iklan banner

Karakteristik Forum Sosial Masyarakat

Lembaga sosial muncul di masyarakat sebagai jawaban dari adanya kesamaan wangsit atau gagasan diantara masyarakat tersebut. Lembaga sosial mempunyai karakteristik atau ciri tertentu yang membedakannya dengan sistem norma yang bukan forum sosial. Karaktersitik atau ciri tersebut antara lain:

1. Memiliki simbol sendiri. Setiap forum sosial mempunyai simbol tersendiri guys yang dipakai untuk menandaai suatu kekhasan atau memberi ciri khusus dari setiap lembaga. Dengan demikian forum sosial tersebut sanggup memberi identitas tertentu bagi anggota masyarakat yang terlibat aktif di dalamnya. Contohnya:
- Dalam forum aturan ada simbol perempuan memagang neraca dan pedang dengan mata tertutup.
- Dalam forum keluarga terdapat simbol cincin kawin.
- Dalam forum politik terdapat simbol bendera.

Lembaga sosial muncul di masyarakat sebagai jawaban dari adanya kesamaan wangsit atau gagasan d Karakteristik Lembaga Sosial Masyarakat
Lembaga sosial dan cirinya
2. Memiliki tata tertib dan tradisi. Lembaga sosial mempunyai tata tertib dan tradisi yang tertulis maupun tidak tertulis yang dijadikan panutan bagi pengikutnya. Contohnya:
- Dalam forum keluarga terdapat aturan wacana bagaimana menghormati orang yang lebih bau tanah dan melindungi orang yang lebih muda.
- Dalam forum kepolisian ada aturan wacana bagaimana cara membuat ketertiban dan keamanan masyarakat.

3. Usianya lebih lama. Pada umumnya usia forum sosial lebih usang dibandingkan dengan usia orang. Hal ini sanggup dilihat dari banyaknya forum sosial yang diwariskan dari generasi ke generasi. Contohnya:
- Dalam forum keluarga, sistem pertunangan atau pewarisan sudah ada semenjak dulu dan masih dilakukan sampai sekarang.

4. Memiliki alat kelengkapan. Lembaga sosial mempunyai alat kelengkapan tertentu yang dipakai untuk mewujudkan tujuan forum sosial tersebut. Contohnya:
- Buku dalam forum pendidikan merupakan alat mencapai tujuan pendidikan.
- Bajak dalam forum ekonomi dipakai untuk membajak sawah biar siap ditanami.

5. Memiliki ideologi. Lembaga sosial mempunyai ideologi atau paham tersendiri. Ideologi ialah gagasan atau wangsit dasar yang harus dipatuhi oleh pendukung sebuah forum sosial. Ideologi sanggup bersumber dari mana saja selama tidak melanggar konstitusi di Indonesia.

6. Memiliki tingkat kekebalan/daya tahan. Lembaga yang sudah terbentuk tidak akan gampang lenyap begitu saja ditelan jaman. Contohnya:
- Lembaga pendidik punya kurikulum yang mengatur aktivitas berguru mengajar biar tujuan berguru sanggup terwujud.
- Adat istiadat dalam forum sosial dijadikan pedoman perlikau dalam kehidupan masyarakat.
Sumber http://geograph88.blogspot.com

0 Response to "Karakteristik Forum Sosial Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel