iklan banner

✔ Hubungan Orang Pintar Dan Kematian

Hidup di dunia ini tidaklah selamanya. Akan tiba masanya kita berpisah dengan dunia berikut isinya. Perpisahan itu terjadi ketika selesai hidup menjemput. Kematian ialah pintu dan setiap insan akan memasuki pintu itu, tanpa ada seorang pun yang sanggup menghindar darinya.
 Akan tiba masanya kita berpisah dengan dunia berikut isinya ✔ Hubungan Orang Pintar dan Kematian
Ayat di atas menjelaskan bahwa setiap yang bernyawa niscaya akan mati. Kita juga akan mati alasannya kita ini insan yang mempunyai nyawa. Kematian tiba tidak pernah pilih-pilih. Apabila selesai hidup datang, tidak ada satu kekuatan pun untuk mempercepat atau memperlambat. Adakalanya selesai hidup itu menjemput ketika masih bayi, kanak-kanak, remaja, dewasa, bahkan orang yang sudah bau tanah renta. Kadang dia menjemputnya ketika insan sedang tidur, sedang terjaga, sedang sedih, sedang bahagia, sedang sendiri, atau sedang bersama-sama. Kematian tiba tak pernah ada yang tahu. Oleh lantaran itu, mengingat mati harus sering dilakukan semoga insan menyadari bahwa dirinya tidaklah akan hidup kekal. Tentu saja di samping kita mengingat mati, kita juga harus mempersiapkan bekal untuk menghadapi hidup sehabis mati, yaitu segera bertobat dan memperbanyak amal saleh.

Salah satu cara untuk mengingat mati ialah sering-seringlah ber-ta’ziyyah (mendatangi keluarga yang terkena petaka meninggal dunia), mengurus jenazah, mulai dari memandikan, mengafani, menyalati, hingga menguburnya. Sungguh, hanya orang-orang yang cerdaslah yang banyak mengingat mati dan menyiapkan bekal untuk mati. Seorang putra dari sobat yang mulia, Abdullah bin Umar r.a. mengabarkan, “Aku sedang duduk bersama Rasulullah saw. tatkala tiba seorang lelaki dari kalangan An£ar. Ia mengucapkan salam kepada Rasulullah saw., kemudian berkata, “Ya Rasulullah, mukmin manakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “yang paling baik akhlaknya di antara mereka.” “Mukmin manakah yang paling cerdas?” tanya lelaki itu lagi. Beliau menjawab: “Orang yang paling banyak mengingat mati dan paling baik persiapannya untuk kehidupan sehabis mati. Mereka itulah orang-orang yang cerdas.” (HR. Ibnu Majah).

sumber: Buku PAI kelas XI kurikulum 2013
Sumber http://awalilmu.blogspot.com

0 Response to "✔ Hubungan Orang Pintar Dan Kematian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel