iklan banner

Macam-Macam Pengukuhan Terhadap Negara Berdaulat

Negara yaitu sebuah wilayah yang mempunyai pemerintahan sendiri. Lalu apa syarat sebuah negara sanggup berdiri? Salah satunya yaitu adanya pengukuhan dari negara lain. Pengakuan ini sangat penting alasannya yaitu kalau tidak diakui maka bagaimana nanti kekerabatan kerjasama negara kedepannya. Ada macam-macam pengukuhan terhadap sebuah negara yang berdaulat yaitu:

1. Pengakuan de jure dianggap sebagai pengukuhan tertinggi alasannya yaitu pengukuhan de jure yaitu pengukuhan yang diberikan berdasarkan negara yang mengakui, terhadap suatu negara atau pemerintahan gres yang diakui secara formal sudah memenuhi syarat yang ditentukan aturan internasional untuk ikut serta secara efektif dalam masyarakat internasional.

2. Pengakuan de facto yaitu pengukuhan yang diberikan oleh suatu negara semata-mata didasarkan bahwa pemerintah tersebut secara faktual berkuasa di wilayahnya, sudah memenuhi suatu prasyarat yang ditentukan sebagai suatu negara walaupun negara yang diakui itu belum stabil dan masih diragukan keberlangsungan pemerintahannya.
Negara yaitu sebuah wilayah yang mempunyai pemerintahan sendiri Macam-Macam Pengakuan Terhadap Negara Berdaulat
Negara membutuhkan pengukuhan dari negara lain
3. Pengakuan kolektif dibagi menjadi dua bentuk pengukuhan yaitu pengukuhan dalam bentuk deklarasi bersama oleh sekelompok negara dan pengukuhan yang diberikan melalui penerimaan suatu negara gres untuk menjadi peserta atau pihak ke dalam suatu perjanjian multilateral.

4. Pengakuan terpisah yaitu pengukuhan itu diberikan kepada suatu negara gres namun tidak kepada pemerintahannya atau sebaliknya pengukuhan diberikan kepada suatu pemerintahan gres yang berkuasa namun tidak kepada negaranya.

5. Pengakuan mutlak yaitu suatu pengukuhan yang telah diberikan kepada suatu negara gres tidak sanggup ditarik kembali. Intitut aturan internasional dalam suatu resolusi yang disahkan pada tahun 1936 menyatakan pengukuhan de jure suatu negara tidak sanggup ditarik kembali.

6. Pengakuan bersyarat yaitu pengukuhan yang diberikan kepada suatu negara gres yang disertai dengan syarat-syarat tertentu untuk dilaksanakan oleh negara gres itu sebagai imbangan pengakuan. Ada dua macam pengukuhan bersyarat yaitu pengukuhan dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum pengukuhan diberikan dan pengukuhan dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi sesudah pengukuhan diberikan. Gambar: disini
Sumber http://geograph88.blogspot.com

0 Response to "Macam-Macam Pengukuhan Terhadap Negara Berdaulat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel