iklan banner

3 Karakateristik Lapisan Bumi Secara Lengkap

3 Karakateristik Lapisan Bumi– Berdasarkan Penelitian para ilmuwan, struktur lapisan planet bumi seolah-olah lapisan sebuah telur.  coba anda amati pelapisan nya. pada telur ayam rebus yang dibelah ada 3 lapisan, yaitu kulit telur, putih telur dan, kuning telur. Kulit telur mewkili lapisan kerak bumi, sedangkan putih telur mewkili lapisan mantel/selubung bumi, dan bab kunig telur mewakili inti bumi. 


 struktur lapisan planet bumi seolah-olah lapisan sebuah telur 3 Karakateristik Lapisan Bumi Secara Lengkap



Karakteristik Lapisan Bumi


1. Lapisan Kerak Bumi

Kerak bumi merupakan lapisan bumi terluar yang keras dengan ketebelan tidak sama disetiap tempat. Kerak bumi menjadi bab litosfer dengan ketebalan jauh lebih tipis dibanding lapisan mantel dan inti bumi. Ketebalan kerak bumi sekira 6-40 km. Kerak bumi tersusun dari material padat yang kaya silisium dan alumunium. Kerak bumi dan sebagian lapisan dibawahnya (lapisan mantel bumi paling atas) membentuk lapisan litosfer. Ketebalan litosfer sekira 100 km. suhu dibagian bawah kerak bumi mencapai 1.100 derajat celcius. Unsur-unsur kimia utama pembentuk kerak bumi ialah oksigen (46,6 %), silikon (27,7%), alumunium (8,1%), besi (5,0%), kalsium (3,6%), natrium (2,8%), kalium (2,6%), dan magnesium (2,1%).  Litosfer sanggup dibedakan atasan lapisan sial (logam silium dan alumunium) dan lapisan sima (logam silium dan magnesium). Senyawa penyusun lapisan sial ialah Si02 dan AI2O3. Batuan penyusun lapisan sial antara lain batuan seimen, granit, andesit, dan metamorf. Senyawa penyusun lapisan sima ialah SiO2 dan MgO. Berat jenis lapisan sima lebih besar jikalau dibandingkan dengan berat jenis lapisan sial. Hal ini alasannya lapisan sima mengandung besi dan magnesium. Kerak bumi mengambang diatas mantel bumi yang lembek. Kerak benua dan kerak samudra tidak diam, tetapi bergerak atau bergeser, pergeseran kerak bumi berdampak pada kehidupan di Bumi.. Kerak benua dibedakan menjadi 2 yaitu Kerak benua dan kerak samudra.



2. Lapisan Mantel Bumi 

Lapisan mantel bumi atau selubung bumi berada dibawah lapisan kerak bumi. Ketebalan lapisan mantel sekira 2.900 km dan meliputi sekira 80% total isi bumi. Sebagian besar lapisan mantel berupa silikat/besi dan magnesium. Lapisan mantel berada di sekira 10 km dibawah kerak samudra atau sekira 30 km dibawah kerak benua. Suhu dibagian bawah mencapai 3.000 derajat celcius. tetapi tekanan nya belum mempengaruhi kepadatan batuan, mantel dibagi menjadi 2, yaitu mantel luar, dan mantel dalam.



3. Lapisan Inti Bumi (Core)

Lapisan paling dalam dipusat bumi ialah inti bumi. Inti bumi terbentuk contoh yang tersusun dari unsur utama besi (90%) dan nikel (8%). Inti bumi berada disekira 2.900 km dibawah prmukaan bumi. inti bumi dibedakan menjadi 2, yaitu inti luar (auter core) dan inti dalam (inner core).




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "3 Karakateristik Lapisan Bumi Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel