iklan banner

✔ Perencanaan Pemasaran Perjuangan Makanan Khas Daerah

Apa perencanaan perjuangan (business plan) itu?  Dalam pengertian ekonomi, perjuangan atau bisnis yaitu semua kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun kelompok individu yang
dilaksanakan secara legal dengan memakai dan mengkombinasikan sumberdaya atau faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan/atau jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh manfaat finansial, yaitu keuntungan bisnis atau keuntungan perjuangan (business profit). Baca juga: Pengertian masakan khas tempat dan karakteristiknya

Dari batasan di atas sanggup kita catat bahwa, suatu perjuangan atau bisnis akan selalu berafiliasi dengan pengharapan (expectation), yaitu harapan untuk memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Kita tahu betul, kepastian dari masa yang akan tiba yaitu ketidakpastian.

Dengan demikian, keinginan untuk memperoleh keuntungan sifatnya adalah penuh ketidak pastian. Artinya, sanggup menguntungkan dan sanggup merugikan. Kaprikornus suatu perjuangan selalu mengandung risiko. Karena itu supaya perjuangan yang akan dijalankan berhasil, perlu dibentuk perencanaannya dulu. 

Perencanaan yaitu fungsi administrasi yang berhubungan dengan pemilihan visi, misi dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, aktivitas dan anggaran. 

Dari kedua pengertian di atas sekarang dapat didefinisikan arti perencanaan perjuangan yaitu sebagai proses penentuan visi, misi dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang diharapkan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu. 

Dalam menjalankan perjuangan masakan khas daerah, bukan cuma modal dan produk berkualitas saja yang dibutuhkan, tetapi aspek pemasaran juga sangat dibutuhkan biar bisnis yang dijalankan sanggup menghasilkan omset sesuai sasaran yang telah ditetapkan. Usaha masakan khas tempat merupakan salah satu perjuangan yang mempunyai potensi cukup besar.   Baca juga: Teknik pengemasan masakan khas daerah

Sudah banyak pelaku perjuangan yang berhasil menggeluti perjuangan ini. Namun tidak sedikit pula pelaku perjuangan masakan yang gagal sebab taktik pemasaran yang dipakai kurang tepat. Oleh sebab itu untuk menghindari risiko gulung tikar harus direncanakan taktik pemasaran perjuangan masakan yang tepat. Beberapa taktik yang sanggup dilakukan yaitu :

 perjuangan atau bisnis yaitu semua kegiatan ✔ Perencanaan Pemasaran Usaha Makanan Khas Daerah


1. Buatlah nama untuk bisnis masakan semenarik mungkin

Nama perjuangan akan menjadi image yang akan tertanam pada konsumen, sehingga mereka gampang untuk mengingat perjuangan masakan yang dibuat. Oleh sebab itu sebelum membuka perjuangan makanan, siapkanlah nama perjuangan masakan yang menarik, unik, dan gampang diingat oleh para konsumen.  Disamping itu sesuaikan nama dengan perjuangan yang dijalankan dengan tempat asal makanan. Nama perjuangan sanggup ditempatkan di depan lokasi perjuangan dengan memakai neon box ataupun x – baner dengan ukuran yang besar dan gampang terlihat biar konsumen yang kebetulan lewat, tertarik untuk mampir membeli produk masakan yang ditawarkan.

2. Perkenalkan perjuangan olahan masakan kepada masyarakat

Mulailah pemasaran dengan mengenalkan masakan khas tempat yang dibentuk kepada masyarakat sekitar. Hal ini sanggup dilakukan dengan menciptakan aktivitas dan mengundang masyarakat luas untuk berkunjung ke lokasi usaha. Selain itu pemasaran juga sanggup dilakukan dengan mengambil karyawan yang bertempat tinggal di sekitar lokasi. Secara tidak eksklusif karyawan tersebut akan mempromosikan tempat kerja mereka kepada kerabat serta rekan mereka. Pada kesempatan tersebut sanggup juga dilakukan survey untuk mengetahui kelamahan dan kelebihan produk dari pendapat konsumen secara eksklusif melalui angket. Dengan demikian kita sanggup selalu mengadakan perbaikan produk sesuai dengan keinginan konsumen.

3. Berikan kepingan harga untuk aktivitas tertentu 

ulang tahun perjuangan tersebut dan lain-lain. Selain itu sanggup juga menawarkan paket harga khusus pada ketika hari – hari tertentu, contohnya menawarkan harga paket keluarga di hari raya menyerupai lebaran atau tahun baru. Potonganharga atau harga paket khusus akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen untuk berkunjung ke tempat usaha. Gunakanlah brosur, pamflet, atau pun spanduk untuk mempromosikan hal tersebut.

4. Membangun jaringan dengan perjuangan lain yang sanggup mendukung 

Jaringan merupakan pemasaran yang sangat efektif. Mulailah denganmembuat jaringan perjuangan dengan rekan maupun kerabat akrab yang memang sanggup membantu untuk berbagi bisnis. Cara membangun jaringan sanggup dilakukan dengan menawarkan tesproduk pada rekan atau kerabat, contohnya dengan mengajak rekan dan kerabat untuk berkunjung merasakan masakan yang dibuat. 

Jika rekan dan kerabat tertarik dengan produk tersebut, mereka akan bahagia kalau diajak untuk bekerja sama dengan perjuangan yang sudah dibuat. Begitu banyak peluang yang akan muncul, bila mempunyai jaringan perjuangan yang cukup luas.

5. Menciptakan penemuan pada sajian – sajian yang ditawarkan

Untuk menghindari kejenuhan konsumen, ciptakan penemuan pada menu–menu yang ditawarkan minimal 6 bulan sekali. Banyaknya variasi sajian yang ditawarkan, akan menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya perjuangan bakso, malang sanggup diberikan penemuan dengan menambah sajian bakso isi keju, bakso isi telur, bakso isi buah, hingga bakso ikan dan bakso udang. Menu yang bervariasi akan menarik minat masyarakat untuk mengunjungi warung perjuangan bakso yang sudah dirintis.

6. Meningkatkan kualitas pelayanan

Dalam menawarkan pelayanan bagi para konsumen, perhatikan waktu penyajian makanan, kualitas cita rasa masakan serta kebersihan dan keamanan tempat usaha. Konsumen akan merasa tidak nyaman kalau menunggu penyajian masakan yang terlalu lama, untuk itu usahakan untuk sempurna waktu dalam menawarkan pelayanan. 

Selain itu jaga kualitas cita rasa masakan yang diproduksi, sehingga konsumen tidak kecewa kalau masakan yang mereka pesan ternyata tidak enak. Jagalah kebersihan serta keamanan lokasi perjuangan masakan khas tempat yang dibuka, sehingga konsumen yang makan merasa nyaman dan bahagia untuk berkunjung kembali ke lokasi usaha. 

Pada dasarnya, pemasaran perjuangan sangatlah penting, untuk itu lakukan promosi perjuangan secara total baik dari mulai dibuka hingga perjuangan masakan khas tempat sudah sanggup berjalan, lakukan terus promosi dan pemasaran secara terus menerus. Jika perlu sisihkan 5 – 10 % omset untuk biaya promosi dan pemasaran usaha.

Demikian artikel Perencanaan Pemasaran Usaha Makanan Khas Daerah semoga sanggup bermanfaat.

Referensi: Buku pdk kelas 11 kurikulum 2013

Sumber http://awalilmu.blogspot.com

0 Response to "✔ Perencanaan Pemasaran Perjuangan Makanan Khas Daerah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel