iklan banner

Perbedaan Karakteristik 5 Kingdom

sumber gambar:palaeos.com
Menurut Biological Science Curriculum Study (BSCS), biologi mempunyai objek berupa kingdom (kerajaan), yaitu Animalia (hewan), Plantae (tumbuhan), dan Protista (makhluk hidup seolah-olah binatang atau seolah-olah tumbuhan). Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, objek biologi yang semula hanya dibagi menjadi 3 kingdom bermetamorfosis 5 kingdom, yaitu Animalia, Plantae, Fungi, Protista, dan Monera. Bahkan ketika ini, makhluk hidup dikelompokkan menjadi 6 kingdom, yaitu Animalia, Plantae, Fungi, Protista, Archaebacteria, dan Eubacteria.
Berikut ini yakni Perbedaan Karakteristik 5 Kingdom Animalia, Plantae, Fungi, Protista, dan Monera :
KINGDOMKARAKTERISTIKCONTOH
AnimaliaMultiseluler, eukariotik, bersifat heterotrof, Lebah, cacing, laba-laba, burung, dan
dan bergerak bebas.
Lebah, cacing, laba-laba, burung, dan orang utan.
PlantaeMultiseluler, eukariotik, bersifat autotrof,dan tidak sanggup bergerak bebas.Bunga sepatu, melati, melinjo, padi,pisang, dan mangga.
FungiUniseluler atau multiseluler, eukariotik,mencari makan dengan menyerap (absorpsi),dan benalu atau saprofitJamur merang, jamur kuping, jamur, tempe, dan ragi tapai
ProtistaUniseluler, eukariotik, dan bersifat autotro atau heterotrofAmoeba, Paramecium, dan Euglena.
MoneraUniseluler, prokariotik, dan bersifat autotrof, atau heterotrofBakteri dan ganggang biru.
 Keterangan:
  1. Uniseluler ialah makhluk hidup bersel satu dan tidak sanggup dilihat secara langsung. Kita sanggup melihatnya dengan mikroskop. Fungsi kehidupan dilakukan oleh bagian-bagian penyusun sel itu sendiri.
  2. Multiseluler ialah makhluk hidup bersel banyak, sanggup dilihat secara eksklusif tanpa dukungan mikroskop, dan tubuhnya sudah mengalami pembagian kiprah yang baik.
  3. Eukariotik ialah makhluk hidup yang mempunyai membran inti sel sehingga inti sel tidak bercampur dengan sitoplasma (cairan sel).
  4. Prokariotik ialah makhluk hidup yang belum mempunyai membran inti sel sehingga bahan-bahan inti sel bercampur dengan sitoplasma.
  5. Heterotrof ialah makhluk hidup yang mengambil materi organik dari makhluk hidup lain dan tidak sanggup membentuk materi organik sendiri.
  6. Autotrof ialah makhluk hidup yang sanggup menyediakan materi organik sendiri melalui proses fotosintesis. Makhluk hidup ini dicirikan dengan adanya klorofil atau kemampuan menguraikan bahan-bahan kimia sebagai energi dalam pembentukan materi organik

Referensi: 
Sulistyorini, 2009. Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X.Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Sumber http://pintarsains.blogspot.com/

0 Response to "Perbedaan Karakteristik 5 Kingdom"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel