iklan banner

✔ Pcare (Primary Care) Bpjs Kesehatan Untuk Faskes Tingkat Pertama (Klinik Pratama, Primer, Puskesmas), Cara Memakai Dan Keuntungannya

Primary care atau yang lebih dikenal dengan nama pcare ialah aplikasi yang khusus disediakan untuk faslilitas kesehatan tingkat pertama. dimana dengan aplikasi ini petugas sanggup dengan gampang mengakses data ke server bpjs menyerupai memasukkan data pasien berobat ke faskes tingkat pertama, rujuk, konseling, cek laboratorium dan kegiatan - kegiatan yang dilaksanakan difaskes

aplikasi pcare telah di perkenalkan pada tahun 2014 yang kemudian dan terus menerus perbaiki oleh pihak BPJS Kesehatan biar sanggup bekerja dengan maksimal. aplikasi pcare ini sanggup eksklusif diakses dengan masuk melalu browser ke alamat https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id. atau mend0wnl0ad aplikasi p-care untuk PC ataupun android, Untuk android sendiri aplikasi yang terbaru ketika ini ialah apk pcare 2.1.1, yang sanggup did0wnl0ad melalui Google play store

Namun perlu diketahui, tidak semua orang sanggup masuk ke aplikasi ini. hanya petugas yang bekerja di faskes tingkat pertama yang sebelum telah melewati proses kerjasama melalui hfis bpjs, baik klinik pratama, primer maupun puskesmas yang telah terdaftar dan resmi kolaborasi dengan BPJS kesehatan sehingga menerima kan jalan masuk user dan pasword login untuk masuk ke aplikasi ini dan memakai nya.

Cara Menggunakan Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan

Adapun tutorial cara memakai aplikasi p-care BPJS kesehatan sebagai berikut
  • login ke https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id
  • setelah itu akan muncul gambar menyerupai berikut :

masukkan username dan fasword faskes tempat anda bekerja
  • setelah itu anda akan masuk ke halaman utama pcare BPJS kesehatan menyerupai berikut.
menu registrasi p-care bpjs kesehatan

pada layar akan tampak sajian pilihan pada sebelah kiri atas lihat gambar diatas.
  1. Home, ialah halaman beranda p-care
  2. Entry data, pada sajian ini ada dua pilihan yaitu registrasi dan pelayanan, kalau ada pasien berobat pertama lakukan pendaftaran terlebih dahulu isikan no BPJS penerima kemudian klik "cari" apabila pasien tersebut pasien faskes tempat anda bekerja maka identitas pasien akan muncul secara otomatis kemudian lengkapilah bidang yang kosong mulai dari jenis kunjungan, keluhan investigasi fisik sampai tekanan darah. lihat gambar diatas. kemudian klik simpan. stelah melaksanakan registrasi dan disimpan klik kembali entry data kemudian pilih pelayanan maka akan muncul gambar berikut :
    menu pelayanan p-care BPJS kesehatan
    kemudian isilah kolom yang kosong menyerupai kolom terapy dan diagnosa stelah itu klik simpan. proses entry data untuk pasien BPJS kesehatan di faskes tingkat 1 pun selesai
  3. Lihat Data, pada sajian ini anda sanggup melihat data pasien berobat ke faskes 1 tempat anda bekerja, mulai dari jumlah kunjungan, kegiatan, jenis kunjungan sampai sepuluh penyakit terbanyak.
  4. Tools, sajian ini sanggup anda gunakan untuk merubah pasword p-care dan melihat data pekerja faskes 1 / tingkat pertama tempat anda bekerja 
  5. Log out, sajian ini dipakai untuk keluar dari aplikasi p-care sesudah anda selesai menggunakannya.
Update terbaru aplikasi pcare untuk mendukung kegiatan bpjs kesehatan dalam kenyamanan berobat, ialah dengan menghadirkan sistem rujuk online yang dengan sistem ini proses merujuk pasien eksklusif dilakukan memakai app pcare bpjs kesehatan. Dengan memakai sistem ini petugas faskes tingkat pertama sanggup eksklusif melihat faskes tingkat lanjutan mana yang mempunyai poli atau dokter seorang hebat yang dituju sesuai dengan identifikasi penyakit penderita.

Cara menciptakan rujuk online memakai pcare bpjs kesehatan

  • setelah dilakukan registrasi dan entri data pasien menyerupai yang telah kami jelaskan diatas, pilih sajian pelayanan kemudian pada sajian ini silahkan cari status pulang kemudian pilih rujuk lanjut. nanti anda akan eksklusif dibawa kehalaman rujuk lanjut.
  • Setelah berada dihalaman rujuk lanjut silahkan pilih dokter seorang hebat sesuai dengan penyakit pasien, sesudah itu klik cari faskes rujukan, maka akan otomatis muncul poli atau rumah sakit yang mempunyai dokter seorang hebat atau poli sesuai kebutuhan. silahkan klik pilih. untuk lebih terperinci silahkan lihat gambar dibawah.
  • Setelah itu silahkan klik simpan, nanti akan muncul penyataan bahwa memang benar pasien itu akan dirujuk ke... silahkan ok kan saja.
  • tahap terakhir silahkan pilih rujuk lanjut + rujuk balik kemudian klik setuju, maka akan otomatis muncul surat referensi online ke faskes tingkat lanjutan yang dituju, silahkan cetak dan proses pembuatan surat rujuk online memakai aplikasi pcare bpjs kesehatan selesai.

Keuntungan Menggunakan Primary Care BPJS Kesehatan

  1. Proses registrasi pasien menjadi tepat, cepat dan akurat karena melalui aplikasi Pcare BPJS ini, petugas hanya memasukkan nomor kartu bpjs kesehatan pasien, sehingga seluruh data menyerupai nama, tanggal lahir dan alamat akan muncul dilayar monitor atau android 
  2. Proses memasukkan icd / diagnosa penyakit lebih gampang karena pasien yang pernah berobat, kita sanggup dengan gampang melihat riwayat pasien dengan membuka history pada aplikasi ini.
  3. Jaringan sistem aplikasi yang Luas, aplikasi ini sanggup dibuka diberbagai tempat yang tentu saja mempunyai jaringan internet, yang mana data yang ditampilkan akan selalu sama walaupun dibuka di browser yang berbeda.
  4. Sistem registrasi referensi yang cepat, Dengan aplikasi ini kita selaku petugas sanggup dengan gampang memilih ke faskes referensi mana yang sesuai untuk pasien yang memerlukan perawatan lebih lanjut.
  5. Sistem pengaplikasian mudah, alasannya aplikasi ini memakai metode yang sangat gampang dipahami sehingga tidak menyulitkan para penggunanya terutama petugas kesehatan.
dan untuk kesalahan menyerupai lupa pasword, error, tidak sanggup dibuka dan duduk perkara lainnya mengenai aplikasi pcare bpjs kesehatan, anda sanggup eksklusif menghubungi BPJS kesehatan didaerah anda.

terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Sumber http://bangsalsehat.blogspot.com

0 Response to "✔ Pcare (Primary Care) Bpjs Kesehatan Untuk Faskes Tingkat Pertama (Klinik Pratama, Primer, Puskesmas), Cara Memakai Dan Keuntungannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel