iklan banner

Stand Up Comedy Indonesia Ala Anak Rantau


 
Halo apa kabar semua niscaya baik ya....ok terima kasih, kenalin nama saya oji
saya ingin membuatkan sedikit pengalaman saya selama saya MERANTAU

saya sendiri asalnya dari Jawa Timur, gak perlu disebutin ya wilayahnya entar elu semua mampir ke rumah saya lagi, jangan  bilang ngapain

bukannya yang kemarin elu-elu pada kan yg dateng ke rumah saya minta derma hehe......

jadi saya ini sudah merantau kurang lebih hmm..... berapa ya saya lupa nih oh ya......

10 tahun, eh kebanyakan saya tawar deh 9 tahun aja wkwk....
itu merantau apa dagang kaos kaki pake ditawar segala.

saya merantau kalo gak salah tahun 2009 Masehi yang lalu... Masehi ya Masehi jangan dibuat-buat hehe....

awal saya merantau itu ikut orang bau tanah kalo gak salah...... masih jaman sekolah Sekolah Menengah Pertama naik kelas 8

Destinasi awal merantau yaitu di kota Tarakan, Kalimantan Timur (sok ngartis pake destinasi segala) 

mungkin kini masuk Kalimantan Utara kali ya....

awal-awal merantau dan pindah sekolah emang sulit banget banyak adaptasi yang harus dihadapi

saya yg biasanya ngomong pake bahasa jawa medok, sering bekikukan kalo diajak ngomong sama orang.

maka dari itu saya harus pintar-pintar menyesuaikan diri, dan ini cara saya selama ditahap penyesuaian

jadi kalo saya diajak ngomong orang itu, saya gak pribadi jawab..... mau tau gak saya ngapain.......?

saya latihan vokal broo,..... haha...
jadi sebelum saya jawab saya biasanya atur kata-katanya dulu dalam hati sambil saya atur not not yang enak, semoga nanti ketika saya ngomong medoknya ilang wkwkwk macam penyanyi pulak ya saya ini...

tapi serius bro.......

gara2 kebiasaan ngatur kata2 sama nada setiap sebelum mau ngomong, 

jadi kalo saya ngomong itu adakala seolah-olah kaya bang haji Roma Irama gitu serius... seriusan

sampe orang orang yang kenal saya bilang " he oji kalo ngomong itu gak usah dienak-enakin kek penyanyi.... lebay loh.... dasar penyanyi gak laris "

bangke.... pengen saya sumpal tuh lisan pake ketek curut  hehe......

jadi kalo saya ngomong itu memang macam Roma gitu, dan itu memang saya sengaja semoga logat saya gak kedengeran medok...

pernah temen saya nanya " eh oji entar malem kewarnet yuk bro main point blank" waktu itu emang lagi booming tuh game

saya jawab " bolehlah " pakai not upin ipin
bolll  leee laaahh wkwk drama banget hidupku

saya tambahin lagi
" tappiii jang ng ng ngan lamma - lamma yaaa..... "  anjayyy...

malah jadi logat batak hehe....

ada lagi nih yang paling saya ingat banget... kalo inget bawaanya...!!! haha.... gitulah

jadi waktu masih jadi murid gres di sekolah Sekolah Menengah Pertama yang ada disana

waktu awal-awal masuk sekolah kurang dari seminggu
waktu saya dikantin jam istirahat, saya pernah disuruh kepala sekolah manggil salah satu ibu guru yang lagi diruang guru

 " eh kau siapa namamu...? " saya jawab " oji pak ", kepsek " oji tolong panggilin ibu aminah ya di ruang guru suruh menghadap bapak di kantin kini ",  saya " oh iya pak " dengan not rendah  ngatur lagiii hadeh....

hingga diruang guru ketemu deh sama ibu aminah, aku  " ibu...." ,  bu aminah said " ya ada apa... "

sumpah disitu gua bingung....

jadi yang ada di otak aku, saya survey dulu kalimat yang sempurna buat ngucapin perintah kepsek tadi, sempat juga termangu sebentar alasannya yaitu nyurvei tuh kalimat, yaelaaah.... ribet banget kek pemilu....

yang saya pikirin ketika itu saya bilang

" anda dipanggil kepala sekolah di kantin kini "
sok baku luh kaya Anggota dewan perwakilan rakyat lagi rapat wkwk....

kalo saya bilang

" kau dipanggil kepala sekolah di kantin sekarang,
takutnya kena tampol  " lah dipikir ibu CS saya kali hehe... gak sopan banget "

serba salah deh, dan pada risikonya dari survey kalimat yang saya canangkan tadi, yg terjadi begitu cepat di otak saya muncullah kalimat santun berbudi pekerti yang pribadi terucap dengan not dan dinamika nada tak beraturan.... hmmm....

" SAMPEAN di panggil kepala sekolah di kantin bu kini "
anjayyyy.... " SAMPEAN " wkwkwk

jujur saya bilang begitu dengan perasaan resah campur aduk tak karuan,

ibu aminah " oh iya " sambil natap aneh, mungkin dalam hati bu aminah berkata " nih anak kenapa yah " hehe.. soalnya ekspresi saya waktu itu emang rada rada wkwk ya gitulah

saya pamit " misi ya buk " dan buru buru dah saya kaburrr...
wkwkwk...

dan itu pengalamanku waktu di pulau kalimantan, dan kini saya nggak disana lagi dan mau menuju ke destinasi kedua ( sok jadi travelling )

kini saya tinggal di provinsi Maluku tepatnya di kota Ambon, Ambon manise... asekk..

dan lagi lagi saya harus mengikuti keadaan dengan bahasa orang-orang disana

dan kalian tahu bahasa Indonesianya orang Ambon itu sedikit berbeda dengan bahasa Indonesia aslinya

bahasa Indonesia orang ambon itu ada kata suplemen dan kadang disingkat-singkat

jadi misal elu mau nunjukin Hp elu yang gres mau elu omongin ke temen atau kenalan elu yang orang Ambon

" wei ini hape ku yang baru, cantik gak "
bahasa ambonnya
" wei ni ta pe hp baru, cantik tra "

kata " pe " itu kata suplemen artinya punya, dan kata " ta " artinya kta atau aku

dan jujur awal awal saya kalo ngomong belibet banget jadi pernah pas awal awal masih jadi orang gres di Ambon

waktu itu saya pengen beli sagu, tau sagu kan.....?

itu yang dibawah lisan elu,..... iya itu dagu hehe...

jadi waktu itu kebetulan ada penjual sagu di pinggir jalan dan banyak anak anak muda juga nyantai disitu

rencana mau tanya ke penjual sagu
" itu kau punya jualan berapa ya... "

tapi saya coba deh pake bahasa ambon

" itu kau p0juh berapa ya... "
dan tiba-tiba cewek ama pemuda yang ada disitu ketawa wkwkwk gres keras banget

lah sontak saya tanya dalam hati kenapa ya...???

dan nggak usang saya sadar " p0juh " oh iya wkwkwk " p0juh " anjirr

sepakat nama saya oji anak perantauan bye.....



Sumber http://bagiinfodansolusi.blogspot.com

0 Response to "Stand Up Comedy Indonesia Ala Anak Rantau"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel