iklan banner

Apa Perbedaan Antara Lan, Man, & Wan

 dan WAN bersahabat di dunia komputerisasi dan jaringan internet Apa Perbedaan antara LAN, MAN, & WAN
Istilah LAN, MAN, dan WAN bersahabat di dunia komputerisasi dan jaringan internet. Tujuan dari pembangunan jaringan komputer merupakan untuk sanggup saling berkomunikasi dan membuatkan sumber daya, baik hardware maupun software. Pada dasarnya, perbedaan dari ketiga tipe jaringan ini terletak di area cakupannya, di mana LAN meliputi wilayah tersempit dan WAN meliputi wilayah paling besar. Selanjutnya, untuk mengefektifkan penggunaan sumber daya yang dibutuhkan, peralatan-peralatan yang dipakai untuk membangun ketiga jaringan ini juga berbeda.

Local Area Network

Di bawah ini merupakan klarifikasi dari perbedaan-perbedaan antara LAN, MAN, dan WAN versi FarOF :

LAN (Local Area Network)

LAN merupakan model jaringan komputer yang meliputi area lokal/sempit ibarat ruangan, rumah, gedung, dan sekolah. Oleh alasannya yaitu itu, peralatan yang dipakai untuk membangun jaringan ini lebih sederhana dibandingkan bersama MAN dan WAN. Proses pembuatan LAN minimal sanggup dilakukan bersama menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet berupa switch berkecepatan 10, 100, atau 1000 Mbps untuk sambungan kabel dan teknologi 802.11 b berupa WiFi untuk sambungan nirkabel.

MAN (Metropolitan Area Network)

MAN merupakan jaringan komputer yang meliputi area lebih luas daripada LAN, namun lebih sempit dibandingkan bersama WAN. Dengan kata lain, MAN merupakan jaringan komputer yang menghubungkan beberapa LAN menjadi satu. Contoh dari MAN merupakan jaringan komputer di dalam kota dan kabupaten yang berjarak antara 10-50 km. Apabila area cakupannya lebih dari 50 km, maka jaringan tersebut sanggup dikatakan sebagai WAN. Pada dasarnya, proses pembuatan MAN masih sama ibarat LAN. Namun biar kecepatan transfer datanya lebih tinggi dan tingkat keamanannya lebih terjamin, peralatan-peralatan yang dipakai untuk membangun MAN ini pun menggunakan switch atau WiFi yang lebih canggih.

WAN (Wide Area Network)

WAN merupakan jaringan komputer yang memiliki area cakupan paling luas. Tipe jaringan inilah yang diaplikasi pada internet yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia. Untuk membangun WAN, peralatan yang diharapkan masih sama ibarat yang dipakai dalam LAN dan MAN bersama pemanis router. Fungsi router merupakan untuk mengatur arus kemudian lintas data biar bergerak secara cepat dan tidak saling bertabrakan, serta menjamin keamanan data tersebut hingga di komputer tujuan. Sebenarnya selain router, masih terdapat peralatan-peralatan lain yang mendukung proses pembuatan WAN, antara lain repeater, gateway, dan bridge.


Sumber http://perbedaan-apa.blogspot.com

0 Response to "Apa Perbedaan Antara Lan, Man, & Wan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel