan objek yang akan diamati

  • Pemutar = berfungsi untuk menggerakan bab optik


 


Itulah klarifikasi perihal √ Mikroskop : Pengertian, Jenis, Bagian & Fungsinya Terlengkap. biar bermanfaat bagi pembaca. sekian dan terimakasih.


 


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  √ Teleskop : Pengertian, Jenis, Fungsi & Bagiannya Lengkap

Baca Juga :  √ Alat Optik : Pengertian, Macam-Macam dan Fungsinya Terlengkap

Baca Juga :  Pengertian, Contoh, dan Sifat Cahaya Beserta 4 Manfaatnya Menurut Para Ahli Terlengkap

Baca Juga :  √ Satelit : Pengertian, Macam, Fungsi, Cara Kerja & Contohnya Lengkap


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Mikroskop : Pengertian, Jenis, Bab Fungsinya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel