iklan banner

√ Apresiasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis Dan Tujuan Terlengkap

√ Apresiasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Tujuan Terlengkap Hallo para pencari ilmu,jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Apresiasi.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Apresiasi? Oke, mari simak klarifikasi secara lengkapnya dibawah ini ya.


 


 Kali ini akan membahas mengenai Apresiasi √ Apresiasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Tujuan Terlengkap
√ Apresiasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Tujuan Terlengkap

 


Pengertian Apresiasi


 


Apresiasi Seni merupakan salah satu proses penghayatan suatu karya seni yang sanggup dihormati serta penghargaan pada karya seni tersebut dan pembuatnya.


Secara umum apresiasi seni ini bisa diartikan sebagai suatu kesadaran menilai melalui cara menghayati suatu karya seni.


Apresiasi juga berasal dari Bahasa Latin “Appretiatius” yang artinya “penghargaan atau penilaian terhadap sesuatu”.


Kita juga sanggup mengenal suatu “Appreciate” dalam Bahasa Inggris yang berarti “melihat, memilih nilai, menikmati, dan menyadari keindahan, serta menghayati sesuatu.”


Seni yaitu sesuatu yang mempunyai nilai keindahan atau estetika dan sanggup diciptakan oleh insan yang biasanya disebut juga dengan karya seni. Seseorang yang sedang melaksanakan apresiasi ini biasanya disebut sebagai apresiator.


Secara etimologis, gagasan dalam apresiasi berasal dari bahasa lain “Apreciatio” yang mempunyai arti “menghargai”.


Sedangkan rasa apresiasi dalam arti terminologi yakni sebuah proses dari penilaian atau apresiasi positif yang diberikan seseorang terhadap sesuatu.


Kegiatan apresiasi yaitu sebagai berikut :



  1. Melakukan pengamatan dan pemahaman.

  2. Penilaian atau evaluasi.

  3. Mengkritik.


 


Apresiasi merupakan suatu proses atau bentuk dari penghargaan dan penilaian terhadap suatu hal yang berafiliasi dengan sebuah karya seni dan karya sastra.


Kegiatan Seni juga merupakan suatu acara yang secara khusus dan sangat istimewa juga merupakan sebuah acara yang memperlihatkan suatu kesan mengenai dunia dan sekitarnya melalui sentuhan artistik dan keindahan ciptaan yang ada.


 


Terbentuk dari 2 kemungkinan yaitu sebagai berikut :



  1. Proses Apresiasi Afektif yakni terjadi lantaran sebuah pengamatan seni cepat mengalami tenggang rasa dan rasa puas.

  2. Proses Apresiasi Kreatif yaitu terjadi lantaran seorang pengamat seni sadar dalam menghayati dan menilai untuk memakai aspek logika untuk bisa memilih nilai suatu karya seni.


 


 


Pengertian Apresiasi Menurut Para Ahli


 


1. Verbeek


Apresiasi yaitu adanya sebuah kesadaran dalam menilai sesuatu dengan menghayati suatu karya seni, dan dengan memberdayakan semua eksklusif yang sanggup melibatkan perasaan, pengalaman, keinginan, dan anggapan seseorang.


 


2. S.E Effendi


Apresiasi yaitu suatu acara yang menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh. Sehingga sanggup menimbulkan pengertian, penghargaan, dan kepekaan pada pikiran yang kritis dan suatu kepekaan pada perasaan yang baik pada suatu karya sastra.


 


3. Hornby


Apresiasi yakni suatu pengenalan dan pemahaman yang sangat tepat, pertimbangan, nilai, dan pernyataan yang sanggup memberi suatu penilaian tertentu.


 


4. Prayogi


Apresiasi yaitu segala acara yang sanggup memberi penghargaan yang dilakukan sebagai sebuah hasil dari penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang mengenai suatu karya sastra atau karya seni. Apresiasi juga bisa menjadi bentuk rasa kagum dari seseorang contohnya para penikmat suatu karya seni, atau suatu karya sastra.


 


5. Albert R Candler


Apresiasi merupakan suatu proses yang mengartikan dan menyadari sepenuhnya, mengenai seluk beluk dari karya seni, dan menjadi sensitif perihal suatu tanda-tanda estetis, dan artistik. Sehingga bisa menikmati dan juga menilai suatu karya sebagaimana mestinya.


 


6. Elliyati


Apresiasi yakni suatu acara yang sangat dekat dengan suatu karya sastra yang dengan sungguh-sungguh, yang berafiliasi dengan kesungguhan pada penikmat sastra untuk sanggup mengenali, menghargai dan menghayati. Supaya bisa menemukan penjiwaan dengan lebih dalam.


 


7. Aminuddin


Apresiasi yaitu sebuah legalisasi melalui perasaan atau kekepaan batin dan legalisasi yang akan unsur keindahan yang sanggup diungkapkan oleh penulis.


 


8. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


Apresiasi yaitu setiap penilaian yang sangat baik, apresiasi contohnya terhadap suatu karya sastra atau juga karya seni.


 


9. Tirta Wiraya


Apresiasi yaitu sebuah kemampuan seseorang dalam memilih dan mengetahui tinggi rendahnya dari sebuah mutu atau kualitas sebuah karya sastra.


 


10. Syoyan zhadsfia


Apresiasi merupakan sebuah respon yang diberikan seseorang secara matang dan penuh dengan suatu intisari yang dihasilkan dari sebuah pemahaman yang kritis terhadap nilai yang tinggi yang sanggup disebabkan oleh jiwa yang berkembang.


 


11. Alfred North Whitehead


Apresiasi yakni salah satu dari suatu proses pengapresiasian terhadap sebuah hal yang sanggup dilakukan oleh seseorang dalam sebuah acara guna mendapat suatu hal, dan juga berpartisipasi di dalamnya dengan penilaian secara keseluruhan.


 


12. John Dewey


Apresiasi yakni sanggup menikmati sebuah kesenangan atau juga pengalaman terhadap sesuatu.


 


13. Jarret


Apresiasi merupakan sebuah perhatian seseorang terhadap sesuatu hal yang bisa berupa ketertarikan, kesenangan, dan pemanfaatan terhadap sesuatu tersebut.


 


14. G.H Hardy


Apresiasi yaitu seseorang yang sangat appreciate terhadap sesuatu hal.


 


 


Manfaat Apresiasi


 



  1. Agar kita sanggup memahami sebuah karya seni yang sanggup dilihat dari banyak sekali sisi.

  2. Untuk sanggup meningkatkan rasa cinta pada karya seni dan sesama manusia.

  3. Dapat menjadi sebuah sarana untuk bisa melaksanakan edukasi, hiburan, empati, dan lain sebagainya.

  4. Untuk sanggup meningkatkan dan berbagi karya seni menjadi sesuatu hal yang lebih baik di masa depan.


 


 


Tahapan Apresiasi


 



  • Pengamatan : Pengamatan terhadap suatu karya seni ini juga tidak sanggup dilakukan dengan satu indera saja. Namun, dengan sanggup memberdayakan seluruh pribadi. Maksudnya, apresiasi ini juga sanggup dilakukan dengan ketajaman pengamatan seseorang serta pengetahuan ilmu seni.


 



  • Aktivitas Fisiologis : Aktivitas fisiologis yaitu sebuah tindakan konkret dalam melaksanakan suatu pengamatan.


 



  • Aktivitas Psikologis : Aktivitas psikologis merupakan sebuah persepsi dengan suatu penilaian yang kemudian sanggup menimbulan suatu interpretas imajinatif sebagai suatu pendorong kreativitas.


 



  • Aktivitas Penghayatan : Aktivitas penghayatan juga sanggup dilakukan dengan mengamati suatu objek karya seni secara mendalam.


 



  • Aktivitas Penghargaan : Aktivitas penghargaan merupakan sesuatu hal dari penilaian terhadap suatu objek dengan sanggup memberikan saran atau kritikan.


 


 


Fungsi Apresiasi


 



  1. Sebagai sarana untuk sanggup meningkatkan cinta karya anak bangsa Indonesia, sekaligus merawat orang lain.

  2. Sarana untuk sebuah penilaian, kenikmatan, empati, hiburan dan pendidikan.

  3. Sebagai sarana untuk sanggup berbagi kemampuan insan dalam beberapa cara.

  4. Proses menghargai.


 


 


Tujuan Apresiasi


 



  • Mengevaluasi dan berbagi suatu nilai estetika yang terdapat dalam suatu karya seni.

  • Mengembangkan sebuah inspirasi kreatif dan imajinasi.

  • Menyempurnakan suatu karya seni.


 


 


Jenis – Jenis Apresiasi


 



  1. Apresiasi Empatik – Jenis apresiasi yang menjadi sebuah acara dalam menilai atau menghargai di dalam karya seni, yang bisa diterima dengan beberapa indera.

  2. Apresiasi Estetis – Adalah suatu acara dalam menilai atau menghargai suatu karya seni, yang melibatkan sebuah pengamatan yang mendalam dan suatu penghayatan.

  3. Apresiasi Kritik – Merupakan suatu acara dalam hal menilai dan menghargai karya seni yang sanggup melibatkan sebuah tafsiran, analisis, dekripsi, klasifikasi, penilaian dan juga penghargaan.


 


 


Konteks Utama Apresiasi


 



  1. Feeling (Perasaan) : Berkaitan dengan sebuah perasaan mengenai suatu keindahan.

  2. Valuing (Penilaian) : Sangat erat kaitannya dengan sebuah penilaian suatu karya seni.

  3. Emphatizing (Empati) : Berkaitan dengan suatu penghormatan atau penghargaian terhadap dunia seni dan profesi menyerupai pada pelukis, pepatung, pemahat, pegrafis, pedesain, pekria, dan lain-lain.


 


 


Tipe Apresiasi


 



  1. Apresiasi Pasif : pelaku dari apresiasi ini yaitu orang yang masih awam terhadap sebuah seni, namun mempunyai minat yang sangat baik terhadap suatu karya seni.

  2. Apresiasi Aktif : apresiasi yang sanggup dilakukan muncul sesudah seseorang itu untuk sanggup menilai suatu karya seni.


 


 


Pendekatan Dalam Melakukan Apresiasi


 


1. Pendekatan Deskriptif


Pendekatan deskriptif merupakan salah satu jenis dari pendekatan yang sanggup dilakukan dengan cara melaksanakan sebuah pengamatan kemudian memperlihatkan suatu komentar apa adanya atas karya seni tersebut.


Misalnya saja mengomentari objek gambar, warna yang sanggup digunakan, komposisi warna, tema, judul gambar, media yang digunakan, ukuran, dan lain-lain.


 


2. Pendekatan Analitik


Pendekatan analitik merupakan sebuah jenis pendekatan yang sanggup dilakukan dengan cara mengamati karya seni berdasarkan suatu hukum estetika yang baku.


Seperti saja mengamati suatu aspek tematik, teknik pengerjaan yang digunakan, serta mencari tahu apa makna yang terkandung dalam karya seni tersebut.


 


3. Pendekatan Interpretatif


Pendekatan ini sanggup dilakukan dengan cara menginterprestasikan sebuah karya seni dari segi sudut pandang pengamat. Seperti adanya kesamaan pengalaman, unsur estetis, serta sebagai ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh si pengamat.


 


4. Pendekatan Penilaian


Pendekatan penilaian sanggup dilakukan dengan cara melaksanakan suatu proses pengukuran secara objektif ataupun subjektif.


 


5. Pendekatan Interdisiplin


Pendekatan interdisiplin sedikit berbeda dengan suatu pendekatan apresiasi yang lain. Karena berdasarkan pendekatan ini, suatu karya seni juga harus dipandang dari banyak sekali segi ilmu pengetahuan.


Misalnya saja dari segi ekonomi, filsafat, linguistik, ilmu antropologi psikologi, dan lain-lain.


 


 


Proses Mengapresiasi


 


Proses mengapresiasi itu merupakan hal untuk sanggup melihat karya kemudian merasakan, berempati, kemudian muncul, pendapat eksklusif untuk juga sanggup menyebutkan kelebihan, kekurangan, sesudah itu kemudian menilai.


Secara sederhana sanggup disimpulkan bahwa tata cara dalam melaksanakan apresiasi yaitu sebagai berikut :



  1. Mengamati

  2. Menghayati

  3. Memahami

  4. Menanggapi

  5. Menilai

  6. Implementasi atau penerapan


 


Demikianlah klarifikasi mengenai √ Apresiasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis dan Tujuan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup juga menambah wawasan serta ilmu pengetahuan yang luas bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ Seni : Pengertian, Macam, Cabang, Fungsi, Tujuan & Contohnya Lengkap


Baca Juga :  √ Seni Rupa : Pengertian, Fungsi, Unsur, Prinsip, Jenis & Contohnya Lengkap


Baca Juga :  √ 10+ Contoh Seni Rupa Murni : Pengertian, Fungsi, Jenis & Gambarnya Terlengkap


Baca Juga :  √ Seni Tari : Pengertian, Sejarah, Jenis, Unsur, Fungsi & Contohnya Lengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Apresiasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Jenis Dan Tujuan Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel