iklan banner

✔ Sistem Rangka Hiu

(Artikel Sistem Rangka Hiu ini ialah ringkasan dari artikel utama yang berjudul Kajin Tentang Hiu. Bila anda memerlukannya sebagai materi referensi, Silahkan DOWNLOAD DISINI artikel lengkapnya)

Hiu serta anggota kelas chondrichthyes lainnya mempunyai tulang kartilago cranium sempurna, organ pembau dan kapsul otak bergabung menjadi satu. Eksoskeleton hiu merupakan mantel keras ibarat email pada gigi vertebrata. Di bawah lapisan tersebut terdapat beberapa lapisan tulang sponge dan di bawahnya lagi terdapat tulang padat. Kartilago palate-quadrat dan kartilago Meckel ialah tulang rawan yang akan membentuk rahang atas dan rahang bawah. Rahang hiu bersendi pada tulang ke posterior atau pada elemen hiomandibula dari lengkung insang kedua.

Umumnya struktur appendages (alat gerak) hiu bab depan lebih rumit daripada belakang. Alat gerak hiu berupa sirip. Tulang di bab ventral dari sentra sirip ikan hiu disebut korakoid, sedangkan yang memanjang ke arah dorsal di bab tepi sirip disebut skapula. Selanjutnya untuk kelompok ikan ini, tulang gigi berasal dari dermal. Tulang-tulang panggul hiu lebih sederhana daripada bab gelang pundak dan hampir menempel pada columna vertebralis.


Sumber http://zonabawah.blogspot.com

0 Response to "✔ Sistem Rangka Hiu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel