iklan banner

√ 21 Pengertian Sistem Isu Berdasarkan Para Andal Lengkap

√ 21 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Lengkap


 


 


SeputarIlmu.Com – Jika anda daftar kuliah di fakultas komputer, niscaya anda akan menemukan jurusan sistem informasi, karna sistem informasi merupakan salah satu jurusan dari fakultas komputer, Jika anda masih galau apa itu sistem informasi ?? Disini akan menjelaskan perihal pengertian sistem informasi berdasarkan para ahli. Untuk itu marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.


 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Lengkap √ 21 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Lengkap



Pengertian Sistem Infromasi Secara Umum


Sistem Informasi (SI) merupakan gabungan dari teknologi informasi dan acara orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, sistem informasi ini sering digunakan untuk merujuk pada interaksi antar orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam klarifikasi ini, istilah yang digunakan untuk merujuk tidak hanya untuk penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk orang berinteraksi dengan teknologi dalam mendukung proses bisnis.


Secara luas Sistem Informasi bisa dijelaskan sebagai suatu sistem didalam sebuah organisasi yang merupakan pencampuran dari beberapa orang, teknologi, fasilitas, media mekanisme & pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, melaksanakan proses tipe transaksi rutin, memperlihatkan sinyal kepada suatu administrasi terhadap segala kejadian yang bersifat eksternal maupun internal dan memperlihatkan suatu informasi yang nantinya dijadikan sebagai pengambilan sebuah keputusan. Ada beberapa berdasarkan para hebat yang mendefinisikan Sistem Informasi sebagai berikut :


 




18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli


1. Erwan Arbie


Menurut Erwin Arbie Sistem informasi merupakan suatu sistem dari dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, sumbangan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.


 


2. Tafri D. Muhyuzir


Menurut Tafri D. Muhyuzir Sistem informasi ialah data yang dikumpulkan, diklasifikasikan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerimanya.


 


3. O’Brien


Menurut O’Brien Sistem informasi ialah kombinasi dari setiap unit dikelola orang (orang), hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan mengembangkan informasi perihal yang bentuk organisasi.


 


4. Leitch Rosses


Menurut Leitch Rosses Sistem informasi express ialah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.


 


5. Lani Sidharta


Menurut Lani Sidharta Sistem informasi ialah suatu sistem buatan insan yang berisi serangkaian terpadu komponen – komponen dan manual bab “ komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.


 


6. Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis


Menurut Robert A. Leitch dan Roscoe Davis Sistem informasi ialah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.


 


7. Gordon B. Davis (1991: 91)


Menurut Gordon B. Davis Sistem informasi ialah suatu sistem yang mendapatkan input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan arahan dan mengeluarkan hasilnya.


 


8. John F. Nash (1995: 8)


Menurut John F. Nash Sistem informasi ialah kombinasi dari manusia, kemudahan atau alat teknologi, media, mekanisme dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu administrasi dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.


 


9. Kertahadi (2007)


Menurut Kertahadi Sistem informasi ialah alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya ialah untuk memperlihatkan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.


 


10. Rommey (1997: 16)


Menurut Rommey Sistem informasi ialah sistem informasi yang diselenggarakan cara untuk mengumpulkan, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi sanggup mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


 


11. Alter


menurut Alter Sistem informasi yaitu sebuah sistem yang aktivitasnya dimaksudkan untuk pengolah data (Transmisi, menangkap, menyimpan, memanipulasi, mengambil dan menampilkan informasi)


 


12. Sutabri


Menurut  Sutabri Sistem informasi ialah sebuah sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung suatu fungsi operasi organisasi yang sifatnya manajerial dengan acara seni administrasi dari suatu organisasi untuk bisa menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.


 


13. Wikipedia


Menurut Wikipedia Sistem Informasi (SI) merupakan sebuah kombinasi dari teknologi informasi dan kegiatan orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.


 


14. Laudon (2012:16)


Menurut Laudon sistem informasi ialah sebuah komponen-komponen yang saling berkaitan yang bekerja bantu-membantu untuk mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan menampilkan sebuah informasi untuk mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, pengaturan, analisa, dan visualisasi pada sebuah organisasi.


 


15. Whitten, Bentley, dan Ditman (2009:10)


Menurut whiten, Bentley, dan Ditman sistem informasi ialah sebuah pengaturan orang, data, proses, dan informasi (TI) atau teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan sebagai output informasi yang dibutuhkan untuk mendukung suatu intansi atau organisasi.


 


16. Hanif Al-Fatta (2009:9)


Menurut Hanif Al-Fatta Sistem informasi ialah suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian. Istilah tersebut menyiratkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan menentukan dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.


 


17.Mc Leod


Menurut Mc leod, Sistem Informasi ialah sebuah sistem yang mempunyai suatu kemampuan untuk mengumpulkan dan mengelompokkan aneka macam informasi dari semua sumber dan menggunakan aneka macam media untuk menampilkan sebuah informasi.


 


18.Tata Sutabri, S.Kom. MM


Menurut Tata Sutabri, S.Kom. MM. Sistem Informasi yaitu suatu sistem yang berada didalam sebuah organisasi yang mempertemukan aneka macam kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang sifatnya manajerial didalam aktivitasnya seni administrasi dari sebuah organisasi supaya sanggup menyediakan kepda pihak-pihak tertentu diluar dengan majemuk laporang yang dibutuhkan.


 


19. Hanny Lucas


Menurut Hanny Lucas juga turut menuturkan mengenai sistem informasi yang merupakan sebuah kegiatan yang diorganisasikan oleh banyak produser lalu menghasilkan sebuah perintah untuk menyediakan dan menampilkan informasi guna menjadi pendukung interaksi maupun dalam menciptakan sebuah keputusan yang bisa mengendalikan organisasi tersebut.


 


20. Riyadi


Dari sebuah buku karyanya, berdasarkan Riyadi juga turut menyatakan mengenai pengertian sistem informasi yang lebih ke arah penyediaan sebuah informasi yang mempunyai nilai bagi para penggunanya dari sebuah sistem pengumpulan, pengolahan data informasi yang masing-masing mempunyai keterkaitan antar sistem degan terintegrasi antara insan dan mesin sebagai penyedia dan pengolahnya.


 


21. John Nash & Robert (1988)


Menurut John Nash & Robert (1988) Dalam sebuah buku karangan Sudaya, dua tokoh yakni Nash dan Robert lebih menganggap sistem informasi sebagai kombinasi dari user (pengguna), teknologi, media, prosedur, dan juga pengendalian, yang mempunyai tujuan tertentu. Tujuan tersebut yaitu untuk mendapatkan atau memperoleh jalur komunikasi, memproses tipe transaksi, dan memberi sinyal kepada administrasi terhadap kejadian internal di dalam suatu organisasi.


 


Itulah ulasan perihal √ 21 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli Lengkap . biar bermanfaat bagi pembaca, sekian dan terima kasih 🙂


 


Baca Juga Artikel Lainnya :


Baca Juga :  Pengertian Para Ahli, Tugas Dan Komponen Beserta Manfaat Sistem Informasi Geografis Di Berbagai Bidang

Baca Juga :  √ Informasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Data : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat & Contohnya Lengkap

Baca Juga :  √ Komputer : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Komponen Terlengkap

Baca Juga :  √ 22 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli Terlengkap


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ 21 Pengertian Sistem Isu Berdasarkan Para Andal Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel