iklan banner

✔ Cara-Cara Menghadapi Peristiwa Gunung Meletus

Berikut beberapa cara menghadapi peristiwa Gunung Berapi :


1. Cari tahu apakah Anda tinggal di kawasan gunung berapi aktif yang dapat mengakibatkan bahaya bagi Anda atau keluarga Anda.

2. Hapalkan dan ketahui rute penyelamatan untuk kawasan Anda.
Dalam keadaan stres orang dapat saja lupa akan rute ini, akan lebih bijaksana jikalau dapat menyimpan salinan peta atau menciptakan rute penyelamatan yang ditandai jelas.

3. Segera lakukan penyelamatan jikalau sudah diminta untuk meninggalkan lokasi.
Gunung berapi akan menawarkan peringatan-peringatan awal sebelum letusan terjadi. Peringatan-peringatan menyerupai gempa kecil, batuk-batuk jangan diabaikan.

4. Dalam kondisi darurat siapkan selalu air minum, makanan, baju ganti dan peralatan untuk pertolongan pertama.

5. Jangan kembali memasuki zona penyelamatan hingga pihak otoritas menyatakan kawasan tersebut aman.
Meskipun letusan gunung berapi telah berhenti memuntahkan bubuk dan lava tapi kemungkinan masih banyak risiko menyerupai udara dan air yang mengandung belerang.

6. Lebih baik tinggal di tempat pinjaman dan jangan meninggalkan lokasi penampungan hingga dinyatakan aman.

7. Jika memungkinkan pelajari wacana pemikiran lava, lahar, banjir, gas-gas yang dikeluarkan oleh gunung berapi yang dapat untuk mengetahui posisi lebih kondusif untuk berlindung.

8. Pastikan untuk menggunakan masker atau kacamata jikalau pergi ke luar bangunan sebab pengaruh yang paling utama dari bubuk vulkanik yang dirasakan insan yaitu problem pernapasan, menyerupai iritasi hidung dan tenggorokan, batuk, bronkitis, sesak napas (emfisema) hingga bahkan mengakibatkan ajal sebab kanal napas menyempit.

9. Jika tidak ditemukan masker, warga dapat menggunakan sapu tangan, kain atau baju untuk melindungi diri dari bubuk atau gas.

10. Bagi keluarga yang mempunyai belum dewasa sebaiknya sediakan masker khusus untuk anak-anak, serta tidak membiarkan anak bermain di luar untuk meminimalkan paparan.

Sumber http://akhwat1cinta.blogspot.com

0 Response to "✔ Cara-Cara Menghadapi Peristiwa Gunung Meletus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel