iklan banner

✔ Makna Jilbab Dan Busana Muslimah

Secara etimologi, jilbab ialah sebuah pakaian yang longgar untuk menutup seluruh badan perempuan kecuali muka dan kedua telapak tangan. Dalam bahasa Arab, jilbab dikenal dengan istilah khimar, dan dalam bahasa Inggris jilbab dikenal dengan istilah veil. Selain kata jilbab untuk menutup kepingan dada sampai kepala perempuan untuk menutup aurat perempuan, dikenal pula istilah kerudung, ĥijab, dan sebagainya. 

 jilbab ialah sebuah pakaian yang longgar untuk menutup seluruh badan perempuan kecuali m ✔ Makna Jilbab dan Busana Muslimah

Pakaian ialah barang yang digunakan (baju, celana, dan sebagainya). Dalam bahasa Indonesia, pakaian juga disebut busana. Jadi, busana muslimah artinya pakaian yang digunakan oleh perempuan. Pakaian perempuan yang beragama Islam disebut busana muslimah. Berdasarkan makna tersebut, busana muslimah sanggup diartikan sebagai pakaian perempuan Islam yang sanggup menutup aurat yang diwajibkan agama untuk menutupinya, gunanya untuk kemaslahatan dan kebaikan bagi perempuan itu sendiri serta masyarakat di mana ia berada.

Perintah menutup aurat gotong royong ialah perintah Allah Swt. yang dilakukan secara bertahap. Perintah menutup aurat bagi kaum perempuan pertama kali diperintahkan kepada istri-istri Nabi Muhammad saw. semoga tidak berbuat ibarat kebanyakan perempuan pada waktu itu (Q.S. al- Aĥzāb/33: 32-33). Setelah itu, Allah Swt. memerintahkan kepada istri-istri Nabi saw. semoga tidak berhadapan pribadi dengan pria yang bukan mahramnya (Q.S. al-Aĥzāb/33:53).

Selanjutnya, alasannya istri-istri Nabi Muhammad saw. juga perlu keluar rumah untuk mencari kebutuhan rumah tangganya, maka Allah Swt. memerintahkan mereka untuk menutup aurat apabila hendak keluar rumah (Q.S. al-Aĥzāb/33:59). Dalam ayat ini, Allah Swt. memerintahkan untuk menggunakan jilbab, bukan hanya kepada istri-istri Nabi Muhammad saw. dan bawah umur perempuannya, tetapi juga kepada istri-istri orangorang yang beriman. Dengan demikian, menutup aurat atau berbusana muslimah ialah wajib hukumnya bagi seluruh perempuan yang beriman.

Sumber: Buku PAI kelas XI kurikulum 2013
Sumber http://awalilmu.blogspot.com

0 Response to "✔ Makna Jilbab Dan Busana Muslimah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel