iklan banner

Reproduksi Virus Melalui Daur Litik

Virus hanya sanggup bereproduksi dalam sel hidup atau jaringan hidup lain. Cara reproduksi virus diantaranya dengan daur litik. Berikut ini yaitu proses reproduksi virus melalui daur litik:
  1. Virus melekat pada bakteri.
  2. Dinding sel basil dilarutkan oleh enzim dari virus. Melalui lubang yang sudah dilarutkan oleh enzim virus tersebut, DNA virus dimasukkan ke dalam bakteri. Tahap ini disebut penetrasi.
  3. DNA virus mengambil alih kiprah DNA basil dan memakai metabolik basil untuk menghasilkan komponen-komponen virus, menyerupai kapsid, ekor, serabut ekor, dan kepala. Setiap komponen fage kemudian bersatu dalam proses pematangan. Virus gres yang terbentuk sanggup mencapai jumlah 200–1.000 virus.
  4. Virus yang gres terbentuk mengeluarkan enzim lisozimnya untuk menghancurkan dinding sel bakteri. Setelah dinding basil hancur atau lisis, virus-virus gres sanggup keluar dan menyerang sel-sel basil lainnya. Akhirnya, basil mengalami kematian. Virus yang telah menginfeksi sel lain pun mengulangi siklus litiknya kembali. Siklus litik yang menghasilkan virus-virus gres ini hanya membutuhkan waktu lebih kurang 20 menit untuk setiap siklusnya.
Sumber: Ferdinad P, dkk. 2009. Mudah berguru biologi untuk SMA/MA kelas X. Pusat Perbukuan Depdiknas

Sumber http://pintarsains.blogspot.com/

0 Response to "Reproduksi Virus Melalui Daur Litik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel