iklan banner

√ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi Dan Cara Kerja Terlengkap

√ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Router.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Router? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Router √ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap
√ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap

 


Pengertian Router


 


Istilah router intinya berasal dari Bahasa Inggris yaitu kata “Route” yang artinya “trayek” atau pun “mengarahkan perjalanan melalui” yang ditambahi dengan imbuhan “er” yang maknanya pelaku.


Router merupakan sebuah perangkat keras yang dipakai untuk menyebarkan atau pun membagikan signal. Sebuah perangkat router yang bertugas untuk bisa menangkap, menguatkan, dan membagikan signal.


Setiap router memiliki akomodasi DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol) yang sanggup disetting sedemikian rupa sehinga sanggup membagi IP address.


Selain itu, pada router ini juga terdapat NAT (Network Address Translator) yaitu sebuah akomodasi yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet yang sanggup di-sharing ke alamat IP lain.


 


 


Fungsi Router


 



  • Router berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan sehingga user sanggup mengirimkan paket data dari suatu jaringan ke jaringan lainnya. Proses koneksi tersebut yaitu dengan mendistribusikan IP address kepada setiap komputer dalam jaringan, baik secara statis ataupun dengan DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol).

  • Fungsi router berikutnya yakni untuk sanggup mentransmisikan banyak sekali gosip atau data dari suatu jaringan menuju jaringan yang lain dimana pada sistem kerjanya menyerupai mirip Bridge (jembatan jaringan).

  • Fungsi router yang lainnya yakni untuk menghubungkan suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital subscriber line) atau yang lebih dikenal dengan DSL router.

  • Teknologi router pada ketika ini sudah lebih canggih, dimana penggunaannya tidak hanya dengan memakai sambungan kabel LAN saja, tapi juga dengan teknologi wireless. Dengan begitu, maka sebuah router ini sanggup terhubung pada semua perangkat komputer, laptop, dan juga gadget lainnya yang masih berada dalam jangkauan router tersebut.


 


 


Cara Kerja Router


 


Cara kerja router disebut dengan routing yang memiliki kemampuan mengirimkan data atau pun gosip sesuai dengan rute perjalanan menuju host, entah itu dari sesama network atau pun berbeda network/jaringan.


Apabila data atau suatu gosip ditujukan kepada host network lain, jadi router akan menjalankan ke network tersebut.


Tetapi apabila data atau gosip ditujukan untuk host dalam satu network, router akan menghalang data atau gosip tersebut keluar dari network.


 


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Router √ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap
√ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap

 


Penjelasan :



  • Terdapat 2 network yang tersambung dengan 1 router.

  • Network bab kiri tersambung ke port 1 router = 192.168.1.0, dan network bab kanan tersambung ke port 2 router = 192.155.2.0

  • Apabila pada komputer yang dimiliki si B mengirim data ke komputer C, jadi router tidak akan bisa mengirim data itu ke network yang lain. Begitu juga sebaliknya, apabila komputer E mengirim data ke komputer F dan membuatkan tumpuan dalam satu network.

  • Tetapi, semisal komputer E mengirim data ke komputer B, router segera mengirim data ke komputer B lewat network lain, network 2 ke network 1.


 


 


Jenis – Jenis Router


 


1. Jenis Router Berdasarkan Pengaplikasiannya


 



  • Router Aplikasi

    Yaitu suatu aplikasi yang sanggup diinstal oleh sebuah user pada sistem operasi komputer sehingga sistem operasi komputer tersebut sanggup bekerja dengan layaknya router.


Beberapa aplikasinya diantaranya;



  1. Wingate

  2. WinProxy

  3. Winroute

  4. Spygate


 



  • Router Hardware

    Yakni hardware yang memiliki kemampuan menyerupai router. Dengan kemampuan tersebut, hardware ini juga sanggup dipakai untuk bisa membagi alamat IP (IP address). Membagi jaringan internet di suatu wilayah, contohnya router sebagai acces point dan wilayah yang menerima IP address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.


 



  • Router PC

    Ialah suatu komputer dengan spesifikasi tinggi yang dimodifikasi sehingga sanggup berfungsi sebagai router.


 


Beberapa spesifikasi minimum yang harus ada pada komputer tersebut yaitu;



  • Prosessor Pentium II dengan hard drive 10 GB dan RAM 64.

  • Terdapat LAN Card.

  • Sistem operasi khusus router PC, Mikrotik.


 


2. Jenis Router Berdasarkan Mekanismenya


 



  • Router Statis

    Yaitu router yang bisa untuk melaksanakan proses routing (penghalaan) dari suatu jaringan dimana prosesnya dilakukan secara manual oleh seorang administrator.


 



  • Router Dinamis

    Adalah router yang sanggup melaksanakan proses routing (penghalaan) sanggup berjalan secara otomatis dan dinamis sehabis melalui pengaturan oleh seorang direktur jaringan.


 



  • Router Wireless

    Yaitu salah satu router yang sanggup bekerja tanpa memakai kabel alasannya yakni hanya sanggup mengandalkan media udara untuk mengirimkan paket data.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerja Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ Data : Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat & Contohnya Lengkap


Baca Juga :  √ Topologi Jaringan : Pengertian, Jenis, dan Gambarnya Terlengkap


Baca Juga :  √ Internet : Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Dampak Terlengkap


Baca Juga :  √ Flowchart : Pengertian, Fungsi, Simbol, Jenis - Jenis, dan Simbolnya Terlengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Router : Pengertian, Jenis, Fungsi Dan Cara Kerja Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel