iklan banner

Studi Kasus Perusahaan Jasa Travel Bag 4

D. Transaksi yang terjadi di selama bulan januari 2012

14. Tanggal 2 januari 2012 Perusahaan menyewa gedung sebesar Rp 24.000.000 untuk jangka waktu 1 januari 2012 hingga 1 januari 2013 kepada Tn Rudi

Pembahasan : kas & Bank > Kas Keluar



15. Tanggal 3 januari 2012 Bagian marketing mengajukan penggantian uang  transport (bensin) sebesar Rp 75.000 Menggunakan kas kecil

Pembahasan : kas & Bank > Kas Keluar

16. Tanggal 4 januari 2012 Bagian marketing berhasil menjual Paket Tour International ke Korea Selatan untuk 5 orang. Perjalanan akan dilakukan 4 Februari 2012 dengan pembayaran uang muka 50% sisanya kemudian No Faktur : FP01001

Pembahasan : Penjualan > input penjualan


Dibayar/uang muka : untuk mengisi pembayaran uang muka, pembayaran tsb akan disimpan di akun bank berdikari (klik tanda merah)




Invoice  : sebagai pencatatan/pengakuan pendapatan/penjualan (proses posting ke buku
besar)

Jurnal pencatatan piutang dan pembayaran uang muka yang akan terjadi: Laporan > Buku Besar > daftar Jurnal semua transaksi



17. Tanggal 9 januari 2012 Pembayaran  telp, listrik, air dilakukan melalui transfer bank berdikari sebesar Rp1.800.000 

Pembahasan : Kas & Bank > Kas Keluar


18. Tanggal 10 januari 2012 Perusahaan membayar lunas hutang kepada PT Agentiket melalui Bank Mandiri

Pembahasan : Pembelian > pembayaran hutang

19. Tanggal 12 januari 2012 Perusahaan membeli peralatan AC Hitanchi sebanyak 2 unit Rp 10.000.000 secara kredit. Persyaratan pembayaran dilakukan paling lambat 30 hari sehabis tanggal faktur, menerima kepingan 2% dalam jangka waktu 10hari.  Barang akan dikirim tanggal 13 januari 2012. Biaya pengiriman sebesar Rp50.000

Pembahasan : Pembelian > input pembelian

Tambahkan pemasok gres dengan nama PT Elektronik


1> Karena pembelian ini bukan untuk dijual maka masuk kedalam jasa. Invoice dipakai untuk pencatatan(posting) pembelian di buku besar
2> Pembayaran ongkos kirim dimasukkan kedalam biaya lain-lain(pastikan bila biaya lain-lain masuk keakun biaya atas pengiriman

3> Tanggal pengiriman diisi sesuai dengan barang akan dikirim Term pembayaran memakai 2% 10 Net 30, sesuai dengan syarat

Untuk pembelian peralatan baru, maka langkah selanjutnya didaftarkan ke daftar harta tetap. Nilai residu ditentukan Rp1.000.000. Karena peralatan ini gres dibeli maka belum ada penyusutan. 

Langkah: Data-data > daftar harta tetap

20. Tanggal 15 januari 2012 Bagian teller mendapatkan pesanan tiket tour domestic ke Tidung Island sebanyak 2 dibayar lunas. No Faktur : No Faktur : FP01002

Pembahasan : Penjualan > Input penjualan

Karena penjualan ini secara tunai maka kotak tunai diceklist, Invoice dipakai untuk pencatatan(posting) penjualan di buku besar

21. Tanggal 17 januari 2012 Perusahaan mendapatkan Cek Giro No BG01017 sebagai pembayaran piutang tanggal 4 januari sebesar Rp 88.000.000 yang jatuh tempo tanggal 23 januari 2012

Pembahasan : Penjualan > Pembayaran piutang >ceklist kotak giro



Klik rekam maka tampil gosip transaksi giro, input data yang diminta

Setelah itu akan tampil pesan untuk menyamakan antara tanggal piutang dengan tanggal transaksi giro, pilih no sebab cek giro diberikan sehabis piutang terjadi. Kemudian tampil pesan kembali dimana transaksi giro ini akan diposting apabila sudah dicarikan(jika terjadi pembayaran)



22. Tanggal 19 januari 2012 Diketahui Tn Vidi (pelanggan umum) tidak sanggup membayar hutangnya pada White Travel sebesar Rp3.000.000, maka terjadi “write off”   (penghapusan piutang) .

Pembahasan : Penjualan > daftar piutang perjuangan > pilih pelanggan umum > klik perincian > pilih invoice FP1203 > klik write off > maka tampil verifikasi abolisi piutang, kemudian isi data sebagai berikut:



23. Tanggal 21 januari 2012 Perusahaan membayar lunas hutang AC yang dibeli tanggal 12 januari Elektronik. Karena membayar lebih awal maka menerima diskon 2%

Pembahasan : Pembelian  > Pembayaran hutang perjuangan

Karena pembayaran dilakukan sebelum jatuh tempo diskon (10 hari) maka secara otomatis akan dihitung diskon sebesar 2%

24. Tanggal 23 januari 2012 Terjadi pencairan giro atas transaksi tanggal 17 Januari 2012
Pembahasan : Kas & Bank > Giro Masuk > Pilih Giro BG01017 > Klik Giro cair Maka akan tampil transaksi yang pernah terjadi > Klik rekam 

25. Tanggal 24 januari 2012 Perusahaan membayar hutang PT Airway Rp. 5.000.000 Pembahasan : Pembelian > pembayaran hutang

26. Tanggal 28 januari 2012 Daftar honor karyawan yang harus dibayar melalui Bank Mandiri Banyak Bagian Gaji Tunjangan 4 Karyawan Kantor @2.000.000 @150.000 7 Pemandu(Guide) @4.000.000 @500.000
 
Pembahasan : Kas & Bank > Kas Keluar

Tekan F5 untuk memperlihatkan catatan 


Latihan: Masukkan juga data untuk pemandu (guide)

27. Tanggal 30 januari 2012 Penjualan tiket tour International ke Maroko oleh rombongan dari Tn Resi sebanyak 5 orang, dibayar lunas. Karena diakhir tahun diadakan promo maka diskon 5% untuk pembayaran lunas. No Faktur : FP1204

Pembahasan : Penjualan > Input Penjualan



Karena penjualan ini dilakukan secara tunai, maka kotak Invoice(untuk posting ke buku besar) dan tunai di ceklist

28. Tanggal 31 januari 2012 Perusahaan melaksanakan rekonsiliasi dengan mendapatkan saldo rekening dari Bank Mandiri Rp 160.216.000

Pembahasan : Kas & Bank > Rekonsiliasi Bank > isi data sebagai berikut
Kode rekening diisi akun Bank yang ingin dilakukan rekonsiliasi
Saldo rekening Koran diisi menurut saldo dari bank
 
Maka akan tampil data kemudian klik tanda X



Kemudian lihat rekonsiliasi, analisa dan petunjuk di disebelah kanan 


Terdapat perbedaan kas perusahaan dengan kas Bank sebesar  Rp 85.000, tanda minus memperlihatkan kas perusahaan harus dikurangi. Ternyata ada pencatatan bank yang belum dicatat oleh perusahaan yaitu, Administrasi bank sebesar Rp.25.000. Untuk itu perusahaan harus mengadakan pembiasaan terlebih dahulu.  Klik tombol  Penyesuaian



Setelah selesai melaksanakan penyesuaian, maka klik  Rekonsiliasi

29. Tanggal 31 Januari 2012 Perusahaan melaksanakan tutup buku final bulan Pembahasan : Tutup Buku > tutup buku final bulan >  Klik proses > pilih yes




Setelah itu transaksi akan dimulai ke bulan Februari. Jika ternyata ada kesalahan yang terjadi pada bulan januari maka data sanggup dikembalikan ke bulan januari dengan cara : File > Setup gosip perusahaan > Lanjutkan > ganti bulan menjadi Januari > lanjutkan > proses
Sumber http://ourakuntansi2.blogspot.com

0 Response to "Studi Kasus Perusahaan Jasa Travel Bag 4"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel