iklan banner

✔ Sejarah Pengelompokan Makhluk Hidup

Ahli biologi mengelompokkan makhluk hidup dengan mengamati persamaan ciri. Singa, harimau, macan tutul, dan cheetah berada dalam satu kelompok, tetapi berbeda spesies. Spesies atau jenis yakni kelompok organisme yang sanggup melaksanakan perkawinan antara individu dalam kelompoknya dan sanggup menghasilkan keturunan yang subur (fertil). Artinya seekor singa hanya sanggup melaksanakan perkawinan dengan singa, macan tutul hanya sanggup melaksanakan perkawinan dengan macan tutul.

 Spesies atau jenis yakni kelompok organisme yang sanggup melaksanakan perkawinan antara indiv ✔ Sejarah Pengelompokan Makhluk Hidup

Hewan yang mempunyai spesies yang berbeda sekalipun mempunyai banyak persamaan pada bagian-bagian tubuhnya. (Sumber: Microsoft Encarta)

Sekitar 2000 tahun yang lalu, ada seorang filosof Yunani yang berjulukan Aristoteles. Ia mengelompokkan makhluk hidup ke dalam dua kerajaan besar, yaitu flora dan hewan. Pada umumnya, flora mempunyai zat hijau daun (klorofil) dan tidak berpindah tempat, sedangkan binatang tidak mempunyai zat hijau daun dan sanggup berpindah tempat.

Selanjutnya, Aristoteles membagi kerajaan binatang menjadi tiga kelompok menurut daerah hidupnya, darat, air, dan udara. Kerajaan flora dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu herba, semak, dan pohon. Herba, yaitu flora yang kecil dan berbatang kecil. Semak, yaitu flora yang tingginya sedang. Pohon, yaitu flora yang tinggi dan mempunyai batang pokok yang bercabang. Perhatikan sistem pembagian terstruktur mengenai Aristoteles menurut gambar berikut ini.

 Spesies atau jenis yakni kelompok organisme yang sanggup melaksanakan perkawinan antara indiv ✔ Sejarah Pengelompokan Makhluk Hidup

Bagan Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Aristoteles.

Selanjutnya dikenal sistem pembagian terstruktur mengenai buatan yang ditemukan oleh Carolus Linnaeus. Klasifikasi tersebut menurut persamaan ciri-ciri yang terdiri dari struktur atau bentuk tubuh, ukuran, warna, cara memperoleh makanan, dan cara berkembang biak. Sistem pembagian terstruktur mengenai dari Carolus Linnaeus dibagi dalam dua kerajaan, yaitu kerajaan binatang dan kerajaan tumbuhan.

Selanjutnya, sistem pembagian terstruktur mengenai itu terdiri dari kelompok-kelompok hingga satu jenis makhluk hidup yang disebut spesies. Perhatikan tata urutan (Takson) kelompok dari yang terbesar hingga spesies pada kerajaan hewan!

Kerajaan – Filum – Kelas – Bangsa – Suku – Marga – Jenis
atau:
Kingdom – Phylum – Class – Ordo – Family – Genus – Species

Perhatikan tata urutan (Takson) kelompok dari yang terbesar hingga spesies pada kerajaan tumbuhan!

Kerajaan – Divisio – Kelas – Bangsa – Suku – Marga – Jenis
atau:
Kingdom – Divisio – Class – Ordo – Family – Genus – species

Sistem ini memakai nama spesies dengan dua kata yang disebut dengan binomial nomenklatur. Nama spesies dengan dua kata yang berbahasa Latin ini merupakan nama ilmiah. Kata pertama ditulis dengan aksara awal kapital yang menunjukkan genus atau marga dan kata kedua ditulis dengan aksara kecil semua yang menunjukkan jenis atau keterangan. Ilmu yang mempelajari pengelompokan makhluk hidup dengan binomial disebut taksonomi.

Perhatikan pola pembagian terstruktur mengenai makhluk hidup pada binatang berikut ini!

 Spesies atau jenis yakni kelompok organisme yang sanggup melaksanakan perkawinan antara indiv ✔ Sejarah Pengelompokan Makhluk Hidup

Klasifikasi Hewan

Para andal biologi cenderung memakai bahasa ilmiah yang berasal dari bahasa Latin. Alasan memakai bahasa ilmiah dari bahasa Latin adalah sebagai berikut:
  1. Tidak ada kekeliruan dalam mengidentifikasi suatu makhluk hidup sebab tidak ada makhluk hidup yang mempunyai nama ilmiah yang sama.
  2. Nama ilmiah jarang berubah.
  3. Nama ilmiah ditulis dalam bahasa yang sama di seluruh dunia.


Demikianlah bahan tentang Sejarah Pengelompokan Makhluk Hidup ini aku sampaikan, supaya bermanfaat ...

Sumber http://biologi-indonesia.blogspot.com

0 Response to "✔ Sejarah Pengelompokan Makhluk Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel