iklan banner

Latihan Soal Hots Geografi Pecahan Karya Tulis Geografi

Oke teman-teman sekalian yang sedang harap-harap cemas untuk menghadapi Ujian di sekolah, kali ini aku coba bagikan rujukan latihan soal geografi tipe HOTS serpihan karya tulis geografi. Mengapa soal HOTS, alasannya yakni memang soal tipe ini kini lagi ngetrend dan siswa harus memahaminya. Kuncinya yakni banyak berlatih, berlatih dan berlatih. Soal tipe HOTS geografi yakni soal yang mempunyai tahapan-tahapan untuk menemukan jawabannya. Coba lihat rujukan soal HOTS geografi di bawah ini:
Latihan Soal HOTS Geografi
1. Seorang siswa melaksanakan penelitian geografi. Judul penelitiannya yakni "Pengaruh Tekanan dan Curah Hujan Terhadap Perubahan Suhu Udara". Dari judul penelitian yang dibentuk siswa tersebut, yang menjadi varibel terikat yakni ....

a. tekanan udara
b. curah hujan
c. perubahan suhu udara
d. angin
e. sinar matahari

Gimana sudah tahu jawabannya?. Jawaban yang sempurna yakni C. Kita bahas ya kuncinya.
Jadi dalam sebuah penelitian itu kan kau akan menciptakan judul penelitian. Ada istilah varibel terikat dan variabel bebas. Dalam soal diatas, fokus pada judul dan lihat komponen apa yang ada di judul. Kaprikornus terang jangan pilih angin dan matahari alasannya yakni gak ada di judul.

Variabel terikat artinya suatu komponen yang niscaya dipengaruhi oleh faktor lain. Jelas bahwa varibel terikat di judul diatas yakni Perubahan Suhu Udara. Perubahan suhu udara itu terikat oleh beberapa faktor menyerupai tekanan curah hujan. Coba aku ganti judulnya menjadi begini.
"Pengaruh kemiskinan dan angka perceraian terhadap minta menjadi TKI di Desa Cibungul"

Manakah varibel terikatnya?. Bisa kan menjawabnya?.
Sumber http://geograph88.blogspot.com

0 Response to "Latihan Soal Hots Geografi Pecahan Karya Tulis Geografi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel